dc.identifier.citation | Adriyati, P. (2020). Stres, Harapan dan Kepuasan Hidup Siswa. In Tesis (p. 14). Ageng Suseno, Sulianti, A., Azti Verina, & Muhammad Naufal Fadlurrahman Riyadhi. (2020). Prokrastinasi dan Pola Tidur Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 66–75. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i2.454 Aminuddin, M. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(1), 51–71. Anggara.S, M. Y. D., & Annisa. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Terhadap Simtom Insomnia Pada Mahasiswa Yang Sedang Melakukan Penulisan Skripsi Di FK UMSU. Jurnal Kedokteran Anatomic, 2(4), 168–176. Apriani Y.G.D, P. S. F. M. D. (2020). Hubungan Penghasilan Orang Tua Dengan Motivasi. Medika Usada, 3, 55–60. Ariantini, & Hariyadi. (2012). GANGGUAN INSOMNIA PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang). Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(3), 108–112. Aziza Fitriah, D. S. H. (2019). View of Hubungan Self Esteem Terhadap Kecenderungan Depresi Pada Mahasiswa.pdf. Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2019). Perilaku Malas Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 280–303. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4963 Biswas-Diener, R. (2008). Material Wealth and Subjective Well-Being. The Science of Subjective Well-Being, October, 307. Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398 Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019a). Tinjauan Pustaka. 7–19. Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019b). 7–19. Dahlan, M. S. (2014). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan (6th ed.). Epidemiologi Indonesia. Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas Dan Reliabilitas. Universitas Diponegoro, October, 14. https://www.researchgate.net/publication/328600462 Dewi, N. L. P. K., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2021). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup hedonisme, dan pendapatan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa unmas. Jurnal EMAS, 2, 74–86. Dharma. (2011). Metodolpgi Penelitian Keperawatan. Diener, E., Emmons, R. A., Larsen, R. J., & Griffin, S. (1985). The Satisfaction With Life Scale. Journal of Personality Assessment, 49(1), 71–75. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4901_13 Dr. Ulber Silalahi, M. . (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif (N. F. Atif (ed.); Revisi). PT. Refika Aditama. Eliza, N. A. A., & Amalia, N. (2022). Pengetahuan Insomnia pada Remaja Selama Covid 19. Borneo Student Research, 3(2), 1941–1946. Fitri, R. (2020). 3 . 1 Desain Penelitian Penelitian ini adalah penelitian deskriptif , Menurut Notoatmodjo ( 2018 ) penelitian deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk mendeskripsikan atau menguraikan suatu keadaan didalam suatu komunitas atau masyarakat . Peneli. Poltekkesbandung.Ac.Id, 39–53. Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Mahasiswa PAI yang Aktif Berorganisasi Di IAIIG Cilacap). Jurnal Tawadhu, 5(1), 44–58. Fitriani, A., Woza, S. S., & Rodiyah, R. (2022). Kecemasan dan Insomnia pada Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 40. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.5621 Gide, A. (2018). Rancangan Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. Hartini, S., Nisa, K., & Herini, E. S. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Masalah Tidur Remaja Selama Pandemi Covid-19. Sari Pediatri, 22(5), 311. https://doi.org/10.14238/sp22.5.2021.311-7 Heryana, A. (2020). Hipotesis Penelitian. Eureka Pendidikan, 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11440.17927 Hurlock, E. B. (2009). Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga. Hutami, W. F. (2021). Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Mercu Buana, 1–5. 350958488_POPULASI_DAN_SAMPEL_DALAM_PENELITIAN InfoDatin. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. https://doi.org/10.32529/beej.v3i1.1541 Islam, A. F., & Mulamukti, A. (2021). Stress Akademik Dan Kualitas Tidur Terhadap Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Ilmiah Penelitian Psikologi, 7(2), 32–42. Janah, R. (2014). Korelasi Antara Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Angkatan 2010-2013. Khotimah, K. (2007). Analisis Korelasi Rank Kendall. In Analisis Korelasi Rank Kendall. Kumara, I. N. A., Aryani, L. N. A., & Diniari, N. K. S. (2019). Proporsi gangguan tidur pada mahasiswa program studi pendidikan dokter semester satu dan semester tujuh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, Indonesia. Intisari Sains Medis, 10(2), 235–239. https://doi.org/10.15562/ism.v10i2.391 Lau, R. O., Amat, A. L. S., & Sasputra, I. N. (2021). Hubungan Insomnia Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Kupang. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 77–84. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4939 Maros, H., & Juniar, S. (2020). Hubungan Kecendrungan Insomnia Dengan Tingkat Health Related Quality Of Life Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajarani Pnline Dimasa Pandemi Covid-19. 19, 1–23. Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jendral Tenaga Kesehatan. https://www.google.com/search?q=bppsdmk&sourceid=chrome&ie=UTF-8 Megawati, F. E. (2019). Review Literatur : Adult Life Satisfaction. Psikovidya, 23(1), 46–63. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i1.127 Muslim, S. B., & Tahir, M. (2014). PERGESERAN IDENTITAS MAHASISWA: KORELASI RELIGIUSITAS DAN PERILAKU MAHASISWA IAIN MATARAM Sri Banun Muslim, Nashuddin, Masnun Tahir. Penelitian Keislaman, 10(2), 35–62. Natanael, Y., & Novanto, Y. (2021). Pengujian Model Pengukuran Congeneric, Tau-Equivalent dan Parallel pada Satisfaction With Life Scale (SWLS). Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 285–298. https://doi.org/10.15575/psy.v7i2.6405 Nawantara, R. D., & Sancaya, S. A. (2021). Skala Emotional Well Being (Ewb) Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 3(2). https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2346 Ness, T. E. B., & Saksvik-Lehouillier, I. (2018). The Relationships between Life Satisfaction and Sleep Quality, Sleep Duration and Variability of Sleep in University Students. Journal of European Psychology Students, 9(1), 28–39. https://doi.org/10.5334/jeps.434 Ningtyas, M. (2017). Metode Penelitian. 2013, 32–41. Novanto, Y. (2018). Kepuasan Hidup Akademisi di Indonesia: Suatu Studi Kepustakaan. Psikologi.Unair.Ac.Id, 349–358. Novianti, D. S., & Alfiasari, A. (2017). Kepuasan Hidup Mahasiswa Tingkat Pertama: Kaitannya dengan Karakter Mahasiswa dan Gaya Pengasuhan Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.13 Nurhalija, U. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan [Universitas Islam Negeri ALauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13325/1/NURHALIJA ULFIANA 70300113044.pdf Nursalam. (2020). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 5 (P. P. Lestari (ed.)). Olii, N., Kepel, B. J. &, & Silolonga, W. (2018). Hubungan Kejadian Insomnia Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Semester V Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–7. Pinalosa, L., Dhawo, M. S., & Sapariah, A. (2018). Perbandingan kualitas tidur siswa/siswi kelas XI sma negeri dengan kualitas tidur siswa/siswi kelas XI sma swasta. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 3(2), 1–17. https://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/view/110 PPID. (2018). Salinan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur. PPID. Practitioner, T. C. (2008). Children’s Life Satisfaction. May, 15–16. Purwaningsih, E., Prabowo, T., & F.B., G. (2018). Hubungan Insomnnia Dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa Yogyakarta. Journal of Health, 1(2), 60–71. https://doi.org/10.30590/vol1-no2-p60-71 Putri, K. (2017). Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Yang Mengalami Insomnia. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 2(6), 201–212. Putrindashafa, A., Rotinsulu, D. J., & Fikriah, I. (2020). Pengaruh Sikap Higiene Tidur Terhadap Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 2(4), 458–466. https://doi.org/10.25026/jsk.v2i4.161 Ramadhan, W. R. (2018). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699. Ramadhani, H., & Amri. (2020). Pengaruh Kepribadian Tipe D Terhadap Kepuasaan Hidup Yang Dimediasi Oleh Dukungan Sosial Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI PERINGKAT, 4(3), 430–444. Raudhatul, Z., Sofiana, N., & Rismadefi, W. (2018). Gambaran Insomnia Pada Remaja Di SMK NEGERI 2 PEKANBARU. JOM FKp, 5(2), 278–286. Renaldo Fernando, R. H. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Media Sosial Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Tahun 2020. Jurnal Ners, 4(2), 83–89. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ Sandra, N. (2022). Hubungan Religiositas dan Kepuasan Hidup Pada Masyarakat Pulau Tiga Barat (Vol. 33, Issue 1). Universitas Islam Riau. Sari, E. N. M. (2019). Hubungan antara emotion focused coping dan kepuasan hidup pada mahasiswa. Cognicia, 7(1), 95–111. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i1.8116 Septyari, N. M., Adiputra, I. M. S., & Devhy, N. L. P. (2022). Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi pada Masa Pandemi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 14. https://doi.org/10.36565/jab.v11i1.403 Sinovia, L. (2021). Peningkatan Insomnia Selama Pandemi Covid-19. Med.Unhas. https://med.unhas.ac.id/sinovia/2020/12/26/peningkatan-insomnia-selama-pandemi-covid-19/ Skala Kepuasan Hidup Siswa. (n.d.). Child Outcomes Research Consortium. Soldatos, C. R., Dikeos, D. G., & Paparrigopoulos, T. J. (2000). Athens Insomnia Scale: Validation of an instrument based on ICD-10 criteria. Journal of Psychosomatic Research, 48(6), 555–560. https://doi.org/10.1016/S0022-3999(00)00095-7 Suchaini, U., Nugraha, W. P. S., Dwipayana, I. K. D., & Lestari, S. A. (2021). Indeks Kebahagiaan 2021 A. Suharsimi. (2019). Instrumen Penilaian Tes. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Sumah, D. F. (2019). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Biosainstek, 1(01), 56–60. https://doi.org/10.52046/biosainstek.v1i01.216 Surya Dewi, N. M. B. R., Subrata, I. M., Kardiwinata, M. P., & Ekawati, N. K. (2019). Tingkat Depresi Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2019. Archive of Community Health, 6(2), 1. https://doi.org/10.24843/ach.2019.v06.i02.p01 Suryadinata, R. V., Priskila, O., & Wicaksono, A. S. (2021). Analisis data kesehatan statistika dasar dan korelasi. In Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Susila, L. N., Haryanti, S. S., & Saryanti, E. (2020). Pelatihan Bisnis Online Guna Membangun Jiwa Wirausaha Generasi Muda. Wasana Nyata, 4(1), 29–32. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i1.580 Syamila, D., Handika, M., & Sari, M. P. (2021). Gambaran Kepuasan Hidup Pelajar Sekolah Menengah Di Masa Pandemi COVID-19. Syntax Idea, 3(3), 465. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i3.1080 Ulfah, S. M., & Mulyana, O. P. (2014). Gambaran Subjective Well-Being pada Wanita Involuntary Childless. Penelitian Psikologi, 2(3), 1–10. Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119. Utami, S., Gea, N. Y. K., & Dedu, B. S. S. (2022). HUBUNGAN ORANG TUA MENGGUNAKAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN LAMA WAKTU PENGGUNAAN GADGET DALAM SEHARI 24 JAM PADA ANAK USIA DINI ( 3-8 TAHUN ) DI DESA CIANTRA GANG MERAK IX TAHUN 2022 THE CORRELATION OF PARENTS USING THERAPEUTIC COMMUNICATION WITH THE LEN. Journal Medicare, 1(3), 1–16. Virdiana, A., Maros, H., & Juniar, S. (2017). Metode Penelitian. Unikom, 1–23. Warja, I. K., Afni, N., & Yani, A. (2019). Hubungan Stres Dan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa Reguler Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unismuh Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 410–417. Winadi. (2016). Perbedaan Tingkat Stres dan Tingkat Insomnia yang Berasal dari Semarang dan Non Semarang di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–27. Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio - Humaniora, 5(1), 1–25. file:///C:/Users/anggirahmas/Downloads/136-379-1-PB.pdf Wulandari, M. (2018). Metode Penelitian. 39. Yasril, A., Laksono, I., Hadiati, T., Tidur, K., Sleep, P., & Index, Q. (2018). Pengaruh Pemberian Musik Ber-Genre Ambient Terhadap Kualitas Tidur. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(1), 11–25. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/19337 Yohanes, S., Wilson, & Muhammad, I. K. (2018). Perbedaan Kejadian Insomnia pada mahasiswa Tingkat Pertama dan Akhir Program Studi Pendidikan Dokter FK UNTAN. Jurnal Cerebellum, 4(1), 1016–1023. Yosua Ong Raharjo, A. M. S. (2018). Dukungan Sosial dan Kepuasan Hidup Pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Yang Berasal Dari Luar Jawa. 6(1), 1–9. Yudha, K. S., Halis, K. . F., & Esti, W. (2017). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan kejadian insomnia pada mahasiswa yang akan menghadapi ujian akhir semester (uas) di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News, 2(1), 543–554. Zain, N. binti. (2016). Apa Itu Insomnia. Jurnal Keperawatan, 7–14. Zhang, J., Chan, N. Y., Lam, S. P., Li, S. X., Liu, Y., Chan, J. W. Y., Kong, A. P. S., Ma, R. C. W., Chan, K. C. C., Li, A. M., & Wing, Y. K. (2016). Emergence of sex differences in insomnia symptoms in adolescents: A large-scale school-based study. Sleep, 39(8), 1563–1570. https://doi.org/10.5665/sleep.6022 | id_ID |