Show simple item record

dc.contributor.authorCitra Camila, Siti
dc.date.accessioned2024-08-09T01:49:59Z
dc.date.available2024-08-09T01:49:59Z
dc.date.issued2023-01-16
dc.identifier.citationAhady, N. R. (2014). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yang berdomisili di pondok pesantren [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM]. http://etheses.uin-malang.ac.id/1214/ Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. Medisains, 16(2), 67. https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522 Ati, E. S., Kurniawati, Y., & Nurwanti, R. (2015). Peran Impostor Syndrome dalam Menjelaskan Kecemasan Akademis pada Mahasiswa Baru. Mediapsi, 01(01), 1–9. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2015.001.01.1 Budiyanto, E. A. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri di lingkungan kampus pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Padjadjaran. Jurnal Exa Alifia B. Christianto, L. P., Kristiana, R., Franztius, D. N., Santoso, D., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras, 3(1), 67–82. Defitri, A. A., Zukhra, R. M., & Nopriad. (2021). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 A. 10(2), 287–296. Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 336–342. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356 Donsu, J. doli tine. (2016). Metodelogi Penelitian Keperawatan (1st ed.). Pustaka Baru Press. Donsu, J. doli tine. (2017). Psikologi Keperawatan : Aspek Aspek Psikologi, Konsep Dasar Psikologi Teori Perilaku Manusia. apress. Fahrianti, F., & Nurmina. (2021). Perbedaan Kecemasan Mahasiswa Baru Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1297–1302. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1101/984 Fauziyah, F. K., & Ariati, J. (2015). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa S1 Tingkat Akhir. Empati, 4(4), 255–261. Febriyanti, E. dan, & Mellu, A. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kota Kupang. NURSING UPDATE : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 11(3), 1–6. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index Halim, F. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya DanKepercayaan Diri Terhadap KecemasanBelajar Mahasiswa Pendidikan Dasar. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 129–146. Hariyanto, H. (2020). Peranan Tingkat Kecemasan Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.90 Hasanah, U., Ludiana, I., & Livina, P. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 299–306. Hasibuan, M. A. I., Anindhita, N., Maulida, N. H., & Nashori, H. F. (2018). Hubungan antara Amanah dan Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Perantau. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 101. https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2214 Hendriyani, Y. M., & Maqin, D. H. R. A. (2018). Dampak Subsidi Pendidikan Bos Dan KIP Pada Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Dan Rumah Tangga Non Miskin Di Wilayah Bandung Timur (Studi Kasus Di Wilayah Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong ) [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/33112/ Hermansyah. (2020). No Title. PIKOBAR. https://pikobar.jabarprov.go.id/articles/mari-jaga-kesehatan-jiwa-di-tengah-pandemi-covid-19-artcl.kg0bg2fch06nste08ew Hernawaty, T., Ramdhani, R. I., & Solehati, T. (2015). Gambaran tingkat kecemasan pasien kanker serviks di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. In Jurnal Kesehatan Masyarakat (pp. 1–10). Hotijah, S., Ikhtiarini Dewi, E., & Hadi Kurniyawan, E. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Baru Luar Pulau Jawa Universitas Jember. E-Journal Pustaka Kesehatan, 9(2), 111–115. Hulu, V. T., & Sinaga, R. T. (2019). ANALISIS DATA STATISTIK PARAMETRIK APLIKASI SPSS DAN STATCAL (Janner Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. Izzah, N., Sari, H., & Marthoenis. (2021). Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Rantau di Aceh. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 1–8. Jayanti, U. F. A. I. (2020). Keterbukaan Diri Anak Kepada Orang Tua Mengenai Hubungan Asmara ( Studi Keterbukaan Diri Anak Yang Tinggal Terpisah Dengan Orang Tuanya Mengenai Hubungan Asmara ). 1–25. Jayusman, R. A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Coping Stress Pada Mahasiswa Perantau Di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. Kurniawan, A. (2021). Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran dan Fungsinya. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-mahasiswa/ Lembaga Sertifikasi Pekerjaan Sosial. (2020). Dukungan Sosial. Kementrian sosial republik indonesia. Lestari, A. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Pola Tidur Pada Mahasiswa Ahli Jenjang Dalam Menghadapi Ujian Skripsi Di STIKES Panakukang Makassar. 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom Madeira, P. S. D. (2022). KADAR GLUKOSA DARAH PADA LANSIA DI KELURAHAN PENDEM KABUPATEN JEMBRANA TAHUN 2022. Polieknik Kesehatan Denpasar. Mediastuti, R., Dini, R., & Nurhadianti, D. (2022). 1497-Article Text-2428-1-10-20211028. 6(2), 31–39. Meiza, A., Puspasari, D., & Kardinah, N. (2018). Kontribusi Gratitude Dan Anxiety Terhadap Spiritual Well-Being Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Humanitas, 15(1), 1. https://doi.org/10.26555/humanitas.v15i1.6599 Muharomi, L. S. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Komunikasi Dan Konsep Diri Dengan Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Baru. Universitas Diponerogo. Nugraha, A. D. (2020). Memahami Kecemasan: Perspektif Psikologi Islam. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.1-22 Prasetio, C. E., Sirait, E. G. N., & Hanafitri, A. (2020). Rumah, Tempat Kembali: Pemaknaan Rumah pada Mahasiswa Rantau. Mediapsi, 6(2), 132–144. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2020.006.02.7 Purwanto, T. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa (S. Riyadi (ed.); cetakan I). pustaka Pelajar. Putri, H. M., & Febriyanti, D. A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 9(6), 466–471. https://doi.org/10.14710/empati.2020.30065 Rahmawati, F. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Mahasiswa Pada Saat Menyusun Skripsi. Universitas Semarang. Ramadanti, R., & Herdi, H. (2022). Hubungan antara Resiliensi dan Dukungan Sosial dengan Stress Akademik Mahasiswa Baru di Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 150–163. https://doi.org/10.21009/insight.102.07 Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019). Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medula, 9(1), 78–82. Ramli, K. (2017). Hubungan Kecemasan Dengan Perubahan Degeneratif Fisik Wanita Premenopouse Di Kelurahan Biringgere Kab. Sinjai. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 4(1), 74–79. Rasyid, H. A. L., & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Universitas Airlangga. 1(2), 1306–1312. Rif’ati, L. M. I., Arumsari, A., Fajriani, N., Maghfiroh, V. S., Abdi, A. F., Chusairi, A., & Hadi, C. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Rika Sepriani. (2020). Analisis Psikologis Mahasiswa Baru Jurusan Pendidikan Olahraga Saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 3(10), 9–16. Rohmadani, Z. V. (2020). Impostor Syndrome Sebagai Mediator Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kecemasan Yang Dialami Oleh Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Integratif, 7(2), 122. https://doi.org/10.14421/jpsi.v7i2.1733 Santo, A. T., & Alfian, I. N. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dan Kecemasan dalam Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Akhir. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 370–378. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24895 Sarafino, E. ., & Smith, T. W. (2012). Health Pshycholology Biopsychosocial Interactions 7th Edition. Setiyani, R. Y. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Non Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 16. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1469 Subardjo, R. Y. S. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Non Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 16–28. Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sulistiani, W., & Kristiana, I. F. (2022). VALIDATION OF THE INDONESIAN VERSION OF THE ( MSPSS ): A RASCH MODEL APPROACH. 21(1), 89–103. Suminta, R. R., & Sayekti, F. P. (2017). Kecemasan Statistik Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Journal Of Empirical Research In Islamic Education, 5, 1–14. Tarigan, M. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dengan Subjective Well-Being pada Remaja yang Memiliki Orangtua Tunggal. JURNAL DIVERSITA, 4(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1565 Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. dewan pengurus pusat persatuan perawat indonesia. Triwahyuni, L., Zukhra, R. M., & Jumaini, J. (2021). Efektivitas Relaksasi Nafas Dalam Dan Aromaterapi Lavender Terhadap Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Ujian Skill Laboratory. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 10(2), 175. https://doi.org/10.31290/jpk.v10i2.2482 Urianus, I. (2021a). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Universitas Mercubuana Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Urianus, I. (2021b). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Universitas Mercubuana Yogyakarta. Universitas Mercubuana Yogyakarta. Vitasari, P., Wahab, M. N. A., Herawan, T., Othman, A., & Sinnadurai, S. K. (2011). Re-test of State Trait Anxiety Inventory (STAI) among engineering students in Malaysia: Reliability and validity tests. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3843–3848. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.383 Wati, N., & Sunarti, V. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Disiplin Belajarwarga Belajar Paket B di SPNF SKB Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(Safitri 2019), 750–757. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2992%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2992/2523 Widihapsari, I. A. G. K., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Universitas Udayana Yang Berasal Dari Luar Pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 48–62. Xiao, H., Shu, W., Li, M., Li, Z., Tao, F., Wu, X., Yu, Y., Meng, H., Vermund, S. H., & Hu, Y. (2020). Social distancing among medical students during the 2019 coronavirus disease pandemic in china: Disease awareness, anxiety disorder, depression, and behavioral activities. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(14), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17145047 Yuliana, Y., Mustikasari, M., & Fernandes, F. (2020). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kecemasan dan Depresi pada Pasien Kanker Payudara di RSU Raden Mattaher Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 1. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.786 Yuvalianda. (2021). Uji Kolmogorov Smirnov Satu Sampel. https://yuvalianda.com/uji-kolmogorov-smirnov-satu-sampel/id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4071
dc.description.abstractLatar Belakang : Mahasiswa baru adalah seseorang yang sedang beradaptasi dalam lingkungan baru dimana terdapat banyak stressor yang muncul dan menyebabkan ansietas, oleh karena itu dibutuhkanlah dukungan sosial untuk membantu mengurangi rasa ansietas tersebut. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan ansietas pada mahasiswa di universitas muhammadiyah kalimantan timur. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan sampel berjumlah 755 responden, uji statistik yang digunakan adalah uji spearman untuk mencari tahu korelasi hubungan.dan kuesioner yang digunakan menggnakan State Anxiety Inventory (SAI) oleh Ati et al (2015, dalam Triwahyuni et al, 2021) dengan nilai alpha cronbach 0,76-0,78 dan reliabilitas 0.93 dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Sulistiani & Kristiana (2022) dengan reliabilitas 0.85 Hasil : Hasil penelitian ini paling banyak mahasiswa berjenis kelamin perempuan (63,5%) dengan rentang usia 17-25 Tahun (98,6%) bertempat tinggal terbanya di kos (38,8%) hasil perhitungan Spearman didapatkan nilai P value 0.000<0.05, sehingga Ha diterima Kesimpulan : ada hubungan antara dukungan sosial dengan ansietas pada mahasiswa di univeristas muhammadiyah kalimantan timur.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectDukungan Sosialid_ID
dc.subjectMahasiswaid_ID
dc.titleHubungan Dukungan Sosial dengan Ansietas pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Social Support and Anxiety In Students at Muhammadiyah University of East Kalimantanid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record