Hubungan Spiritualitas di Tempat Kerja dengan Kepuasan Pasien di PUSKESMAS Temindung Kota Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien dapat terjadi apabila pelayanan yang diberikan perawat sangat baik sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh pasien. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh spiritualitas di tempat kerja karena spiritualitas yang sangat baik dapat memberikan pengaruh positif terhadap pelayanan kesehatan, dan perawat yang memberikan pelayanan kesehatan dengan sangat baik dapat menciptakan rasa kepuasan bagi pasien.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan spiritualitas di tempat kerja dengan kepuasan pasien di Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Temindung Kota Samarinda.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi, peneliti menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah 95 pasien di Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Pengumpulan data diperoleh dengan mengisi kuesioner oleh pasien.
Hasil: Hasil analisis bivariat dengan metode Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan (antara spiritualitas kerja dengan kepuasan pasien di Puskesmas Temindung Samarinda dengan p = 0,326 > 0,05, sehingga H0 diterima.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara spiritualitas di tempat kerja dengan kepuasan pasien di Puskesmas Temindung Samarinda.