dc.identifier.citation | Annisa, M. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan umum pada remaja awal. Jurnal Psikologi, 10(2), 106-111. Arnett, J., & Tanner, J. (2006). Emerging Adults in America: Coming of Age in The 21st Century. Washington D.C.: American Psychological Association. Azwar. (2018). Metode Penelitian Psikologi, Edisi III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2012). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cahyani, B. H., & Putrianti, F. G. (2022). Perbedaan kecemasan mahasiswa tahun akhir dalam menghadapi dunia kerja pada masa pandemi berdasarkan jenis kelamin. Borobudur Psychological Review, 2(1), 1-8. doi:10.31603/bpsr.6572 Campbell, A., Converse, P., & Rodgers, W. (1976). Quality of life : a concept analysis. Journal of Advanced Nursing, 18(1), 32-38. Cheah, W. L., Law, L. S., Teh, K. H., Kam, S. L., Voon, G. E., Lim, H. Y., & Kumar, N. S. (2021). Quality of life among undergraduate university students during COVID-19 movement control order in Sarawak. WILEY: Health Science Report, 4:e362, 1-7. doi:10.1002/hsr2.362 Christianto, L., Kristiani, R., Franztius, D., Santoso, S., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82. Endarwati, M., Rahmawaty, P., & Wibowo, A. (2016). The quality of student life (kualitas hidup mahasiswa) Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional: Penguatan Hubungan antara Pengembangan Keterampilan, Pendidikan, dan Ketenagakerjaan Generasi Muda (pp. 38-50). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY. Erikson, E. (1982). The Life Cycle Completed. New York: Norton. Exacta, A. P., & Hidajat, D. (2017). Tingkat kecemasan mahasiswa menjelang ujian akhir semester. Jurnal Edudikara, 2(3), 243-250. Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi covid-19. Biofikes, 1(2), 113-123. Handayani. (2020). Aspek Sosial Kedokteran. Surabaya: Airlangga University Press. Hurlock, E. (1996). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Klein, S., Fegert, J. M., Geprags, A., Brahler, E., & Clemens, V. (2022). The impact of the COVID-19 pandemic on health, quality of life and intrafamilial relations – a population-based survey in Germany. Front. Psychol., 13, 1-9. doi:10.3389/fpsyg.2022.844057 Kumar, G., Majumdar, A., & Pavithra, G. (2014). Quality of life (QOL) and its associated factors using WHOQOL-BREF among elderly in Urban Puducherry, India. Original Article, 8(1), 54-57. Lemeshow. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Leong Bin Abdullah, M. F., Mansor, N. S., Mohamad, M. A., & Teoh, S. H. (2021). Quality of life and associated factors among university students during the COVID-19 pandemic: a cross sectional study. BMJ Open, 11, 1-21. doi:10.1136/bmjopen-2020-048446 Lovibond, P., & Lovibond, S. (1995). Manual For The Depression Anxiety Stress Scale (2nd Edition) (Vol. 33). Sydney: Psychology Foundation. Mahdi, N., & Khairunnisa. (2020). Gambaran kualitas hidup mahasiswa semester akhir di salah satu perguruan tinggi Banjarmasin. Jurnal Darul Azhar, 9(1), 56-62. Marthoenis, M., Fathiariani, L., & Sofyan, H. (2018). Prevalence of depression and anxiety among college students living in a disaster-prone region. Alexandrian Journal Of Medicine, 1-4. Mooldijk, S., Dommershuijsen, L., de Feijter, M., & Luik, A. (2022). Trajectories of depression and anxiety during the COVID-19 pandemic in a population-based sample of middle-aged and older adults. Journal of Psychiatric Research, 149, 274–280. doi:https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2022.03.002 Nabila, S., Khairani, M., Sari, K., & Faradina, S. (2021). Program KEMAS untuk menurunkan kecemasan pada dewasa awal di masa pandemi Covid-19. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 7(2), 216-230. doi:10.22146/gamajpp.69432 Nevid, J., Rathus, S., & Greene, B. (2008). Abnormal Psychology In A Changing World, 9th Edition. New York: Pearson Education. Nurchayati, S. (2016). Hubungan kecemasan dengan kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 1-6. Papalia, D., & Feldman, R. D. (2017). Menyelami Perkembangan Manusia: Edisi 12 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika. Pearlman, R., & Uhlmann, R. (1988). Quality of life in chronic diseases: perceptions of elderly patients. Journal Of Gerontology, 43(2), M25-M30. Permata, K., & Widiasavitri, P. (2019). Hubungan antara kecemasan akademik dan sleep paralysis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 1-10. Pratiwi, R., & Sari, A. P. (2021). Stress, kecemasan dan depresi selama masa pembelajaran daring pandemi Covid-19 pada mahasiswa. Jurnal Biopsikososial, 5(1), 440-453. Rapley, M. (2003). Quality Of Life Research: A Critical Introduction. London: Sage Publications. Rizky, S., & Sianturi, S. (2021). Hubungan kecemasan dengan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS. Jurnal Keperawatan Malang, 6(1), 1-9. Rogi, J. K., Siagian, I. E., & Rombot, D. V. (2020). Gambaran kualitas hidup dan prestasi akademik pada siswa SMA Negeri 9 Manado di masa pandemi covid-19. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, 8(2), 313-317. Sandhu, S. S. (2016). Anxiety among senior secondary school students in relation to gender. International Education & Research Journal, 2(8). Sandjaja, A., Sarjana, W., & Jusup, I. (2017). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat sugestibilitas pada mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 235-243. Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Masa Hidup, Edisi Ketigabelas: Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga. Setiasih, & Setianingrum, I. (2018). Statistik Psikologi: Solusi Masalah Psikologi dengan Statistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Spielberger, C., & James, R. (1972). Needed Research On Stress And Anxiety: A Special Report Of The Usoe-Sponsored Grant Study: Critical Aprassion Of Research In The Personality-Emotions-Motivation Domain. Washington D.C.: Texas Christian University. Sriwiyati, L., & Yulianti, T. (2021). Hubungan kecemasan masyarakat pada masa pandemi covid-19 dengan kualitas hidup. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1), 21-31. Stuart, G. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta: EGC. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Suryavanshi, N., Kadam, A., Dhumal, G., Nimkar, S., Mave, V., Gupta, A., . . . Gupte, N. (2020). Mental health and quality of life among healthcare professionals (HCP's) during the COVID-19 pandemic in India. WILEY, Nursing in Critical Care. doi:10.1111/nicc.12690 Sutejo. (2017). Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Wade, C., Tavris, C., & Garry, M. (2016). Psikologi, Edisi Kesebelas: Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga. Walean, C., Pali, C., & Sinolungan, J. (2021). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Biomedik, 13(2), 132-143. Webster. (1986). Webster's New International Dictionary. Springfield: Merriam-Webster, Inc. WHO. (1996). WHOQOL-BREF: Introduction, Administration, Scoring, And Generic Version Of The Assessment. Geneva: World Health Organization. | id_ID |