Show simple item record

dc.contributor.authorRiski Fitria, A'isyah
dc.date.accessioned2024-02-26T01:57:55Z
dc.date.available2024-02-26T01:57:55Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.citationAmma, Dince Sari Rambu, Esti Widiani, and Sirli Mardiana Trishinta. 2017. “Hubungan Citra Diri Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Remaja Di SMKN 11 Malang Kelas XI.” Nursing News 2(3):21–33. Anugrahadi, Saiful. 2019. “MENGENAL REMAJA GENERASI Z (Dalam Rangka Memperingati Hari Remaja Internasional).” Bkkbn.Go.Id. Retrieved (https://ntb.bkkbn.go.id/?p=1467). Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):102. doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421. Dharma, Kusuma Kelana. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media. Fitri, Emria, Nilma Zola, and Ifdil Ifdil. 2018. “Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 4(1):1. doi: 10.29210/02017182. Hidayati, Richma, Nur Hidayah, M. Ramli, IM Hambali, and Santoso Santoso. 2021. “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Anak Desmigratif (Desa Migra Inovatif) Pati.” Buletin Konseling Inovatif 1(1):24. doi: 10.17977/um059v1i12021p24-31. Juniawati, D., and N. W. Zaly. 2021. “Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Pada Remaja.” Buletin Kesehatan: Publikasi … 5(2):53–64. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI). 2018. “Menkes: Remaja Indonesia Harus Sehat.” Kemkes.Go.Id. Kurniawan, M. Reza, Ernita Arif, and Asmawi Asmawi. 2021. “Hubungan Antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4(1):485–93. doi: 10.34007/jehss.v4i1.683. Kurniawati, Ella, Muswardi Rosra, and Diah Utaminingsih. 2017. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Percaya Diri Siswa The Relationship Between of Parenting Patterns With Self Confidence.” 93–105. Mesiono, and Willi Sahana. 2021. “Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies.” Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies 2(April):1–10. Muniroh, S. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Harga Diri Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Keperawatan 6(2):5–Pages. Ni’mah, Ulfiyatun Dan Rohmatun. 2017. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Otoritatif Dengan Citra Diri Pada Mahasiswi Yang Melakukan Perawatan Wajah Di Klinik Kecantikan.” Jurnal Psikologi 12(2):69–78. Nofembri, Ade, Linda Fitria, and Popi Radyuli. 2021. “Hubungan Self Disclosure Dengan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat Di Depan Kelas X SMK Negri 9 Padang.” 8(1):64–70. Nugraha, Agustin Syafitri. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Konsep Diri Remaja Dalam Belajar.” AL-MUNAWWARAH : Jurnal Pendidikan Islam 9:66–78. Octavia, Shilphy. A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Pangestuti, Restu, Hardjono, and Ika Sumiyarsi Sukamto. 2020. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Sma N 2 Purworejo.” Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 21) 11(02):1–5. Putra, Fuaddillah. 2017. “Ketercapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa SMA Dan Siswa Pondok Pesantren .” Jurnal Counseling Care 1(1):27–34. Saputri, Linda Kamelia, Dhian Ririn Lestari, and Rika Vira Zwagery. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Di SMK Borneo Lestari Banjarbaru.” Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan 8(1):34. doi: 10.20527/dk.v8i1.7245. Sari, Desi Kurnia, Sri Saparahayuningsih, and Anni Suprapti. 2018. “POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK YANG BERPERILAKU AGRESIF (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu).” Jurnal Ilmiah Potensia 3(1):1–6. Suryandari, Savitri. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 4(1):23–29. doi: 10.36928/jipd.v4i1.313. Ulansari, Ni Luh Pitya, and I. Gusti Made Widya Sena. 2021. “Pengaruh Latihan Ujjayi Pranayama Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Usia Remaja.” Jurnal Yoga Dan Kesehatan 4(2):177. doi: 10.25078/jyk.v4i2.2197. Vega, Asla De. 2019. “Pengaruh Pola Asuh Dan Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri.” 3(2):433–39. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.227. Windia, Siska. 2020. “Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik MA MUHAMMADIYAH SUKARAME.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3864
dc.description.abstractLatar Belakang, Dengan adanya sosok orang tua dikehidupan anak dalam upaya mengembangkan karakter anak dibutuhkan pola asuh yang tepat, dengan berbagai macam pola pengasuhan yang bermacam-macam yang diberikan setiap orang tua kepada anaknya. Agar memiliki landasan karakter dalam diri remaja seperti halnya karakter dalam hal rasa kepercayaan diri pada remaja, yang ditandai dengan pengalaman dalam diri yang pernah dirasa, seperti berani tampil didepan umum dan berani mengungkapkan pendapat didepan umum. Tujuan, Tujuan umum penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja di MAN 1 Samarinda. Metode, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik Propotional stratified random sampling, hasil perhitungan besarnya sampel adalah 165 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisa univariat dan bivariat melalui uji Chi-Square. Hasil Penelitian, Berdasarkan dari hasill penelitian yang didapatkan mayoritas responden berusisa 17 tahun dengan jumlah 93 responden (56,4%), jenis kelamin perempuan sebanyak 109 responden (66,1%), urutan anak ke-1 sebanyak 64 responden (38,8%), pola asuh demokratis sebanyak 97 responden (58,8%), dan responden kepercayaan diri remaja sebanyak 90 responden (54,5%). Yang menunjukkan nilai p-value 0,001 < α 0,05 sehingga Ho ditolak. Kesimpulan Penelitian, yaitu ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri remaja di MAN 1 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKepercayaan Diriid_ID
dc.subjectPola Asuhid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja di MAN 1 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between Parenting Patterns and Adolescent Confidence at MAN 1 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record