Show simple item record

dc.contributor.authorHerlina Rachman, Ade
dc.date.accessioned2024-08-07T07:14:42Z
dc.date.available2024-08-07T07:14:42Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.citationAchru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 205-215. Asikin, I., Burhan, & Arsyad, S. N. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X dan XI Di SMA Trisoko Jakarta Timur. Journal Of Education, Languange Teaching And Science, 187-194. Dewi, P. Y. (2022). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 40-48. Faroh, R. A., Purnawan , H., & Junaidi, M. M. (2023). Tingkat Depresi, Stress, Dan Kecemasan Mahasiswa Teknik Elektro Selama Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta'lim, 1-11. Hartati, A., Ahmad, H., & Mandasingi, A. R. (2020). Hubungan Antara Pengendalian Diri Dengan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sumbawa Besar. Jurnal Realita, 1051-1066. Najah, N., Sumarwiyah, & Kuyanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Educatio, 1185-1191. Siregar, Z. D., Sinaga, R., & Marianus, S. M. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 173416 Pollung. School Education Journal , 161-167. Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: PT Rineka Cipta. Sukarti , S., Kurniawan , K., & Mulawarman . (2018). Mengurangi Bullying Verbal Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku . Journal Of Guidance And Counseling , 53-59. Yusni, & Bakri, M. (2022). Analisis Dampak Bullying Terhadap Minat Belajar Siswa VII SMPN Satap Mataluntun Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 400-405. Zahra, S. L., & Hayati, M. (2022). Kondisi Self Awareness Pada Anak Korban Bullying. Journal Of Early Chilhood Edycation And Development, 77-78. Zakiyah, E. Z., Humaedi , S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian dan PPKM, 129-389. Rabudin. (2020, Desember). Dipetik Desember 2020, dari detikpendidikan.id: https://www.detikpendidikan.id/2020/12/pengertian-hasl-belajar-menurut-ahli.html Amseke, F. V. (2023). Pola Asuh Orang Tua Temperamen Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Binangun: PT. Media Pustaka Indo. Lestari, S., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Bentuk Dan Faktor Penyebab Perilaku Buulying. ALIBKIN, 1-14. Pratiwi. (2016). Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas III SDN Minomatani 6 Sleman. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 141-151. Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. Scaffolding, 122-133. Siregar, Z. D., Sinaga, R., & Marianus, S. M. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas IV SD Negeri 173416 Pollung. School Education Journal, 161-167.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4055
dc.description.abstractLatar Belakang, Istilah bullying berasal dari kata bul (bahasa inggris) yang berarti banteng, Demikian pula, bullying mempunyai kemiripan dengan perilaku banteng, yang dikenal karena kecenderungannya yang merusak. bullying mengacu pada situasi di mana seseorang atau kelompok mengeksploitasi kekuasaan atau kekuatan mereka untuk menyakiti orang lain dengan sengaja. Di lingkungan sekolah, kita sering menjumpai perilaku menyimpang, dan sangat disayangkan bila tindakan tersebut dilakukan berulang kali oleh anak-anak. Tindakan tersebut menyebabkan siswa memilih menyendiri, tidak melakukan aktivitas sosial, dan menghindari interaksi dengan teman sebaya, yang pada akhirnya berdampak pada prestasi akademiknya dan menyebabkan penurunan hasil belajar. Bentuk perilaku menyimpang ini biasa disebut dengan bullying (Kaliampos et al., 2022).). Tujuan Penelitian, Untuk mengetahui hubungan bullying dengan hasil belajar anak di SMP Negeri 39 Samarinda. Bentuk penelitian, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian bivariat yang digunakan mengetahui hubungan pada dua variabel yang mempunyai tingkatan dan arah menggunakan uji Spearman Rank. Hasil dan Kesimpulan Penelitian, Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara bullying dengan hasil belajar di SMP Negeri 39 Samarinda. Hal tersebut ditandai dengan nilai correlation coefficient yaitu 0,063 yang berarti hubungan kuat dengan nilai significant 0,609.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectBullyingid_ID
dc.subjectHasil Belajarid_ID
dc.subjectSMP Negeri 39 Samarindaid_ID
dc.titleHubungan Bullying dengan Hasil Belajar Anak di SMP Negeri 39 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Bullying and Children's Learning Outcomes at SMP Negeri 39 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record