Show simple item record

dc.contributor.authorNurhasanah, Nurhasanah
dc.date.accessioned2024-02-26T01:06:48Z
dc.date.available2024-02-26T01:06:48Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.citationAfifah. (2019). Selama 2018, KPAI Terima Pengaduan 4.885 Kasus Anak. Ali Mohammad & Asrori Mohammad. (2017). Psikologi Remaja. Jakarta : PT Bumi Aksara. Anggraini, Pudji Hartuti & Afifatus Sholihah. (2017). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu” Jurnal Ilmiah BK, 1(1), 2599-1221. David A Ross, Rachael Hinton, Meheret Melles-Brewer, Danielle Engel, Willibald Zeck, Lucy Fagan, Joanna Herat, Gogontlejang Phaladi, David Imbago-Jácome, Pauline Anyona, Alicia Sanchez, Nazneen Damji, Fatiha Terki, Valentina Baltag, George Patton, Avi Silverman, Helga Fogstad, Anshu Banerjee, and Anshu Mohan. 2020. “Adolescent Well- Being: A Definition and Conceptual Framework.” Journal of Adolescent Health 67(4):472–76. Gatot Marwoko. 2019. “Psikologi Perkembangan Masa Remaja.” Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam 26(1):60–75. Harbeng Masni, Firman Tara & Zuhri Saputra Hutabarat. 2021. “Konstribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Introvert dan Extrovert” Jurnal Jendela Pendidikan, Volume 01 Nomor 04 November 2021 ISSN: 2776-267X (Print) / ISSN:2775-6181(Online). Husba dan Zakiyah Mustafa. 2018. Remaja, Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter. Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, Kendari. Iman Asyhari, Tjipto Subadi and Achmad Fathoni. 2022 “Peran Pendidikan Agama di Sekolah dan Orang Tua di Rumah Dalam Membentuk Karakter Religius Anak” Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Karnawi Kamar, Masduki Asbar, Agus Purwanto, Wakhida Nurhayati, Eva Agistiawati & Rachma Nadhila Sudiyono. (2020). “Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Keprobadian Genetik” Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 75-86. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI), (2018). Menkes: Remaja Indonesia Harus Sehat. Kemkes.Go.Id. Kurniawan, Budi, Neviyarni, and Solfema. 2018. “The Relationship between Self Adolescents Who Living in Orphanages.”International Journal of Research in Counseling and Education 1(1):2017. doi: 10.24036/0054za0002. Mappiare & Andi. 1982. “Psikologi Remaja.” 82–143. Maudy Pritha Amanda, Sahadi Humaedi & Meilanny Budiarti Santoso. (2017). Penyalahgunaan Narkoba di kalangan Remaja (Adolescent Substance Abuse). Volume 4, Nomor 2. Jurnal Onliner Universitas Padjadjaran Bandung. Nabang, Otrin, Titin Prastyawati, Sudi Dul Aji, and Joice Soraya. 2021. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter, Autoritatif, Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 15(1):53–60. Natasya GE Labaiga, Josef Tuda dan Rina Kundre. (2019). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Remboken” e- Jurnal, 7(1), 1-9. Ni Putu Ayu Werdhiatmi, Ni Ketut Sri Diniari dan Ni Ketut Putri Ariani. (2019). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Remaja di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Negara” Jurnal Medicina, 50(2), 234-238. Nugroho, Andreas, Taat Guswantoro, Ronny Gunawan, Septina Lumbantobing, and Erni Murniarti. 2021. “Developing Junior High School Self-Esteem through the Solution Focused Brief Counseling Approach during the Covid-19 Pandemic.” Degres 20(2):1–10. Putra dan Fuaddillah. 2017. “Ketercapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa SMA Dan Siswa Pondok Pesantren.” Jurnal Counseling Care 1(1):27–34. Putri dan Masiyah. 2019. “Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No. 1 Tahun 2019 ISSN:2301-9085. Prof.Dr. Soekidjo Notoatmodjo, S.K.M., M, C. H. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rafika Hanisah Siregar. 2021. “Pola Asuh Orangtua Dalam Pembentukan Akhlak Remaja di Desa Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 1-85. Rani Rafikha. 2018. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kepribadian Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu” Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Rizqi Eko Putra, Muhammad Daffa dan Nurliana Cipta Apsari. 2021. “Hubungan Proses Perkembangan Psikologis Remaja Dengan Tawuran Antar Remaja. ”Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3(1):14. Sri maya, IGA Trisna Windiani dan IGAN Sugitha Adnyana. 2018. “Korelasi Pola Asuh Orangtua Terhadap Self-Esteem Remaja Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Harapan Denpasar.” Sari Pediatri 20(1):24. Suci Amin & Rini Harianti. (2018). Pola Asuh Orang tua Dalam Motivasi Belajar Anak. Yogyakarta : Deepublish.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3862
dc.description.abstractLatar belakang, orang tua harus memberikan anak anda pola asuh paling sesuai dengan perkembangan, usia dan kemampuan mereka. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk menghidupi anaknya dengan cara mendidik, mendidik dan mengasuhnya agar diterima di lingkungannya dan di masyarakat. Kebebasan adalah faktor yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak, pembentukan dan perkembangan kebebasan yang berperan penting dalam masyarakat. Tujuan, Tujuan umum penelitian ini yaitu mengetahui hubungan pola asuh dengan perilaku anak di MAN 1 Samarinda. Metode, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel penelitian ini adalah metode stratified random sampling, dan menurut perhitungan ukuran sampel, responden adalah 165. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data. , dan analisis perbandingan univariat dilakukan dengan menggunakan uji chi-squared. Hasil Penelitian, Pada penelitian didapatkan karakteristik responden siswa kelas XI MAN 1 Samarinda mayoritas berusia 17 tahun berjumlah 93 responden (56,4%), mayoritas berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 109 responden (66,1%), dan mayoritas urutan lahir adalah anak urutan pertama (ke-1) 64 responden (38,8%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas orang tua siswa kelas 11 di MAN 1 Samarinda menerapkan pola asuh demokratis dengan jumlah sebanyak (58,8%). Hasil penelitian menunjukan mayoritas siswa memiliki kepribadian introvert dengan jumlah sebanyak 56,4% siswa. Kesimpulan Penelitian, yaitu ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kepribadian remaja di MAN 1 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKepribadianid_ID
dc.subjectPola Asuhid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Remaja di MAN 1 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Parenting Patterns and Adolescent Personality at MAN 1 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record