dc.identifier.citation | Amanda, R., Pohan, L. D., & Melandi, A. (2014). Hubungan antara gratitude dengan coping pada mahasiswa penerima beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi (Bidikmisi). Psikologi UI. Andriyani, J. (2019). Strategi coping stress dalam mengatasi problema psikologis. Jurnal At-Taujih, 37-55. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, Y. (2016). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan strategi coping berfokus masalah siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi Tahun ke-5, 1-12. Budiarti, E., & Hanoum, M. (2019). Koping stress dan dukungan keluarga terhadap kesejahteraan psikologis orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmiah Psikologi, 44-61. Dariyo, & Agoes. (2003). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: Gramedia Pustaka. Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain. Emmons, R., & McCullough, M. (2003). Counting blessings versus burdens: An experimental investigation of gratitude and subjective well-being in daily life. Journal of Personality and Social Psychology, 377-389. Emmons, R., & McCullough, M. (2004). The psychology of gratitude. New York: Oxford University Press. Hamilton, S. (1988). Chronic stress and coping style: A comparison of male and female undergraduates. Journal of personality and social psychology, 819-822. Handayani, & Ririn. (2020). Metodologi penelitian sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika. Hawwa, S. (1998). Mensucikan jiwa: Konsep tazkiyatun-nafs terpadu intisari Ihya 'ulumuddin Al Ghazali. Jakarta: Robbani Press. Hurlock, E. (1996). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga. Iqramah, N., Nurhasanah, & Nurbaity. (2018). Strategi Coping (Problem focused coping dan emotion focused coping) dalam menghadapi stres pada mahasiswa penyusun skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 75-83. Kartono, K. (1985). Peranan keluarga memandu anak. Jakarta: Rajawali Pers. Kountur, R. (2009). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: Manajemen PPM. Krause, N. (2006). Gratitude toward god, stress, and health in late life. Research on Aging, 163-183. Leguminosa, P., Nashori, F., & Rachmawati, M. A. (2017). Pelatihan kebersyukuran untuk menurunkan stres kerja guru di sekolah inklusi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 186-201. Maramis, W. (1994). Ilmu kedokteran jiwa. Surabaya: Airlangga University Press. Marettih, A. K. (2017). Melatih kesabaran dan wujud rasa syukur sebagai makna coping bagi orang tua yang memiliki anak autis. Jurnal Perempuan, Agama, dan Gender, 13-31. McCullough, M., Tsang, J.-A., & Emmons, R. (2002). The grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 112-127. Mukhlis, A., & Al Muqim, S. (2013). Psikologi lintas budaya: Fenomena perilaku masyarakat dalam konteks lokalitas. Malang: Maliki Press. Murisal, & Hasanah, T. (2017). Hubungan bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Kota Padang. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Nasution, E. S., & Pratiwi, I. W. (2019). Hubungan strategi coping orang tua terhadap keberfungsian keluarga di Kelurahan Cipinang Melayu. Jurnal Psikogenesis, 96-104. Nirmala, A. P. (2013). Tingkat kebermaknaan hidup dan optimis pada Ibu yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Developmental and Clinical Psychology, 6-12. Novrizaldi. (2022, Juni 06). Dipetik Desember 21, 2022, dari KEMENKO PMK: https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-wajib-penuhi-hak-pendidikan-inklusif-bagi-penyandang-disabilitas Nura, A., & Sari, K. (2018). Kebersyukuran pada Ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ecopsy, 73-80. Peterson, C., & Seligman, M. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. New York: Oxford University Press. Priyanto, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan data terpraktis. Yogyakarta: ANDI OFFSET. Putra, A. R., Anggreiny, N., & Sarry, S. M. (2019). Kebersyukuran pada orang tua anak berkebutuhan khusus. Jurnal Spirits, 27-40. Putri, A. A. (2019). Konseling kelompok realitas untuk menurunkan stres pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 25-36. Rahma, R. A., & Julianto, V. (2019). Pelatihan syukur Al-Ghazali untuk menurunkan tingkat stres pada pembina asrama pesantren mahasiswi Yogyakarta. Jurnal fakultas psikologi, 63-75. Raihana. (2020). Pengelolaan emosi Ibu pada anak selama pembelajaran dari rumah (dampak pandemi covid 19). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 132-139. Richard S., Lazarus, & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. New York: Springer Publishing Company. Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta. Sarafino, E. (2008). Health psychology. Biopsychosocial interactions. New York: New York John Wiley & Sons I. Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode penelitian manajemen. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V. (2014). Metodologi penelitian: lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Watkins, P. (2014). Gratitude and the good life. Dordrecht: Springer Netherland. Wood, A., Froh, J., & Geraghty, A. (2010). Gratitude and well-being: A review and theoretical integration. Clinical Psychology Review, 890-905. | id_ID |