Show simple item record

dc.contributor.authorEka Pratiwi, Rani
dc.date.accessioned2024-02-23T05:18:28Z
dc.date.available2024-02-23T05:18:28Z
dc.date.issued2022-07-05
dc.identifier.citationAeni, Wardiah, Program Studi, Pendidikan Agama, and Fakultas Tarbiyah. 2021. “Hubungan Kinerja Guru dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa.” 2(3):84–91. Albar, Shania, and Fitri Andriani. 2021. “Pengaruh Tipe-Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Pada Remaja Etnis Arab.” Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM) 1(1):920. doi: 10.20473/brpkm.v1i1.27521. Ani, Sella Putri. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Self-Control (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambang Kabupaten Muara Enim).” Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling 5(1):56. doi: 10.32663/psikodidaktika.v5i1.986. Antara, Hubungan, Kepercayaan Diri, D.A.N. Dukungan, Orangtua Dengan, Kemandirian Belajar, D. I. Sma. Dharma Pancasila, and Universitas Medan Area. 2017. “Rinda Ariati Nasution Program Studi Magister Psikologi Program Pascasarjana Universitas Medan Area Medan Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Magister Psikologi Pada Program Pascasarjana Universitas Medan Area Program Pascasarjana MED.” Ayu, Eka Rahma, Yusmansyah Yusmansyah, and Diah Utaminingsih. 2017. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa.” ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) 5(6):41–53. Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. 2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas.” Journal on Education, 1(2), 382-389. 01(02):382–89. Candra, Ifani, and Khansha Ulya Leona. 2019. “Hubungan Antara Secure Attachment Dengan Kemandirian Pada Siswa Kelas XI.” Psyche 165 Journal 12(2):144–53. doi: 10.35134/jpsy165.v12i2.10. Dwi Marsela, Ramadona, and Mamat Supriatna. 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor.” Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3(2):65–69. Fitriah, Hikmah Nur, and Jahada Jahada. 2020. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling 5(2):106–14. doi: 10.36709/bening.v5i2.13361. Handayani, Rekno, Imaniar Purbasari, and Deka Setiawan. 2020. “Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 11(1):16–23. doi: 10.24176/re.v11i1.4223. Harnasti, Siti Septiana. 2018. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Tunas Kunciran Kota Tangerang.” Pendidikan, Jurnal Issn, Paud 03(1). Husna, Amalia, and Dadan Suryana. 2021. “Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua Dan Implikasinya Pada Perkembangan Sosial Anak Di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):10128–40. Konseling, Pengaruh Bimbingan, Pola Asuh, Orang Tua, and Negeri Jogonalan Kabupaten. 2020. “Kemandirian Peserta Didik Di Sma.” I(2). Lestari, Mira. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak.”Jurnal Pendidikan Anak 8(1):84–90. doi: 10.21831/jpa.v8i1.26777. Lestarina, Eni, Hasnah Karimah, Nia Febrianti, Ranny Ranny, and Desi Herlina. 2017. “Perilaku Konsumtif Di Kalangan Remaja.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 2(2):1–6. doi: 10.29210/3003210000. Mahaardhika, I. Made, I. Dewa Ayu, Eka Purba, and Dharma Tari. 2020. “Kemandirian anak Dikalangan Siswa Kelas XI SMK.” 1–5. Mardiana, Nur Shela. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Interaksi Anak Usia Dini.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20(1):22. doi: 10.24036/pedagogi.v20i1.801. Mulyawati, Yuli, and Citra Christine. 2019. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2(1):21–25. doi: 10.33751/jppguseda.v2i1.990. Pangesti, Dinar; Tianingrum, Niken Agus. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kenakalan Remaja Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru.” Borneo Student Research Hubungan 99–104. Pratiwi, Karina Esti. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak di SD Negeri 38 Kota Parepare The Influence Of Parents on Children ’ s Independence in Primary School 38 State Parepare City.” Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan 1(1). Saragih, Fernando. 2020. “Pengaruh Lingkungan Terhadap Kemandirian Belajar.” Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1(2):62–72. Sari, Rizki Intan. 2019. “Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 5(2):296–304. doi: 10.29303/jpft.v5i2.1436. Siska Fitri Yanti. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur.” Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, Pekanbaru 4(1):1–13. Sma, D. I., and Negeri Singkohor. 2021. “Dengan Kemandirian Remaja.” 2:12–18. Sriwongo, Leonardo, and Raja Oloan Tumanggor. 2013. “Pada Anak Remaja.” 423–26. Syahputra, Dedi. 2017. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbauangan.” At-Tawassuth 2(2):368–88. Umairoh, Siti, and Ichsan Ichsan. 2019. “Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3(3):157–64. doi: 10.14421/jga.2018.33-02. Yurike Kinanthy Karamoy. 2018. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa.” Educazione 6(2):112–117.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3861
dc.description.abstractLatar Belakang : Pola asuh paling baik diterapkan sesuai dengan perkembangan, usia dan kemampuan. Orang tua berperan sebagai pendukung dalam mendidik, membimbing dan mengasuh anaknya agar diterima di lingkungan dan masyarakatnya. Kemandirian merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan kepribadian seorang anak, membentuk dan membangun kemandirian, yang berperan sangat penting dalam menjadikan mereka berpikir positif di masyarakat. Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian remaja di MAN 1 Samarinda. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan desain penelitian kuantitatif cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dengan jumlah 165 responden. Hasil Penelitian : Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapatkan mayoritas responden berusia 17 tahun dengan jumlah 93 responden (56,4%), jenis kelamin perempuan sebanyak 109 responden (66,1%), urutan anak ke-1 sebanyak 64 responden (38,8%), pola asuh demokratis banyaknya 97 responden (58,8%), dan responden mandiri sebanyak 103 responden (62,4%). Hasil analisis uji Chi-Square yaitu P value = 0,002 < α = 0,05 yang berarti Ho ditolak. Kesimpulan : Setelah dilakukan uji Chi-Square maka dapat menyimpulkan bahwa hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian remaja di MAN 1 Samarinda memiliki hubungan yang bermakna.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKemandirianid_ID
dc.subjectPola Asuh Orang Tuaid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Remaja di MAN 1 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Parenting Patterns and Adolescent Independence at MAN 1 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record