Show simple item record

dc.contributor.authorRizal Nursadi, Muhammad
dc.date.accessioned2024-04-03T01:40:23Z
dc.date.available2024-04-03T01:40:23Z
dc.date.issued2023-07-07
dc.identifier.citationAfifah, L., Maryoto, M., & Susanto, A. (2021). Hubungan Tingkat Stres Ibu dengan Perilaku Kekerasan pada Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM), 216–225. Agustin, Maunaturrohmah, R. (2018). Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak. 1–23. Andhini, A. S. D., & Arifin, R. (2019). Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Tindak Kekerasan pada Anak di Indonesia. Ajudikasi : Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), 41. https://doi.org/10.30656/ajudikasi.v3i1.992 Angriani, S., & Baharuddin. (2020). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2), 102–106. Ardinata, M., Soetjiningsih, S., Windiani, I. G. A. T., Adnyana, I. G. A. N. S., & Alit, I. B. P. (2019). Karakteristik anak yang mengalami child abuse dan neglect di RSUP Sanglah, Denpasar, Indonesia tahun 2015-2017. Intisari Sains Medis, 10(2), 436–441. https://doi.org/10.15562/ism.v10i2.404 Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8. https://osf.io/m3qxs Astutik, E. F. (2021). Hubungan Antara Study From Home (SFH) Dengan Tingkat Stres Anak Usia Sekolah. Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601 Ayu, D. M. (2021). Hubungan Study From Home (Sfh) Terhadap Fenomena Child Abuse Yang Dilakukan Orangtua Kepada Anak Usia 6-12 Tahun Pada Masa …. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2847 Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421 Chandra, D. S. (2021). Pengaruh Debt To Asset Ratio, Return On Asset Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesiaperiode 2015-2019. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 99–108. https://doi.org/10.30596/jakk.v4i1.6906 Dewi, A. K., & Sutejo. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Kekerasan pada Anak Usia Sekolah di Dusun Kwarasan Gamping Sleman Yogyakarta. 9. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34575/1/Sururin-FITK Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku. 73–79. Emilda, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kekerasan Pada Anak Di Paud Anak Musi Palembang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 8(16), 97–108. Farhan, Z. (2019). verbal abuse, Anak,Orang Tua Faktor - faktor Yang Melatarbelakangi Orang Tua Melakukan Verbal Abuse Pada Anak Usia Sekolah 6 - 12 Tahun Di Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan Malang, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.36916/jkm.v3i2.70 Fataruba, R., Purwatiningsih, S., & Wardani, Y. (2017). Hubungan Pola Asuh Dengan Kejadian Kekerasan. Ict, 79, 7–12. Fatimawati, I., & Anggraeni, S. P. (2014). Hubungan status ekonomi keluarga dengan kejadian kekerasan pada anak (Child abuse) di komunitas anak jalanan Kota Mojokerto. Medica Majapahit, 6(2), 1–11. Fatmasari, Y., & Kurniawan, L. A. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(1), 36–45. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.726 Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871 Festi Mustofa Ladyani, Husna Ismalia, Anggraini Marisa, P. A. R. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Kepatuhan Penerapan 3M Dalam Rangka Pencegahan Covid-19 Di RT 11 RW 12 Jatinegara Jakarata Timur. 12(1), 187–193. Fitriana, Pratiwi, S. (2015). Faktor - faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Melakukan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Pra-Sekolah. 14, 81–93. Fitriana, Y., Pratiwi, K., & Sutanto, A. V. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Melakukan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 81–93. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.81-93 Hamdani, R. (2019). Pengaruh Tipe Pola Asuh dan Penerimaan Sosial Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja. In Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4779 Hastuti, R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stress Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 82–91. https://doi.org/10.35952/jik.v8i2.152 Hazjahra Siti. (2021). Citra Perempuan Dan Kekerasan Gender Dalam Novel 50 Riyal Sisi Lain TKW Indonesia Di Arab Saudi Karya Deny Wijaya. 1, 56–66. Indrayati, N., & PH, L. (2019). Gambaran Verbal Abuse Orangtua pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1), 9. https://doi.org/10.32584/jika.v2i1.220 Iqomh, M. K. B., Susanti, Y., & Pratiwi, E. N. (2019). Status Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Kejadian Verbal Abuse pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1), 34. https://doi.org/10.32584/jika.v2i1.127 Kandar, K., & Iswanti, D. I. (2019). Faktor Predisposisi dan Prestipitasi Pasien Resiko Perilaku Kekerasan. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 149. https://doi.org/10.32584/jikj.v2i3.226 Khairiah, K. (2021). Mengenal Karakteristik Pemustaka Usia Sekolah Dasar Guna Membangun Hubungan Interpersonal dengan Pustakawan. Libria. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/10972 Komaria, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kebidanan Besurek, 5(2), 71–77. Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594 Lestarini, R. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Handayani Sungguminasa (Issue September). Lo, C. K. M., Ho, F. K., Wong, R. S., Tung, K. T. S., Tso, W. W. Y., Ho, M. S. P., Chow, C. B., Chan, K. L., & Ip, P. (2019). Prevalence of child maltreatment and its association with parenting style: A population study in Hong Kong. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(7). https://doi.org/10.3390/ijerph16071130 Makagansa, A. T., Makahaghi, Y., & Mahihody, A. J. (2018). Gambaran Pengetahuan Orang Tua Tentang Kekerasan Pada Anak Di Kampung Beeng. Jurnal Ilmiah Sesebanua, 2(1), 14–19. Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122 Maknun, L. (2018). Kekerasan Terhadap Anak Oleh Orang Tua Yang Stress. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2), 117–124. https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7565 Maryam, S. (2017). 902-2272-1-Pb. 16, 1–7. Masturoh, I., & T. Nauri Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Maulid. (2021). Pengertian Analisis Data dengan Korelasi Rank Spearman. https://dqlab.id/simak-pengertian-analisis-data-dengan-korelasi-rank-spearman Mentari, T. S. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Pola Asuh Ibu Balita Stunting. Doctoral Dissertation, UNNES, 1–73. https://lib.unnes.ac.id/36438/ Merdaleni, I. R. A., Asmawati, A., Mardiani, M., & ... (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Di Smp Negeri 21 Kota Bengkulu Tahun 2019. http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/1670/ Muliawati, D., & Fatmawati, E. (2020). The Identification of Violence Toward Elementary School Children During Covid-19 Pandemic Violence. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(2), 257–267. http://jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/132 Nilia Yuni. (2022). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Persepsi Putus Sekolah Di Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Nursalam. (2020). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 5 (P. P. Lestari (ed.)). Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share : Social Work Journal, 11(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642 Nurwita, A., Nurfitriani, E., & Yuniarti, S. (2020). Hubungan Status Ekonomi Dan Pandangan Posisi Anak Dengan Sikap Orang Tua Terhadap Kekerasan Pada Anak. Jurnal Kesehatan, 8(1), 955–960. https://doi.org/10.38165/jk.v8i1.103 Oktaverina, S. (2021). Perbedaan Resiliensi Individu Dengan Status Sosial Ekonomi Rendah Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2), 280–286. https://doi.org/10.23887/jibk.v12i2.34210 Perdani, M. S., & Hasibuan, A. K. (2021). Analisis Informasi Tanaman Herbal melalui Media Sosial ditengah Masyarakat pada Pandemi Covid-19 : Sebuah Tinjauan Literatur. Bencoolen Journal of Pharmacy, 1(1), 11–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/bjp/article/download/15589/7585 PH, L., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2021). Adakah hubungan kekerasan fisik dan verbal orang tua dengan perkembangan psikosisoal anak usia sekolah? Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 201–214. https://www.journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/991 Prasetio, R. A., & Lubis, Y. F. A. (2022). Analisis Perbandingan Sistem Pendukung Keputusan Pada Rentang Kelompok Usia Pasien Di Puskesmas Menggunakan Metode Weight Product Dan Topsis. Snastikom. https://prosiding.snastikom.com/index.php/SNASTIKOM2020/article/download/18/13 Pratiwi, I., Hastuti, D., & Muflikhati, I. (2018). Penyesuaian Keluarga, Pengasuhan, Kekerasan dalam Pengasuhan, dan Agresivitas pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 181–193. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.181 Prawestiningtyas, E. (2017). Kekerasan Pada Anak dan Aspek Medikolegal. Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia-Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan 2017 Proceeding Annual Scientific Meeting 2017 KProsiding Pertemuan Ilmiah Tahunan 2017, 106. Purnamasari, D. A., & Herfanda, E. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Pengetahuan Tentang Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Aisyiyah Khadijah Bangunjiwo Timur Kasihan Bantul. Jurnal Kesehatan Prima, 13(1), 68. https://doi.org/10.32807/jkp.v13i1.217 Purwadio, H., & Wirawan, P. (2016). Variabel Prioritas Pengembangan Sentra Industri Batik di Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Jurnal Teknik ITS, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i1.13789 Puspitasari, F. (2017). Kekerasan Verbal Terhadap Kecemasan Pada Siswa-Siswi Sd Negeri 2 Ngemplak Relationship Between Physic and Verbal Abuse Towards Anxiety in Students of Elementary. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33175 Reform, J. A., Zulfiani, D., & Kondorura, O. (2018). 1908-4996-1-Sm. 6(3), 141–152. Restia, V., & Arifin, R. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Anak Sebagai Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Nurani Hukum, 2(1), 23. https://doi.org/10.51825/nhk.v2i1.5018 Rofiq Aunur Muhammad. (2016). Profil Orang Tua Ideal Dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Mahasiswa PAI Angkatan 2011 UIN Walisongo Semarang. In Revista CENIC. Ciencias Biológicas (Vol. 152, Issue 3). file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec. Sari, Y. K., Putra, Y., Kerja, W., & Guguk, P. (2014). Hubungan kejadian verbal abuse orang tua terhadap anak dengan perkembangan kognitif anak usia pra-sekolah di kelurahan tarok dipo wilayah kerja puskesmas guguk panjang bukittinggi tahun 2014. 5(2), 47–58. Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346 Sholiha, S., Fadholah, A., & Artanti, L. O. (2019). Tingkat Pengetahuan Pasien Dan Rasionalitas Swamedikasi Di Apotek Kecamatan Colomadu. Pharmaceutical Journal of Islamic Pharmacy, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.21111/pharmasipha.v3i2.3397 Sultan, M., Sunardi, & Abu, I. (2021). Jurnal Sosialisasi Jurnal Sosialisasi. Jurnal Sosialisasi, 8(1), 39–46. http://apium.um.edu.my/journals/journal_usul/No_Usul.php Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Badan Pusat Statistik (BPS). In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3). Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872 Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 109. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245. Widowati, E & Cahyati, W. . (2019). Kejadian Kekerasan Terhadap Anak Tenaga Kerja Indonesia Di Kabupaten Kendal. 12(1), 65–98. Wijoyo, H. (2020). Implementasi Mett Ā Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di. Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(March), 1–13. https://www.researchgate.net/profile/Hadion-Wijoyo/publication/344804871_Implementasi_Metta_Sutta_Terhadap_Metode_Pembelajaran_Di_Kelas_Virya_Sekolah_Minggu_Sariputta_Buddhies/links/5f91313a92851c14bcdb1ed4/Implementasi-Metta-Sutta-Terhadap-Metode-Pembela Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230 Yulianta, Y., Muldani, V., Nurjaya, N., Suratminingsih, S., & Wijandari, A. (2022). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividen Pay Out Ratio Yang Berdampak Pada Return on Asset Pada Pt. Mandom Indonesia, Tbk Di Cibitung Periode 2010-2020. Jurnal Neraca Peradaban, 2(1), 62–72. https://doi.org/10.55182/jnp.v2i1.95 Yuliawan, K. (2021). Pelatihan SmartPLS 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 43–50. Yulita, R., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Ilmu, D. A. N., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2014). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak balita di posyandu sakura ciputat timur. Zamrodah, Y. (2020). Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di Kober Al-Hikmah Sindangrasa Ciamis) (Vol. 15, Issue 2).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3959
dc.description.abstractLatar Belakang : Kekerasan anak adalah segala suatu tindakan maupun perbuatan kekerasan dilakukan dengan sengaja yang dapat menyebabkan kerugian dan bahaya terhadap anak-anak dalam bentuk penyiksaan fisik, emosional, pelecehan seksual, atau kelalaian terhadap anak. Faktor – faktor yang mempengaruhi terjadinya kejadian kekerasan adalah status ekonomi, pola asuh orang tua, sikap orang tua, pengetahuan, dan tingkat stress orang tua Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan status ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap kejadian kekerasan pada anak usia sekolah di Wilayah Sungai Kunjang Kota Samarinda. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling dengan jumlah 182 orang tua wali murid di SDN 019 dan SDN 004 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian : Didapatkan mayoritas responden berusia 35 – 44 sebanyak (44,8%), berjenis kelamin perempuan sebanyak (68,1%), berpendidikan SLTA/sederajat sebanyak (56,6%), IRT sebanyak (48,4%), berpenghasilan < UMR sebanyak (50,5%). Pada uji bivariat menggunakan Spearman Rank dengan hasil status ekonomi 0,84 dan pola asuh 2,13. Kesimpulan : Keeratan hubungan antara variabel status ekonomi terhadap kejadian kekerasan sangat kuat dan keeratan hubungan antara variabel pola asuh orang tua terhadap kejadian kekerasan sangat rendah.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKejadian Kekerasanid_ID
dc.subjectStatus Ekonomiid_ID
dc.subjectPola Asuh Orang Tuaid_ID
dc.titleHubungan Status Ekonomi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kejadian Kekerasan pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Sungai Kunjang Kota Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Correlation Between Parent’s Economic Status and Parenting Type Towards Incident of Children Violence In Elementary School Student In The Kunjang River Area Samarinda Cityid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record