Hubungan antara Peran Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas 6 Selama Pembelajaran Online di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga
Abstract
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan pola komunikasi, interaksi dan aktivitas sosial pada anak usia sekolah. Perubahan ini didasari oleh kebijakan pemerintah yang menerapkan PPKM yang berdampak pada perkembangan sosial. Siswa kelas 6 di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga sebanyak 8 dari 15 mengalami penurunan dalam berinteraksi dengan orang lain serta 7 dari 15 orang tua yang tidak mendukung selama pembelajaran online. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dan perkembangan sosial siswa kelas 6 selama pembelajaran online di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga. Metode: Penelitian ini menggunakan design retrospektif pada siswa kelas 6 sebanyak 41 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi melalui teknik stratified random sampling dengan instrumen penelitian berupa kuesioner kemudian dianalisis menggunakan uji Chi square. Hasil Penelitian: Hasil uji Chi square p-value sebesar 0,015 ≤ 0,05 artinya terdapat hubungan antara peran orang tua dengan perkembangan sosial siswa selama pembelajaran online di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga. Kesimpulan: Orang tua sangat penting dalam perkembangan sosial anak selama masa pandemi, sehingga peneliti berharap orang tua dapat mengembangkan perannya sebagai role model untuk perkembangan anak.