Pengaruh Video Edukasi tentang Faktor yang Mempengaruhi Stunting Melalui Sosial Media Youtube terhadap Pengetahuan Remaja
Abstract
Abstrak: Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia dibawah lima tahun yang disebabkan kekurangan gizi kronis yang menjadi masalah di Indonesia. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh edukasi stunting melalui me-dia sosial youtube pada siswa SMA Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan with desaign Pretest – Posttest Control Grup De-saign untuk membandingkan kelompok experiment yang diberikan edukasi stunting me-lalui video di media sosial youtube dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan inter-vensi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa/I kelas XI. Instrument yang digunakan ialah kuesioner. Uji analisis statistik dengan Uji Alternatif Wilcoxson. Hasil p-value 0,000 karena nilai p<α (0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa pengetahuan responden sebelum dan setelah diberikan intevensi mengenai stunting pada siswa dan siswi di SMA Negeri 4 Samarinda terdapat pening-katan nilai rata – rata pengetahuan responden. Sehingga ada pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan sebelum diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi pemberian edukasi stunting.