Show simple item record

dc.contributor.authorISTIQAMAH, ISTIQAMAH
dc.date.accessioned2024-07-16T02:13:51Z
dc.date.available2024-07-16T02:13:51Z
dc.date.issued2023-07-16
dc.identifier.citationAbidin, R. R. (1992). The determinants of parenting behavior. Journal of clinical child psychology, 21(4), 407-412. Afifah, S. (2022, December). Hubungan Antara Kebersyukuran Dan Kebahagiaan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang. In Proceeding Conference on Genuine Psychology (Vol. 2, pp. 58-67) Aghababaei, Naser and Tabik, Mohammad Taghi. 2013. “Gratitude and mental health: differences between religious and general gratitude in a Muslim context.” Journal of Mental Health, Religion & Culture, 16, no. 8: 761-766. http://dx.doi.org/10.1080/13674676.2012.718754 Al- Munajjid, M.B.S. 2006. Silsilah Amalan Hati, Ikhlas, Tawakkal, Optimis, Takut, Bersyukur, Ridha, Sabar, Intropeksi Diri, Tafakkur, Mahabbah, Taqwa, Wara’. Bandung: Irsyad Baitus Salam. Albintary, R., Rahmawati, H., & Tantiani, F. F. (2018). Dukungan sosial dan parenting self-efficacy pada orang tua anak autism spectrum disorder di kota blitar. JPPP-Jurnal penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(1), 46-52. Al-Ghazali, Abu Hamed. (d. 505). (n.d.). Ihya’ ‘Ulum al-Din [Revival of Religious Knowledge]. Beirut: Dar Al-Ma’rifah. Ali, M., Gazadinda, R., & Rahma, N. (2020). Hubungan antara persepsi dukungan sosial dan resiliensi pada orang tua anak berkebutuhan khusus. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 102-110. Amelasasih, P. (2018). Resiliensi orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), 11(2), 72-81. Anggraini, D., & Palupi, L. (2020). Relationship between gratitude and psychological wellbeing around Lapindo Mudflow resident. E3S Web of Conferences, 153, 1–6. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202015303005 Asmarani, F. F., & Sugiasih, I. (2020). Kesejahteraan Psikologis pada Ibu yang Memiliki Anak Tunagrahita Ditinjau dari Rasa Syukur dan Dukungan Sosial Suami. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1, 45-58. Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, Saifuddin. 2017. Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Baron. R.A. & Byrne. D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Bartlett, M. Y., Condon, P., Cruz, J., Baumann, J., & Desteno, D. 2012. “Gratitude: Prompting Behaviours That Build Relationship” dalam Cognition and Emotion, 26 (1): 2 - 13. Chaplin, J. P. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.). Sage Publications, Inc. Danial, Endang dan Nanan Warsiah. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboraturium Pendidikan Kewarganegaraan Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain Dewi, L., & Nasywa, N. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi subjective well-being. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1 (1), 54-62. http://dx.doi.org/10.26555/jptp.v1i1.15129 Diener, E., & Tay, L. (2015). Subjective well-being and human welfare around the world as reflected in the Gallup World Poll. International Journal of Psychology, 50(2), 135-149. DOI: 10.1002/ijop.12136 Diener, E., Oishi, S., & Lucas, R.E. (2015). National accounts of subjective well-being. American Psychologist, 70 (3), 234-242. https://doi.org/10.1037/a0038899 Dkp3a.kaltimprov.co.id. (2019, Agustus). Di Kaltim Ada 3.230 ABK. Diakses pada 13 Desember 2022. Diunduh dari Di Kaltim Ada 3.230 ABK - Dinas Kependudukan, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (kaltimprov.go.id) Elizabeth B. Hurlock, 1980, Psikologi Perkembangan. Ciracas, Jakarta 13740. Emmons, R. A., & Crumpler, C. A. (2000). Gratitude as a human strength: Appraising the evidence. Journal of social and clinical psychology, 19(1), 56-69. Etzion. D. 1984. Moderating Effects of Social Support On the Stress Burn Out Relationship. Journal of Applied Psychology, 15, 157-75. Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 1(1). Fitzgerald, P. ( 1998 ). Gratitude and justice. Ethics, 109(1), 119-153. Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Hambali, A., Meiza, A., & Fahmi, I. (2015). Faktor-faktor yang berperan dalam kebersyukuran (gratitude) pada orangtua anak berkebutuhan khusus perspektif psikologi Islam. Psympathic: jurnal ilmiah psikologi, 2(1), 94-101 Haryanto, H. C., & Kertamuda, F. E. (2016). Syukur sebagai sebuah pemaknaan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2), 109-118. Hobfoll, S.E. (1986). Stress, social support and women: the series in clinical and community psychology. New York: Herpe & Row Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81. Johnson, D.W,& Johnshon, F.P. (1991). Being together group theory and group skill (7th ED). New Jersey: Prentice Hall Inc. Kandel. I., & Merrick. J (2007) The child with a disability: parental acceptance, management and coping. Journal The Scienti Kendall , H. (2011) Social Support Chapter 6. Junker : Property of Kendall Hund Publishing Co. Khasanah, N. (2018). Peran Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, pp. 260-266). Khasanah, N. (2018). Peran Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, pp. 260-266). Krause, N., Emmons, R. A., & Ironson, G. (2015). Benevolent images of God, gratitude, and physical health status. Journal of Religion and Health, 54(4), 1503–1519. Ladapase, E. M. (2021). Rasa Syukur Pekerja Harian Sektor Pariwisata pada Masa Pandemi Covid-19. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 156-164. Leedy, P.D. and Ormrod, J.E. (2005) Practical Research: Planning and Design. Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ. Listiyandini, R.A., Nadya, R., Sonia, L., & Nathania, A. (2015). Mengukur Rasa Syukur: Pengembangan Model Awal Skala Bersyukur Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat (Vol. 2. 473-496). Maziyah, F. I. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) NU Tuban (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2002). The grateful disposition: a conceptual and empirical topography. Journal of personality and social psychology, 82(1), 112. Mubarak. Umi.(2017). Korelasi Antara Kebersyukuran Terhadap Kecemasan Menghadapi Persalinan Pada Ibu Hamil Trimester Tiga Di Banjarmasin. Jurnal Psikologi, 13, 73-79. Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2016). Profil Anak Berkebutuhan Khusus di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Murisal, M., & Hasanah, T. (2017). Hubungan bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak Tunagrahita di SLB Negeri 2 Kota Padang. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 4(2), 81-88. Murisal, M., & Hasanah, T. (2017). Hubungan bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Kota Padang. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E - J o u r nal) , 4 (2) , 81 - 88. https://doi.org/10.24042/kons.v4i2.2176 Nazir, Moh. 2005. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40. Nura, A., & Sari, K. (2018). Kebersyukuran pada ibu yang memiliki anak be r kebu t uhan khusus. Jurna l Ecopsy, 5(2) ,73-80 . http://dx.doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5041 Orford, J. (1992). Community Psychology : Theory & Practice. London : John Wiley and Sons. Prabowo, A. (2018). Kebersyukuran dan kepuasan hidup pada orangtua dengan anak berkebutuhan khusus. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 23(1), 41-51. Pratiwi, N. I. (2021). Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diri Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Prayitno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Press. Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta : Medikom Putra, A. R., Anggreiny, N., & Sarry, S. M. (2019). Kebersyukuran pada orang tua anak berkebutuhan khusus. Jurnal Spirits, 10(1), 27-40. Putri, E. S., Suryani, K., & Daeli, N. E. (2021). Konsep Diri dan Resiliensi Orangtua yang Memiliki Anak Tunagrahita. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 6(1), 65-69. Putri, R. (2022). Problematika orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus: studi kasus di desa Rumbuk kecamatan Sakra kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, UIN Mataram). Rachmadi, A. G., Safitri, N., & Talitha, Q. A. (2019). Kebersyukuran: Studi komparasi perspektif psikologi barat dan psikologi islam. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psiklogi, 24(2), 115-128. Raggio, R. D., & Folse, J. Ag. (2009). Gratitude works: Its impact and the mediating role of afective commitment in driving positive outcomes. Journal of the Academy of Marketing Science, 37(4), 455. Rahmania, F. A., & Nashori, F. (2021). Mediator Syukur dan Sabar pada Dukungan Sosial dan Stres Tenaga Kesehatan selama Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 4(2), 81-94. Rahmitha. (2011). Orang Tua dengan Anak yang Berkebutuhan Khusus. Kementrian Pedidikan Nasional. Raihan. (2019). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta Rani, K., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64. Rash, J.A., Matsuba, M.K., Prkchin, K.M. (2011). Gratitude and well-being: Who benefits the most from a gratitude intervention?. Applied Psychology: Health and Well Being, 3 (3), 350-369. DOI:10.1111/j.1758-0854.2011.01058.x Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Parama Publishing. Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 40-53. Riadin, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2017). Karakteristik anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar negeri (inklusi) di kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1), 22-27. Robustelli, B. L., & Whisman, M. A. (2018). Gratitude and life satisfaction in the United States and Japan. Journal of happiness studies, 19(1), 41-55. Rothenberg, W. A., Pirutinsky, S., Greer, D., & Korbman, M. (2015). Maintaining a grateful disposition in the face of distress: The role of religious coping. Psychology of Religion and Spirituality, 8(2), 134-140. https://doi.org/10.1037/rel0000021 Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143-146. Salvador-Ferrer, C. (2017). Relación entre la gratitud y la satisfacción con la vida en una muestra de estudiantes españoles: el papel moderador del género. Anales de Psicología, 33(1), 114-119. Sarafino, Edward. P. Health Psychology: Biopsychososcialinteraction. Trenton State College: PT. Cakra Indah Pusaka Sitompul, M. P. (2019). Gambaran Gratitude Pada Ayah Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa. Snyder, C.R. & Lopez, S.J. (2002). Handbook of positive psychology. New York: Oxford University Press. Sucitra, E., Mar’at, S., & Tiatri, S. (2019). Penerapan gatitude journal untuk menurunkan gejala depresif pada penderita kanker: studi dengan ecological momentary assesment. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 123–137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3466 Sugiyono, D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta Sugiyono Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sujito, E., & Prihartanti, N. (2017). Dinamika penerimaan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYYAH SURAKARTA). Susilowati, A. T. (2007). Hubungan antara dukungan sosial dan tingkat stres orangtua dari anak autis. Tidak Dipublikasi [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Program Studi Psikologi Universitas Sanata Dharma. Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559-564 Takdir, M. (2017). Kekuatan terapi syukur dalam membentuk pribadi yang altruis: Perspektif psikologi qur’ani dan psikologi positif. Jurnal studia insania, 5(2), 175-198. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2012). Psikologi sosial edisi kedua belas. Jakarta: Kencana. Thoits. Social Support as Coping Assistance. Journal of Consulting and Clinical Psychology. 1986;54:416–23 Triton, P.B. (2006). SPSS 13.0 Terapan : Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta : Andi Offset. Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33. Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28. Watkins, P.C, Woodward, K., Stone, T., & Kolts, R.L. (2003). Gratitude and happiness: Development of a measure of gratitude and relationships with subjective well-being. Social Behavior and Personality, 5, 431-452. Yunanto, T. A. R. (2020). The power of positivity: The roles of prosocial behavior and social support toward gratitude. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(1), 57–68. https://doi.org/10.24854/jpu100 Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media. Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of personality assessment, 52(1), 30-41. Maziyah, F. I. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) NU Tuban (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4039
dc.description.abstractOrang tua memiliki tantangan besar dalam mengasuh dan membesarkan anak berkebutuhan khusus. Oleh karenanya orang tua membutuhkan dukungan sosial agar mampu menghadapi situasi sulit serta kesabaran, kesungguhan dan penerimaan yang baik dari orang tua sebagai bentuk kebersyukuran terhadap pemberian Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kebersyukuran pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus (ABK). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki ABK. Skala yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua buah skala, yaitu : Skala Dukungan Sosial yang dibuat berdasarkan dimensi dari Orford (1992) dan Skala Rasa Syukur yang dibuat berdasarkan aspek dari McCullough, Emmons, dan Tsang (2002). Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi. Hasil dari penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara dukungan sosial terhadap kebersyukuran pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan melihat hasil uji regresi linier sederhana yang memiliki taraf signifikansi 0.000 < 0,05.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khususid_ID
dc.subjectDukungan sosialid_ID
dc.subjectKebersyukuranid_ID
dc.subjectOrang tuaid_ID
dc.titlePENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEBERSYUKURAN PADA ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUSid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Social Support on Gratitude in The Parents with Special Needs Childrenid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record