Show simple item record

dc.contributor.authorZaitul Zahria Adha, Rafina
dc.date.accessioned2024-04-03T01:46:21Z
dc.date.available2024-04-03T01:46:21Z
dc.date.issued2023-07-05
dc.identifier.citation(DP2PA), D. P. P. dan P. anak. (2022). Data Kasus Kekerasan. EnterWind. https://dp2pa.samarindakota.go.id/statistik DP3AK. (2021). (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan) Bentuk Kekerasan Pada Anak Dan Dampaknya. https://dp3ak.jatimprov.go.id/berita/link/21 Afifah, L., Maryoto, M., & Susanto, A. (2021). Hubungan tingkat stres ibu dengan perilaku kekerasan pada anak usia sekolah dasar selama pandemi covid-19. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM), 216–225. Anggreani, D., Fujiana, F., & Hafizah, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Kekerasan Seksual Oleh Remaja Di Lapas Anak Pontianak. Jurnal Prones, 4(1), 4–5. https://bit.ly/3nM6Sk6 Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak Nyoman. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1), 69–78. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:bkuzIot5Rl0J:https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/download/1833/1537&cd=11&hl=ban&ct=clnk&gl=id Astuti, W. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Playground Cafe Di Yogyakarta. 154115377, 1–95. Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421 Emilda, s. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Kekerasan Pada Anak Di Paud Anak Musi Palembang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Dan Perkembangan, 8 (16), 97–108. Emilda, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kekerasan Pada Anak Di Paud Anak Musi Palembang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 8(16), 97–108. Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. Fai. (2022). Metode Kuantitatif. UMSU. https://umsu.ac.id/metode-kuantitatif-adalah/ Farhan, Z. (2019a). Verbal abuse, Anak, Orang Tua Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Orang Tua Melakukan Verbal Abuse Pada Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun di Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan Malang. Farhan, Z. (2019b). verbal abuse, Anak,Orang Tua Faktor-faktor yang melatarbelakangi Orang Tua Melakukan Verbal abuse Pada Anak Usia sekolah 6-12 Tahun di Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan Malang, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.36916/jkm.v3i2.70 Fataruba, R., Purwatiningsih, S., & Wardani, Y. (2014). Hubungan Pola Asuh Dengan Kejadian Kekerasan Terhadap Anak Usia Sekolah (6-18 Tahun) Di Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 3(3), 168–173. https://doi.org/10.12928/kesmas.v3i3.1106 Fitri, R. (2020). Desain Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Poltekkesbandung.Ac.Id, 39–53. Fitriana Yuni, P. K. (2018). Kekerasan Terhadap Anak Oleh Orang Tua Yang Stress. Media Komunikasi Islam. Ganesha, M. H. R. E. (2020). Pengasuhan Positif. Hidayati, L. N., & Harsono, M. (2021). Tinjauan literatur mengenai stres dalam organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30. https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/39339/15281 Humaira, M. (2020). Pengaruh Parenting Stres Terhadap Tindakan Kekerasan kepada Anak. Skripsi, 1–84. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4851/1/SKRIPSI MEYLINDA.pdf Huzuwah, H., Ichsan, A. S., & Yunianta, R. D. (2021). Strategi Membangun Karakter Anak Usia Sekolah Dasar (Telaah Kritis Buku “Alhamdulillah Anakku Nakal” Karya Miftahul Jinan dan Choirus Syafruddin). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 78–96. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.53 Indika, L M & Rokhanawati, D. (2017). Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Perilaku Kekerasan Verbal Pada Anak. Indika, L. M., & Rokhanawati, D. (2017). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Perilaku Kekerasan Verbal Pada Anak. 13(2), 104–110. Indraini, D. N., Setyowati, W. E., & Febriana, B. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Kekerasan Pada Remaja. 000(September), 279–285. Indrianto. (2019). Kekerasan Pada Anak Usia Dini. EJournal, 15–52. Kastutuk, R. P. (2019). Gambaran Perilaku Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 07 Ikur Koto Kec. Koto Tengah. Khairati S. (2019). Efektifitas Komik Terhadap Self Efficacy Upaya Pencegahan Kekerasan Pada anak Usia Sekolah. Jurnal Care. Khairiah, K. (2021a). Megenal Karakteristik Pemustaka Usia Sekolah Dasar Guna Membangun Hubungan Interpesonal dengan Pustakawan. Libria. Khairiah, K. (2021b). Mengenal Karakteristik Pemustaka Usia Sekolah Dasar Guna Membangun Hubungan Interpersonal dengan Pustakawan. Libria. KPAI. (2021). KPAI: Aduan Anak Jadi Korban Kekerasan Fisik Mendominasi pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/27/kpai-aduan-anak-jadi-korban-kekerasan-fisik-mendominasi-pada-2021 Latifah & Khoiriah, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Dengan Kekambuhan Pada Klien Perilaku Kekerasan. Stikes Khadijah Palembang, 8(2527–3698), 39–44. Lo, C. K. M., Ho, F. K., Wong, R. S., Tung, K. T. S., Tso, W. W. Y., Ho, M. S. P., Chow, C. B., Chan, K. L., & Ip, P. (2019). Prevalence of child maltreatment and its association with parenting style: A population study in Hong Kong. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(7). https://doi.org/10.3390/ijerph16071130 Makagansa, A T., Makahaghi, Y., Mahihody, A. J. (2018). Gambaran Pengetahuan Orang Tua Tentang Kekerasan Pada anakdi Kampung beeng. Jurnal Ilmiah Sesebanua. Makagansa, A. T., Makahaghi, Y., Mahihody, A. J., Data, M., & Vision, W. (2018). Gambaran pengetahuan orang tua tentang kekerasan pada anak di kampung beeng. Vol 2 No 1 (2018) : Jurnal Ilmiah Sesebanua, 14–19. Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak. YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122 Maknun, L. (2018). Kekerasan Terhadap Anak Oleh Orang Tua Yang Stress. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2), 117–124. https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7565 Margani, S. S. (2018). Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak: Profil Gender Tematik. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1–62. Margareta, T. S., & Jaya, M. P. S. J. (2020). Kekerasan Pada Anak Usia Dini (Study Kasus Pada Anak Umur 6-7 Tahun di Kertapati). Wahana Didaktika, 18(2), 171–180. Maulid, R. (2021a). Pengertian analisis data dengan analisis korelasi spearman rank. Maulid, R. (2021b). Pengertian Analisis data dengan analisis Korelasi Spearman Rank. Mentari, T. S. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Pola Asuh Ibu Balita Stunting. Doctoral Dissertation, UNNES, 1–73. https://lib.unnes.ac.id/36438/ Merdaleni, I. R. A. (2019). Hubungan Pola asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu tahun 2019 Perilaku Bullying Provinsi Bengkulu. Muhson M.Pd., A. (2020). Teknik pengumpulan data proses penelitian jenisnya : jenisnya : 1–22. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/03+Teknik+Pengumpulan+Data.pdf Muliawati, D., & Fatmawati, E. (2020). Identifikasi Tindakan Kekerasan Terhadap Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Coid-19. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(2), 257–267. http://jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/132 Mustofa, L., Ismalia Husna, Anggraini, M., & Putra, R. A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Kepatuhan Penerapan 3M Dalam Rangka Pencegahan Covid-19 di Rt 11 Rw 12 Jatinegara Jakarta Timur. Jurnal Medika Malahayati, 1(1), 102–108. Mutia. (2021). Characteristic Of Children Age Of Basic Education. FITRAH, 4(1), 88–100. Mutiara, S. N. & Z. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Kekerasan Pada Remaja. Widya Husada Nursing Conference, 1, 1–7. P2TP2A. (2022). Data Kasus Kekerasan Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A). Https://Dp2pa.Samarindakota.Go.Id/Statistik Pangaribuan, H., Supriadi, S., Arifuddin, A., Jurana, J., Supetran, I. W., Patompo, F. D., & Lenny, L. (2022). Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(1), 52–67. https://doi.org/10.56338/jks.v5i1.2187 Perdani, M. S., & Hasibuan, A. K. (2021). Analisis Informasi Tanaman Herbal Melalui Media Sosialditengah Masyarakat pada Pandemi Covid-19 : Sebuah Tinjauan Literatur. Bencoolen JOurnal Of Pharmacy, 1(1), 11–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/bjp/article/download/15589/7585 Praftini, Made Rismawan, N. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Tentang Kekerasan Pada Anak di Kelurahan Renon Denpasar Selatan. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, VOL. 5 2 H. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results Pratama, D. F. (2022). Mengenal Toxic Parenting pengasuhan yang buruk terhadap anak. BINUS Univercity. Prawestiningtyas, E. (2017). Kekerasan Pada Anak dan Aspek Medikolegal. Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia-Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan 2017 Proceeding Annual Scientific Meeting 2017 KProsiding Pertemuan Ilmiah Tahunan 2017, 106. Priyoto, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227 Purwadio, H., & Wirawan, P. (2016). Variabel Prioritas pengembangan Sentra Industri Batik di Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Urnal Teknik. Purwadio, H., & Wirawan, P. (2016). Variabel Prioritas Pengembangan Sentra Industri Batik di Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Jurnal Teknik ITS, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i1.13789 Puspitasari, F. (2017). Kekerasan Verbal Terhadap Kecemasan Pada Siswa-Siswi Sd Negeri 2 Ngemplak Relationship Between Physic and Verbal Abuse Towards Anxiety in Students of Elementary. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33175 R, F., S, P., & Y, W. (2017). Hubungan Pola Asuh Dengan Kejadian Kekerasan Terhadap Anak Usia Sekolah (6-18 Tahun) di Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara. Ict, 79, 7–12. Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8.i1.p103-111.2019 Rofiq, M. A. (2016). Profil Orang Tua Ideal Dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Mahasiswa PAI Angkatan 2011 UIN Walisongo Semarang. UINWS. Romadhoni, D. (2019). Fungsi Orang Tua Dalam Pencegahan Perilaku Seks Bebas Pada Remaja di Dukuh Kleco, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. 66, 37–39. Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145. Saputri, S. R. A., & Safitri, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Islam terpadu. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 225–264. Setiyawan. (2013). Peranan Orang Tua dalam Membina Ibadah Sholat Wajib Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Sholiha, S., Fadholah, A., & Artanti, L. O. (2019). Tingkat Pengetahuan Pasien Dan Rasionalitas Swamedikasi Di Apotek Kecamatan Colomadu. Pharmaceutical Journal of Islamic Pharmacy, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.21111/pharmasipha.v3i2.3397 Simponi PPA. (2021). Data Simponi PPA 2021, Terdata 513 Orang Korban Kekerasan. Diskominfo Kaltim. Sitti Anggraini1), M. F. A. (2022). Hubungan Parenting Stress Dengan Perilaku Kekerasan Pada Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2747–2754. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41. Sururin. (2019). Kekerasan Pada Anak (Perspektif Psikologi). Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 3. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34575/1/Sururin-FITK Suryanto, D. (2005). Etika Penelitian. Berkala Arkeologi, 25(1), 17–22. https://doi.org/10.30883/jba.v25i1.906 Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 109. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm Wijayanti, M. (2021). Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Usia Sekolah. EJournal, 4–11. Yulia, Y. (2019). Strategi yang digunakan dalam penelitian : Strategi Asosiatif. STIE, 2007, 45–61. Yulita, R. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Balita di Posyandu Sakura Ciputat Timur. Jurnal Kesehatan UIN Ciputat. Yustika, N. F. (2021). Hubungan Karakteristik Psikologis Dengan Tingkat Stress Remaja di Pesantren Kabupaten Magelang Tahun 2020. Jurnal Kesehatan. Zinduka, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Remaja. 1–109. https://repo.unikadelasalle.ac.id/167/1/PERPUSDLSU.pdfid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3960
dc.description.abstractLatar Belakang : Kekerasan anak adalah setiap perbuatan yang dilakukan secara sengaja dan mengakibatkan penderitaan bagi anak berupa penyiksaan fisik, emosional, seksual, maupun psikologis. Kejadian kekerasan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya pola asuh tingkat stress orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan pola asuh dan tingkat stress orang tua terhadap kejadian kekerasan pada anak usia sekolah di Wilayah Sungai Kunjang Kota Samarinda. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling pada 182 orang tua yang memiliki anak usia sekolah di SDN 019 dan SDN 004 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer dengan menggunakan kuisioner, pada uji bivariate menggunakan Spearman Rank. Hasil : Mayoritas responden berusia 35 – 44 sebanyak 82 (44,8%), perempuan 124 (68,1%), pendidikan SLTA/sederajat 103 (56,6%), ibu rumah tangga 88 (48,4%), pendapatan <3.201.396,04 (UMR) sebanyak 92 (50,5%). Dari hasil analisis spearman rank didapatkan hasi uji spearman rank ada hubungan yang sangat lemah antara pola asuh orang tua dengan kejadian kekerasan pada anak usia sekolah (r = 0,213) keeratan hubungan yang sangat lemah dan menunjukan arah negative antara tingkat stress orang tua terhadap kejadian kekerasan (r = -0,112). Kesimpulan : Ada hubungan pola asuh orang tua terhadap kejadian kekerasan pada anak usia sekolah di Wilayah Sungai Kunjang Kota Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKekerasanid_ID
dc.subjectPola Asuhid_ID
dc.subjectStressid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh dan Tingkat Stress Orang Tua Terhadap Kejadian Kekerasan pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Sungai Kunjang Kota Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Correlation Parenting Style and Parental Stress Level Towards Incidences of Children Violence in Elementary School Student In The Kunjang River Area, Samarinda Cityid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record