PENGARUH LATIHAN PASSING BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran passing bawah melalui latihan passing berpasangan terhadap keterampilan passing bawah pada siswa kelas IXA di SMP IT MADINA. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di kelas IXA, 25 dari 30 siswa belum menguasai teknik dasar bola voli terutama teknik passing bawah. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Sampel dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas IXA di SMP IT MADINA berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes passing bawah ke dinding (Brumbach forearm pass wall-volley test) selama 60 detik. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh latihan passing berpasangan terhadap keterampilan passing bawah siswa kelas IXA di SMP IT MADINA. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan setelah diberikan treatment berupa passing berpasangan. Pre-test menghasilkan skor rata-rata 13,4 (kategori kurang). Setelah diberikan treatment, post-test menghasilkan peningkatan skor menjadi 24,31 (kategori baik). Disimpulkan terdapat pengaruh metode latihan passing berpasangan terhadap keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas IXA di SMP IT MADINA.