Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Sikap Petugas Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Wilayah Kecamatan Samarinda Ulu
Abstract
Tujuan Studi: Mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dan sikap petugas terhadap kepatuhan minum obat pasien tuberkulosis di Puskesmas wilayah Kecamatan Samarinda Ulu. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 95 pasien TB paru yang berada di Puskesmas wilayah Kecamatan Samairnda Ulu. Teknik stratified random sampling digunakan pada pengambilan sampel dan untuk menguraikan hubungan antar variabel digunakan uji statistik chi-square. Hasil: Hasil penelitian mengunjukkan ada hubungan (p<α=0,05) mutu pelayanan kesehatan berlandaskan dimensi reliability (p-0,058), responseveness (p-0,017), assurance (p-0,012), dan tidak terdapat hubungan (p>α=0,05) dimensi empathy (p-1,000), tangible (p-1,000) serta mutu pelayanan kesehatan secara kesatuan (p-0,731) dan ada hubungan (p<α=0,05) sikap petugas (p-0,047) dengan kepatuhan minum obat pasien tuberkulosis di Puskesmas wilayah Kecamatan Samarinda Ulu. Manfaat: Hasil studi ini diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan dalam perbaikan mutu pelayanan kesehatan dan kinerja sikap petugas pada pelayanan TB paru di Puskesmas wilayah Kecamatan Samarinda Ulu.