Show simple item record

dc.contributor.authorNur Rahmadhani, Fajriah
dc.date.accessioned2024-03-15T01:58:37Z
dc.date.available2024-03-15T01:58:37Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.citationAhmadi. Ruslan. (2014). Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta : Ruzz. Anggara Dwi, Prayitno N. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah di Puskesmas Telaga Murni Cikarang Barat. Jakarta: Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 5. No 1. Ardhany, S. D., Pandaran, W., & Pratama, M. R. F. (2018). Profil Penggunaan Obat Antihipertensi di RSUD Mas Amsyar Kasongan Kabupaten Katingan. Borneo Journal of Pharmacy, 1(1), 47–50. https://doi.org/10.33084/bjop.v1i1.248 Aspiani, R. (2016). Asuhan keperawatan klien gangguan kardiovaskuler . Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Darwyan, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Alfabeta. Darussalam. Warseno. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Pasien Hipertensi Tidak Terkontrol di Puskesmas. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas.Vol 1 (2). Departemen Kesehatan RI. (2009). Klasifikasi Umur Menurut Katagori. Jakarta: Ditjen Yankes. Dwi Anggraini, S., Dody Izhar, M., & Noerjoedianto, D. (2018). Hubungan Antara Obesitas Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2018. Jurnal Kesmas Jambi, 2(2), 45–55. https://doi.org/10.22437/jkmj.v2i2.6553 Ekasari, dkk. (2018). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia. Malang: Wineka Media. Falah, M. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Angka Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Di Kelurahan Tamansari Kota Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan & Kebidanan STIKes Mitra Kencana Tasikmalaya, 3(1), 85–94. Finsie L, Ratag, Umboh. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien Rawat Jalan puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasatenggara Periode Desember 2013- Mei 2014. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Heryanto, E. Meliyanti, F. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien yang Berobat di Balai Pengobatan UPTD Puskesmas Buay Rawan Kabupaten Oku Selatan Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Bina Husada. Vol 4 No. 1 Hal. 498-502. Hidayat, R. Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan : Penerbit LPPPI. Festi W , P. (2018). Buku Ajar Lansia. In d. Nasrullah (Ed.), Lanjut Usia Perspektif dan Masalah (p. 6). Surabaya, Jawa Timur: UMSurabaya Publishing. Retrieved MEI 21, 2021 from https : //www.google.co.id/books/edition/Lanjut_ Usia_ Perspektif_dan_Masalah/aPmvDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=konsep+lansia&printsec= frontcover. Kamus besar bahasa indonesia (KBBI). Pengertian Tingkat. Diakses pada Tanggal 20 Mei 2021. http://kbbi.web.id/tingkat. Kamus besar bahasa indonesia (KBBI). Arti Kata Didik. Diakses pada Tanggal 20 Mei 2021. http://kbbi.web.id/didik.html. Kamus besar bahasa indonesia (KBBI). Arti Kata Jenjang Pendidikan. Diakses pada Tanggal 20 Mei 2021. http://kbbi.web.id/jenjang-pendidikan/. Kementerian Kesahatan RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hipertensi, The Slient Killer. Jakarta : P2PTM Kemenkes RI. Kementerian Kesehatan RI. (2019). Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 3 Mei 2021. http://sehatnegeriku.kemenkes.go.id/baca/rilis-media/. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Tahun 2018. Jakarta : Kemenkes RI. Kemkes RI. (2020, april 2). Kementrian kesehatan Republik Indonesia. Retrieved MEI 22, 2021, from p2ptm.kemkes.go.id: http://www.p2ptm.kemkes.go.id /infographic-p2ptm/Hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-itu-Hipertensi-tekanan-darah-tinggi Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699. Kholifah , S. N. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan. In Keperawata Gerontik (p. 3). Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan. Retrieved MEI 21, 2021, from http://bppsd\ k.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads /2017/08/ Keperawatan-Gerontik-Komprehensif.pdf Kholik, A. Aliyya, R, R. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bogor : UNIDA PRESS. Khusnah, F., Rizal, A., & Irianty, H. (2021). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT HIPERTENSI PADA USIA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MELATI KUALA KAPUAS TAHUN 2021 Khusnah. 63, 1–8. Kristanti, P. (2015). Efektifitas dan Efek Samping Penggunaan Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Kalirungkut Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2), 1–13. Kusumawaty, J., Hidayat, N., & Ginanjar, E. (2016). Hubungan Jenis Kelamin dengan Intensitas Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lakbok Kabupaten Ciamis. Jurnal Mutiara Medika, 16(2), 46–51. Lestari, G, I. Isnaini, N. (2018). Pengaruh Self Manajement Terhadap Tekanan Darah Lansia yang Mengalami Hipertensi. Indonesia Journal for Helath Sciences. Vol 02 No. 01 Hal 7-18. Muhith, A., & Siyoto, S. (2016). Pendidikan Keperawatan Gerontik. In P. Christian (Ed.). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET. Retrieved MEI 21, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Keperawatan_Gerontik/U6ApDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=konsep+lansia&printsec=frontcover Nuraeni Eni. (2019). Hubungan Usia dan Jenis Kelamin Beresiko Dengan Kejadian Hipertensi di Klinik X Kota Taggerang. Jurnal JKFT. Vol 4 No. 1 Tahun 2019. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis, Cetakan 2. Jakarta : Salemba Medika. Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Retrieved Mei 26, 2021 Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta. Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Kalimantan Timur Riskesdas 2018. Jakarta : LPB. Siyoto, s., & sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. (ayup, Ed.) Sleman, Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Retrieved mei 25, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/DASAR_METODOLOGI_PENELITIAN/QPhFDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Metode+PENELITIAN+kuesioner+adalah&printsec=frontcover Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Jawa Barat: CV. Alfabeta. Retrieved Mei 26, 2021 Sutrisno. Widayati, C, N. Radate. (2018). Hubungan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Pengendalian Hipertensi pada Lansia di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Vol 3, No. 2. Toyyibatussalamah. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Siti Khodijah Gurah Kediri. Sekolah Tinggi Agama Islam Kediri. Tyashapsari, M. W. E., & Zulkarnain, A. karim. (2012). Penggunaan obat pada pasien hipertensi di instalasi rawat inap rumah sakit umum pusat dr. Kariadi semarang. Majalah Farmasetika, 8(2), 150. https://jurnal.ugm.ac.id/majalahfarmaseutik/article/download/24068/15748 Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Wahyuni, David eksanoto. (2013). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin dengan Kejadian hipertensi di Wilayah kerja puskesmas Pucangsawit Surakarta.Vol.1, No.1 jurnal keperawatan Indonesia. WHO. (1994). World Health Organization Quality of Life. WHO Word Health Organization. (2015). Word Health Statistik. Word Health Organization. (2019). Health Topic Hypertension.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3925
dc.description.abstractLatar Belakang : Lansia atau lanjut usia merupakan kolompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya. Penduduk lanjut usia akan mengalami proses penuaan secara terus menerus dengan ditandai menurunnya daya tahan fisik sehingga rentan terhadap serangan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. lansia cenderung memiliki status resiko Kardiovaskular absolute lebih tinggi, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan tekanan darah tinggi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah bentuk kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 responden adalah lansia yang mengalami tekanan darah tinggi di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. Analisis meliputi univariat dan bivariat menggunakan rumus Chi Square. Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariat menggunakan motode Chi –Square menunjukan bahwa nilai p - value = 0.000 < α = 0,05 sehingga H0 ditolak artinya Ada hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan tekanan darah tinggi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectTingkat Pendidikanid_ID
dc.subjectTekanan Darah Tinggiid_ID
dc.titleHubungan Tingkat Pendidikan dengan Tekanan Darah Tinggi pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarindaid_ID
dc.title.alternativeRelationship between Education Level and High Blood Pressure in The Elderly at Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record