Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIYANI, NOVI
dc.date.accessioned2024-02-29T01:49:11Z
dc.date.available2024-02-29T01:49:11Z
dc.date.issued2023-08-02
dc.identifier.citationAmanda, R., Pohan, L. D., & Melandi, A. (2014). Hubungan antara gratitude dengan coping pada mahasiswa penerima beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi (Bidikmisi). Psikologi UI. Andriyani, J. (2019). Strategi coping stress dalam mengatasi problema psikologis. Jurnal At-Taujih, 37-55. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, Y. (2016). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan strategi coping berfokus masalah siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi Tahun ke-5, 1-12. Budiarti, E., & Hanoum, M. (2019). Koping stress dan dukungan keluarga terhadap kesejahteraan psikologis orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmiah Psikologi, 44-61. Dariyo, & Agoes. (2003). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: Gramedia Pustaka. Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain. Emmons, R., & McCullough, M. (2003). Counting blessings versus burdens: An experimental investigation of gratitude and subjective well-being in daily life. Journal of Personality and Social Psychology, 377-389. Emmons, R., & McCullough, M. (2004). The psychology of gratitude. New York: Oxford University Press. Hamilton, S. (1988). Chronic stress and coping style: A comparison of male and female undergraduates. Journal of personality and social psychology, 819-822. Handayani, & Ririn. (2020). Metodologi penelitian sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika. Hawwa, S. (1998). Mensucikan jiwa: Konsep tazkiyatun-nafs terpadu intisari Ihya 'ulumuddin Al Ghazali. Jakarta: Robbani Press. Hurlock, E. (1996). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga. Iqramah, N., Nurhasanah, & Nurbaity. (2018). Strategi Coping (Problem focused coping dan emotion focused coping) dalam menghadapi stres pada mahasiswa penyusun skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 75-83. Kartono, K. (1985). Peranan keluarga memandu anak. Jakarta: Rajawali Pers. Kountur, R. (2009). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: Manajemen PPM. Krause, N. (2006). Gratitude toward god, stress, and health in late life. Research on Aging, 163-183. Leguminosa, P., Nashori, F., & Rachmawati, M. A. (2017). Pelatihan kebersyukuran untuk menurunkan stres kerja guru di sekolah inklusi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 186-201. Maramis, W. (1994). Ilmu kedokteran jiwa. Surabaya: Airlangga University Press. Marettih, A. K. (2017). Melatih kesabaran dan wujud rasa syukur sebagai makna coping bagi orang tua yang memiliki anak autis. Jurnal Perempuan, Agama, dan Gender, 13-31. McCullough, M., Tsang, J.-A., & Emmons, R. (2002). The grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 112-127. Mukhlis, A., & Al Muqim, S. (2013). Psikologi lintas budaya: Fenomena perilaku masyarakat dalam konteks lokalitas. Malang: Maliki Press. Murisal, & Hasanah, T. (2017). Hubungan bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Kota Padang. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Nasution, E. S., & Pratiwi, I. W. (2019). Hubungan strategi coping orang tua terhadap keberfungsian keluarga di Kelurahan Cipinang Melayu. Jurnal Psikogenesis, 96-104. Nirmala, A. P. (2013). Tingkat kebermaknaan hidup dan optimis pada Ibu yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Developmental and Clinical Psychology, 6-12. Novrizaldi. (2022, Juni 06). Dipetik Desember 21, 2022, dari KEMENKO PMK: https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-wajib-penuhi-hak-pendidikan-inklusif-bagi-penyandang-disabilitas Nura, A., & Sari, K. (2018). Kebersyukuran pada Ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ecopsy, 73-80. Peterson, C., & Seligman, M. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. New York: Oxford University Press. Priyanto, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan data terpraktis. Yogyakarta: ANDI OFFSET. Putra, A. R., Anggreiny, N., & Sarry, S. M. (2019). Kebersyukuran pada orang tua anak berkebutuhan khusus. Jurnal Spirits, 27-40. Putri, A. A. (2019). Konseling kelompok realitas untuk menurunkan stres pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 25-36. Rahma, R. A., & Julianto, V. (2019). Pelatihan syukur Al-Ghazali untuk menurunkan tingkat stres pada pembina asrama pesantren mahasiswi Yogyakarta. Jurnal fakultas psikologi, 63-75. Raihana. (2020). Pengelolaan emosi Ibu pada anak selama pembelajaran dari rumah (dampak pandemi covid 19). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 132-139. Richard S., Lazarus, & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. New York: Springer Publishing Company. Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta. Sarafino, E. (2008). Health psychology. Biopsychosocial interactions. New York: New York John Wiley & Sons I. Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode penelitian manajemen. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V. (2014). Metodologi penelitian: lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Watkins, P. (2014). Gratitude and the good life. Dordrecht: Springer Netherland. Wood, A., Froh, J., & Geraghty, A. (2010). Gratitude and well-being: A review and theoretical integration. Clinical Psychology Review, 890-905.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3889
dc.description.abstractOrang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus biasanya cenderung memiliki tekanan mental yang tinggi. Adapun hal yang penting untuk dimiliki oleh orang tua adalah terkait coping stress yang efektif dan rasa kebersyukuran yang tinggi agar dapat menjalani hari dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan coping stress, emotion focused coping, dan problem focused coping terhadap kebersyukuran pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi product moment. Penelitian ini menggunakan Teknik snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara coping stress, emotional focused coping, dan problem focused coping terhadap kebersyukuran.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectanak berkebutuhan khususid_ID
dc.subjectcoping stressid_ID
dc.subjectkebersyukuranid_ID
dc.subjectorang tuaid_ID
dc.titleHUBUNGAN COPING STRESS TERHADAP KEBERSYUKURAN PADA ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUSid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between Coping Stress and Gratitude of Parents of Special Needs Childrenid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record