Show simple item record

dc.contributor.authorRIZKY SUDARSONO, GARDHIKA
dc.date.accessioned2024-02-22T03:00:28Z
dc.date.available2024-02-22T03:00:28Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.citationAnnisa, M. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan umum pada remaja awal. Jurnal Psikologi, 10(2), 106-111. Arnett, J., & Tanner, J. (2006). Emerging Adults in America: Coming of Age in The 21st Century. Washington D.C.: American Psychological Association. Azwar. (2018). Metode Penelitian Psikologi, Edisi III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2012). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cahyani, B. H., & Putrianti, F. G. (2022). Perbedaan kecemasan mahasiswa tahun akhir dalam menghadapi dunia kerja pada masa pandemi berdasarkan jenis kelamin. Borobudur Psychological Review, 2(1), 1-8. doi:10.31603/bpsr.6572 Campbell, A., Converse, P., & Rodgers, W. (1976). Quality of life : a concept analysis. Journal of Advanced Nursing, 18(1), 32-38. Cheah, W. L., Law, L. S., Teh, K. H., Kam, S. L., Voon, G. E., Lim, H. Y., & Kumar, N. S. (2021). Quality of life among undergraduate university students during COVID-19 movement control order in Sarawak. WILEY: Health Science Report, 4:e362, 1-7. doi:10.1002/hsr2.362 Christianto, L., Kristiani, R., Franztius, D., Santoso, S., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82. Endarwati, M., Rahmawaty, P., & Wibowo, A. (2016). The quality of student life (kualitas hidup mahasiswa) Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional: Penguatan Hubungan antara Pengembangan Keterampilan, Pendidikan, dan Ketenagakerjaan Generasi Muda (pp. 38-50). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY. Erikson, E. (1982). The Life Cycle Completed. New York: Norton. Exacta, A. P., & Hidajat, D. (2017). Tingkat kecemasan mahasiswa menjelang ujian akhir semester. Jurnal Edudikara, 2(3), 243-250. Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi covid-19. Biofikes, 1(2), 113-123. Handayani. (2020). Aspek Sosial Kedokteran. Surabaya: Airlangga University Press. Hurlock, E. (1996). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Klein, S., Fegert, J. M., Geprags, A., Brahler, E., & Clemens, V. (2022). The impact of the COVID-19 pandemic on health, quality of life and intrafamilial relations – a population-based survey in Germany. Front. Psychol., 13, 1-9. doi:10.3389/fpsyg.2022.844057 Kumar, G., Majumdar, A., & Pavithra, G. (2014). Quality of life (QOL) and its associated factors using WHOQOL-BREF among elderly in Urban Puducherry, India. Original Article, 8(1), 54-57. Lemeshow. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Leong Bin Abdullah, M. F., Mansor, N. S., Mohamad, M. A., & Teoh, S. H. (2021). Quality of life and associated factors among university students during the COVID-19 pandemic: a cross sectional study. BMJ Open, 11, 1-21. doi:10.1136/bmjopen-2020-048446 Lovibond, P., & Lovibond, S. (1995). Manual For The Depression Anxiety Stress Scale (2nd Edition) (Vol. 33). Sydney: Psychology Foundation. Mahdi, N., & Khairunnisa. (2020). Gambaran kualitas hidup mahasiswa semester akhir di salah satu perguruan tinggi Banjarmasin. Jurnal Darul Azhar, 9(1), 56-62. Marthoenis, M., Fathiariani, L., & Sofyan, H. (2018). Prevalence of depression and anxiety among college students living in a disaster-prone region. Alexandrian Journal Of Medicine, 1-4. Mooldijk, S., Dommershuijsen, L., de Feijter, M., & Luik, A. (2022). Trajectories of depression and anxiety during the COVID-19 pandemic in a population-based sample of middle-aged and older adults. Journal of Psychiatric Research, 149, 274–280. doi:https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2022.03.002 Nabila, S., Khairani, M., Sari, K., & Faradina, S. (2021). Program KEMAS untuk menurunkan kecemasan pada dewasa awal di masa pandemi Covid-19. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 7(2), 216-230. doi:10.22146/gamajpp.69432 Nevid, J., Rathus, S., & Greene, B. (2008). Abnormal Psychology In A Changing World, 9th Edition. New York: Pearson Education. Nurchayati, S. (2016). Hubungan kecemasan dengan kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 1-6. Papalia, D., & Feldman, R. D. (2017). Menyelami Perkembangan Manusia: Edisi 12 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika. Pearlman, R., & Uhlmann, R. (1988). Quality of life in chronic diseases: perceptions of elderly patients. Journal Of Gerontology, 43(2), M25-M30. Permata, K., & Widiasavitri, P. (2019). Hubungan antara kecemasan akademik dan sleep paralysis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 1-10. Pratiwi, R., & Sari, A. P. (2021). Stress, kecemasan dan depresi selama masa pembelajaran daring pandemi Covid-19 pada mahasiswa. Jurnal Biopsikososial, 5(1), 440-453. Rapley, M. (2003). Quality Of Life Research: A Critical Introduction. London: Sage Publications. Rizky, S., & Sianturi, S. (2021). Hubungan kecemasan dengan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS. Jurnal Keperawatan Malang, 6(1), 1-9. Rogi, J. K., Siagian, I. E., & Rombot, D. V. (2020). Gambaran kualitas hidup dan prestasi akademik pada siswa SMA Negeri 9 Manado di masa pandemi covid-19. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, 8(2), 313-317. Sandhu, S. S. (2016). Anxiety among senior secondary school students in relation to gender. International Education & Research Journal, 2(8). Sandjaja, A., Sarjana, W., & Jusup, I. (2017). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat sugestibilitas pada mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 235-243. Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Masa Hidup, Edisi Ketigabelas: Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga. Setiasih, & Setianingrum, I. (2018). Statistik Psikologi: Solusi Masalah Psikologi dengan Statistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Spielberger, C., & James, R. (1972). Needed Research On Stress And Anxiety: A Special Report Of The Usoe-Sponsored Grant Study: Critical Aprassion Of Research In The Personality-Emotions-Motivation Domain. Washington D.C.: Texas Christian University. Sriwiyati, L., & Yulianti, T. (2021). Hubungan kecemasan masyarakat pada masa pandemi covid-19 dengan kualitas hidup. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1), 21-31. Stuart, G. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta: EGC. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Suryavanshi, N., Kadam, A., Dhumal, G., Nimkar, S., Mave, V., Gupta, A., . . . Gupte, N. (2020). Mental health and quality of life among healthcare professionals (HCP's) during the COVID-19 pandemic in India. WILEY, Nursing in Critical Care. doi:10.1111/nicc.12690 Sutejo. (2017). Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Wade, C., Tavris, C., & Garry, M. (2016). Psikologi, Edisi Kesebelas: Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga. Walean, C., Pali, C., & Sinolungan, J. (2021). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Biomedik, 13(2), 132-143. Webster. (1986). Webster's New International Dictionary. Springfield: Merriam-Webster, Inc. WHO. (1996). WHOQOL-BREF: Introduction, Administration, Scoring, And Generic Version Of The Assessment. Geneva: World Health Organization.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3840
dc.description.abstractPandemi COVID-19 yang terjadi menyebabkan berbagai perubahan, termasuk pada bidang pendidikan dan menyebabkan kecemasan pada mahasiswa. Kecemasan ini dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi pada perkuliahan hingga tekanan psikologis pada mahasiswa dan mempengaruhi kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan kualitas hidup mahasiswa UMKT tahun pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa UMKT tahun pertama atau sedang menempuh semester 2 pada tahun akademik 2021-2022 dan berumur 18-25 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 227 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan skala DASS-21 untuk mengukur kecemasan dan skala WHOQOL-BREF untuk mengukur kualitas hidup. Teknik analisa data adalah teknik analisa uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara kecemasan dan kualitas hidup mahasiswa UMKT tahun pertama, yaitu semakin tinggi nilai kecemasan maka semakin rendah nilai kualitas hidup dan semakin rendah nilai kecemasan maka semakin tinggi nilai kualitas hidup.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectKualitas Hidupid_ID
dc.subjectMahasiswa Tahun Pertamaid_ID
dc.subjectDASS-21id_ID
dc.subjectWHOQOL-BREFid_ID
dc.titleHUBUNGAN KECEMASAN TERHADAP KUALITAS HIDUP MAHASISWA UMKT TAHUN PERTAMAid_ID
dc.title.alternativeCorrelation between Anxiety and Quality of Life of First Year Students in UMKTid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record