Show simple item record

dc.contributor.authorMULYANA, HIKMAHTUL
dc.date.accessioned2024-02-29T01:58:05Z
dc.date.available2024-02-29T01:58:05Z
dc.date.issued2023-08-24
dc.identifier.citationAji, B. T., Hasanah, U., & Nugraheni, P. L. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Dan Pengalaman Organisasi Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Di Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 9(01), 68-79. doi:http://doi.org/10.21009/JKKP.091.06 Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Aneka Cipta. Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian diri Remaja Kelas X SMA Angkasa 1 Jakarta. 2(2), 75-81. Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 36-46. Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bakti, G. B. (2017). Perilaku Kenakalan Remaja Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Journal Sosiatri Sosiologi, 5(4), 147-159. Barbarossa, K., Putri,, N. M., & Chusairi, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Remaja Awal Penghuni Panti Asuhan Bani Yaqub Surabaya. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3291-3300. doi:https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3505 Bar-On, R. (2012). The Impact Of Emotional Intelligence On Health And Well-being. In Emotional Intelligence - New Perspectives and Applications (pp. 29-50). USA: InTech Europe. doi:10.5772/32468 Batubara, J. R. (2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). 12(1), 21-29. doi:https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/540 Brannon, L., & Feist, J. (2010). Health Psychology. Canada: Wadsworth Cengage Learning. Daradjat, Z. (1994). Remaja Harapan dan Tantangan . Jakarta: CV. Ruhama. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence : Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ . Jakarta: PT. Gramedia. Hayati, L. N. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Stres Kerja Pada Anggota Polisi Fungsi Sabhara. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang. Hobfoll, S. E. (1986). Stress, social support and women : the series in clinical and community psychology. New York. House , J. S., Landis, K. R., & Umberson, D. (1988). Social relationships and health. Science, 241, 241(4865), 540–545. doi:10.1126/science.3399889 Indrawati, T. (2017). Peranan kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMP Terbuka di Cirebon. Jurnal Pendidikan Islam, 70-88. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1630 Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (1991). Joining together group theory and group skills 4th edition. New Jersey: Prentice Hall. Karmiana, N. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Asal Lampung. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Khasanah, M. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial dan Kematangan Emosi Terhadap Forgiveness Pada Remaja Di SMA Negeri 2 Kota Pasuruan. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang . Kusrini, W., & Nanik, P. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas III SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Humaniora, 15, 131 - 140. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/673/411 Lutfiani, Sri, & Setyawati. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif Siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia. Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Pengembangannya. Jakarta. Masruroh, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Dukungan Sosial Terhadap Psychological Well-Being Siswa di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Monks , F. J., Knoers, A. M., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Mu'tadin, Z. (2002). Mengenal Kecerdasan Emosional Remaja. Jakarta. Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jakarta. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Novianty, A. (2016). Pengaruh pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosi pada remaja madya. Jurnal Ilmiah Psikologi, 17-25. Retrieved from https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1539 Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaini, U., Pratiwi, L., Wahyudin, & dkk. (2021). Pengantar Statistika 1. In U. Hernaeny, Populasi dan Sampel (pp. 1-36). Bandung, Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia. Peter, R. (2015). Peran Orang Tua Dalam Krisis Remaja. Humaniora, 6(4), 453-460. Pieter, H. Z., & Lubis, N. L. (2010). Pengantar Psikologi dalam Keperawatan. Jakarta: Prenada Media Group. Putri , D. R. (2016). Peran Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosi terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja Awal. Jurnal Indigenous, 1(1), 12-22. doi:https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1770 Salovey, P., & Mayer, J. D. (1990). Emotional Intelligence, Imagination, Cognition and Personality. 9, 185-211. doi:https://doi.org/10.2190/DUGG-P24E-52WK-6CDG Santrock, J. W. (2006). Adolescence (perkembangan remaja). Jakarta: Penerbit Erlangga. Santrock, J. W. (2007). Remaja . Erlangga. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : biopsychosocial interactions Seventh edition. United States of America. Sardi, L. N., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap subjective well-being pada remaja yang tinggal di pondok pesantren. Acta Psychologica, 41-48. doi: https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.34116 Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif . Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sujarweni, W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk Penelitian . Yogyakarta: Graha Ilmu. Sunyoto, D. (2010). Uji Khi Kuadrat & Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha ilmu. Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran . Jakarta: PT. Bumi Aksara. Widayati , S., & Widijati, U. (2008). Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Jogjakarta: Luna Publisher. Zulaikha, F., & Sureskiarti, E. (2018). Status Perkembangan Terhadap Perkembangan Emosi Anak di Kota Samarinda. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 6(1), 19-26.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3890
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan sosial terhadap kecerdasan emosi pada remaja di kota Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan populasi yaitu remaja yang berdomisili di Samarinda. Penelitian ini menggunakan teknik yaitu convenience sampling dengan sampel sebanyak 109 responden. Skala yang digunakan yaitu Skala Dukungan Sosial dan Skala Kecerdasan Emosi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara dukungan sosial dan kecerdasan emosi pada remaja dengan nilai persentase sebanyak 47%. Sehingga semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula kecerdasan emosi pada remaja.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDukungan sosialid_ID
dc.subjectKecerdasan emosiid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titlePENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA DI SAMARINDAid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Social Support on Emotional Intelligence in Adolescents Samarinda Cityid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record