Show simple item record

dc.contributor.authorMalik Febrianto, Ahmad
dc.contributor.authorPratiwi, Rahmawati
dc.date.accessioned2024-06-06T02:26:50Z
dc.date.available2024-06-06T02:26:50Z
dc.date.issued2023-12-06
dc.identifier.citationAjhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. In Lukman (Ed.), Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (1 ed.). Penebar Media Pustaka. Aninda, Y. H., Agita, T. T., Nuha, H. D., & Prameswara, D. (2019). Upaya Peningkatan Pengetahuan Hipertensi melalui Media Booklet, Leaflet danSeminar di Kelurahan Kunden. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021, 86–99. http://hdl.handle.net/11617/12472 Ardiansyah. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja : Permasalahan dan Upaya Pencegahan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 199 https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/29/kesehatan-reproduksi-remaja permasalahan-dan-upaya-pencegahan Arribathi, A. H., Saryani, & Haris. (2019). Perancangan Aplikasi Smart Seminar Dan Workshop Berbasis Website. Cerita, 5(2), 156–164. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409 Aryansyah, K., & Sidik, R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penyelenggaraan Event Lokakarya dan Seminar (Studi Kasus: UNIKOM Bandung). Jurnal Teknologi dan Informasi, 10(2), 116–128. https://doi.org/10.34010/jati.v10i2.3029 Darman, N. A., & Rinaldi. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Konformitas pada Mahasiswa yang Berorganisasi. Jurnal Psikologi Sosial, 3, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6583 Fadilah, M., Pariyana, P., Ningsih, W. I. F., Berlin, O., Azlin, A. W., & Syakurah, R. A. (2020). Pengaruh Seminar Online Terhadap Pengetahuan Dalam Meningkatkan Imunitas Untuk Menghadapi Covid-19 Dan Persepsi Mengenai New NormalPada Masyarakat Awam. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 134–149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v6i2 Garfolo, B. T., Kelpsh, E. P., Phelps, Y., & Kelpsh, L. (2016). The Use of Course Embedded Signature Assignments and Rubrics in Programmatic Assessment.Academy of Business Journal, 1(1), 8–20. Haladyna, T. M., & Rodriguez, M. C. (2013). Developing and validating test items. In Developing and Validating Test Items. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203850381 Helsa, Y., & Arlis, S. (2020). SEMINAR KE SD-AN (Dalam Pendidikan Tinggiuntuk Penulisan Skripsi dan Tesis) (1 ed.). CV BUDI UTAMA. Huriati, & Hidayah, N. (2016). Krisis Identitas Diri pada Remaja. Sulesana, 10(1),49–62. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/.v10i1.1851 Jannah, M., & Satwika, Y. W. (2021). Pengalaman Krisis Identitas Pada Remaja Yang Mendapatkan Kekerasan Dari Orangtuanya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 51– 59.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/search/search Lina, E. S., Butar-Butar, R. D., & Zega, M. M. (2019). Kriteria Guru Pak Dalam Membentuk Jati Diri Remaja Usia 12 - 15 Tahun. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 4(2), 25–33. https://osf.io/preprints/23cbv/ Mappeware, A. M., Jonathan, F. M., Nugroho, L. T., Asnul, L. A., & Permadi, R. (2021). Ekeftivitas Seminar Potensi Diri Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Potensi Diri Siswa SMA Negeri 17 Makassar. J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 26– 32. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226 Martini, N. A. (2014). Psikologi: Definisi, Sejarah, dan Metode. In Jurusan Psikologi (hal. 1– 30). Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam, 26(1), 60–75. 200 Nisa, A. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 102. https://doi.org/10.22373/je.v4i2.3282 Pawestri, R. I. N., & Uyun, Z. (2018). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66845 Saputra, W. H. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Modifikasi Alat Bantu Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lompat Jauh Di SMP Negeri 1 Cilimus. [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/28519 Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362 Soedjatmiko, S., Gunardi, H., Sekartini, R., Medise, B. E., Johnson, I., Wibowo, Y., & Basrowi, R. W. (2018). Efektivitas Seminar pada Perubahan Sikap Ibu dalam Pemberian Dukungan Nutrisi dan Stimulasi selama Pemantauan Tumbuh Kembang. Sari Pediatri, 19(4), 201. https://doi.org/10.14238/sp19.4.2017.201-8 Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D (19 ed.). CV. Alfabeta. Sutia Sari, R. (2020). Self Identity Pada Remaja Penggemar Korean Wave Di Komunitas Hansarang Club Palembang. [Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang]. Suwarno, S., & Aeni, C. (2021). Pentingnya Rubrik Penilaian Dalam Pengukuran Kejujuran Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 161. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2364 Syarifuddin, F. M. (2018). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Mengganggu Siswa SMK Perguruan Islam Republik Indonesia (PIRI) 3 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(8),364. Umami, I. (2019). Psikologi Remaja Repository. In IDEA Press Yogyakarta. IDEA Press Yogyakarta. Widyastuti, I., Rachmawati, T. S., & Kurniasih, N. (2014). Kebutuhan Informasi Gaya Hidup Remaja Tentang Fashion Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Bekasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(2), 81–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkip.v2i2.11642id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3998
dc.description.abstractJati diri ialah kondisi psikologis secara menyeluruh mengakibatkan seseorang dapat menerima dirinya, memiliki adaptasi serta tujuan dalam menentukan hidup dan keyakinan diri ketika mempertimbangkan beberapa hal. Seminar merupakan kegiatan ilmiah yang melibatkan audiens nya secara aktif dalam menjelajah pengetahuan. Metode asessmen wawancara dilakukan untuk menyesuaikan materi yang dibawakan dengan kondisi lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode pre-test post test dan format evaluasi materi. Analisis data menggunakan analyzed descrptive statistics serta nonparametic test Wilcoxon menggunakan software IBM SPSS statistics versi 22. Dari hasil analisis dengan nilai p value 0.000 (<0.05) dikemukakan terdapat peningkatan pemahaman mengenai jati diri secara signifikan yang berarti seminar dapat dikatakan sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan pemahaman mengenai jati diriid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUMKT Pressid_ID
dc.subjectJati diriid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.subjectSeminarid_ID
dc.titlePSIKOEDUKASI SEMINAR “MENCARI JATI DIRI PADA REMAJA” DIMADRASAH ALIYAH AL USWAH KALIMANTAN TIMURid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record