Show simple item record

dc.contributor.authorFikrianur, Alfif
dc.date.accessioned2024-08-09T02:15:47Z
dc.date.available2024-08-09T02:15:47Z
dc.date.issued2023-01-18
dc.identifier.citationA Ade. (2017). Rancangan Penelitian. Adabiah, S. (2020). Kecemasan menurut depkes RI. Adiati, R. P. (2021). Kepuasan Hidup: Tinjauan dari Kondisi Keuangan dan Gaya Penggunaan Uang. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(1), 40–51. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.1.40 Aisyah Dewi Septi, Risnasari Norma, W. T. E. (2020). KECEMASAN MAHASISWA PERAWAT UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. 47–51. Aldino Tutuk, C. G. (2019). Aplikasi Pengukuran Tingkat Kecemasan Berdasarkan Skala HARS Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2 Alifa, Islah & Normansyah, I. (2020). Pengaruh Sharia Compliance, Good Corporate Governance Dan Kompetensi Amil Zakat Terhadap Pengelolaan Dana Zakat (Studi Kasus Pada Baznas (BAZIS) DKI Jakarta). In Metode Penelitian. http://repository.stei.ac.id/2118/ Andriani, J. A., Romadhon, Y. A., Herawati, E., & Candrasari, A. (2021). Pengaruh Bentuk Keluarga dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Depresi Remaja di Era Pandemi Covid-19. The 13th University Research Colloqium, 57(9), 1092–1098. Anggreni, N. (2022). BAB II KAJIAN TEORI KECEMASAN. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. Medisains, 16(2), 67. https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522 Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00 Ariella Lintang Nugroho, D. (2021). Kecemasan Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. 1–13. Arjanto, P. (2022). Uji Reliabilitas dan Validitas Depression Anxiety Stress Scales 21 (DASS-21) pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 60. https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.6196 Arma Yudha, T., Ludiana, & Atika Sari, S. H. (2021). Penerapan Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisa Di Kota Metro. Jurnal Cendikia Muda, 1(2), 194–203. Basuki, K. (2019). Skripsi bahan sullivan coping. In ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 53, Issue 9). www.journal.uta45jakarta.ac.id Basutei, Y. (2010). 6 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 6–18. Bistolen, J., & Setianingrum, M. E. (2019). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Subjective Well Being Pada Mahasiswa Baru Di Etnis Timur (Ikmasti) Di Salatiga. Jurnal Basicedu, 4(1), 103–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.284 Biswas-Diener, R. (2008). Material Wealth and Subjective Well-Being. The Science of Subjective Well-Being, October, 307. Budury, S., Fitriasari, A., & -, K. (2019). Penggunaan Media Sosial Terhadap Kejadian Depresi, Kecemasan Dan Stres Pada Mahasiswa. Bali Medika Jurnal, 6(2), 205–208. https://doi.org/10.36376/bmj.v6i2.87 Christianto, L. P., Kristiana, R., Franztius, D. N., Santoso, D., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras, 3(1), 67–82. Conia, P. D. D., & Nurmala, M. D. (2022). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Penyintas Covid-19 Saat Menghadapi Kembali Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 12–20. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/14609 Diener, E., Emmons, R. A., Larsen, R. J., & Griffin, S. (1985). The Satisfaction With Life Scale. Journal of Personality Assessment, 49(1), 71–75. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4901_13 Djibran, M. R. (2018). 73 | Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo ANALISIS TUGAS PERKEMBANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO Wenny Hulukati. 3, 73–80. Dwikurnianingsih Yari, Loekomo Lobby.T.J, W. P. (2018). Hubungan Antara Mindfulness dengan Kepuasan Hidup Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 3(3), 99–107. Elbaliem, G. K. (2017). Hubungan Music-Based Mood Regulation Dengan Subjective- Well Being Pada Mahasiswa. Fandrinal. (2022). Pengertian dan Gambaran Comtoh Teknik Stratified Random Sampling. Pendidikan Online. Febriyanti, E. dan, & Mellu, A. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kota Kupang. NURSING UPDATE : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 11(3), 1–6. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index Fitri, R. (2020a). BAB 3 . Desain Penelitian. Poltekkesbandung.Ac.Id, 39–53. Fitri, R. (2020b). Metode Penelitian. Poltekkesbandung.Ac.Id, 1–15. Fitria, L., , N., , N., & Karneli, Y. (2020). Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(1), 23. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7651 Fitriyadewi, L. P. W., & Suarya, L. M. K. S. (2016). Peran Interaksi Sosial Terhadap Kepuasan Hidup Lanjut Usia. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 332–341. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i02.p15 Henry, J. D., & Crawford, J. R. (2005). The short-form version of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS-21): construct validity and normative data in a large non-clinical sample. The British Journal of Clinical Psychology, 44(Pt 2), 227–239. https://doi.org/10.1348/014466505X29657 Hidayat, A. (2019). Teknik Sampling Dalam Penelitian (Penjelasan Lengkap Serta Jenisnya). In Statistikian.Com. Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi Media Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31–41. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5564 Huebner, E. S., & Gilman, R. (2002). An Introduction to the Multidimensional Students’ Life Satisfaction Scale. Social Indicators Research, 60(1), 115–122. https://doi.org/10.1023/A:1021252812882 Izzah, N., & Sari, H. (2021). TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA RANTAU DI ACEH Level of Anxiety of non-local Students in Aceh yang terdata di perguruan tinggi baik swasta , pencarian ilmu demi mengembangkan mahasiswa , terutama pada mahasiswa rantau Merantau adalah individu yang keingi. Karina, M. A. (2019). Pengaruh religiusitas, pola asuh orang tua, dan dukungan sosial terhadap kepuasan hidup mahasiswa. Kiswantomo, H. (2021). Kontribusi Trait Kepribadian terhadap Kepuasan Hidup Mahasiswa. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(1), 20–37. https://103.54.1.18/index.php/inquiry/article/view/398%0Ahttps://103.54.1.18/index.php/inquiry/article/download/398/217 Linda Fitria, I. ifdil. (2021). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(3), 483–492. https://doi.org/10.37287/jppp.v3i3.530 Livia Prajogo, S., & Yudiarso, A. (2021). Metaanalisis Efektivitas Acceptance and Commitment Therapy untuk Menangani Gangguan Kecemasan Umum. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 85–100. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art5 Lolang, E. (2015). HIPOTESIS NOL DAN HIPOTESIS ALTERNATIF. 3, 685–695. Lovibond. (1995). The Structure Of Negative Emotional States: Comparison Of The Depression Anxiety Stress Scales (DASS) With The Beck Depression and Anxiety Inventories. Elsevier Science Ltd, 33, 335–343. https://doi.org/10.1007/BF02511245 Mahfud, I., & Gumantan, A. (2020). Survey Of Student Anxiety Levels During The Covid-19 Pandemic. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 86–97. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.1103 Mahuda, I., Nasrullah, A., & Marlina, M. (2021). Kontribusi Self-concept Matematis dan Kecemasan Matematika. 5, 51–61. Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1), 41. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63 Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84. https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005 Mellani, & Kristina, N. L. P. (2021). Tingkat Kecemasan Anak Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 8 Wilayah Kerja Puskesmas Iii Denpasar Utara Tahun 2021. In NLPK Mellani. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/7453/ Mukholi. (2018). KECEMASAN DALAM PROSES BELAJAR Mukholil *). Kecemasan Dalam Proses Belajar, 8. Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LP2M UNUGHA Cilacap, 3. http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/858 Natanael, Y., & Novanto, Y. (2021). Pengujian Model Pengukuran Congeneric, Tau-Equivalent dan Parallel pada Satisfaction With Life Scale (SWLS). Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 285–298. https://doi.org/10.15575/psy.v7i2.6405 Natanael, Y., Novanto, Y., Psikologi, F., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Psikologi, F., Airlangga, U., Psikologi, F., & Harapan, U. P. (2020). Pengujian Model Pengukuran Congeneric , Tau-Equivalent dan Parallel pada Satisfaction With Life Scale ( SWLS ). 7, 285–298. https://doi.org/10.15575/psy.v7i2.6405 Nawantara, R. D., & Sancaya, S. A. (2021). Skala Emotional Well Being (Ewb) Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 3(2). https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2346 Notoatmodjo. (2018). Jenis dan Desain Penelitian. In Penelitian Deskriptif Adalah. Novanto, Y. (2018). Kepuasan Hidup Akademisi di Indonesia: Suatu Studi Kepustakaan. Psikologi.Unair.Ac.Id, 2012, 349–358. Novianti, D. S., & Alfiasari, A. (2017). Kepuasan Hidup Mahasiswa Tingkat Pertama: Kaitannya dengan Karakter Mahasiswa dan Gaya Pengasuhan Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.13 Nurdianawati. (2021). Metodologi Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115. Ooi, P. B., Khor, K. S., Tan, C. C., & Ong, D. L. T. (2022). Depression, anxiety, stress, and satisfaction with life: Moderating role of interpersonal needs among university students. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.958884 Pamungkas, A. (2020). Tipe Kepribadian Ektrovert-Introvert dan Kecemasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Keislaman, Volume 1 N(Desember 2020), 36–42. Pasongli, G. S., & Malinti, E. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Keluarga Tenaga Kesehatan Akibat Pandemi Covid-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(2), 127. https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i02.p01 Practitioner, T. C. (2008). Children’s Life Satisfaction. May, 15–16. Psikologi, P. S., Psikologi, F., Ilmu, D. A. N., Budaya, S., & Indonesia, U. I. (2021). Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Putri, D. A., & Yuliandari Gunatirin, E. (2020). Mindful-Based Cognitive Therapy (MBCT) dan Self-Awareness untuk Menurunkan Kecemasan Ibu Hamil Primipara. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.33367/psi.v5i1.878 Qamar, T., Chethiyar, S. D. M., & Equatora, M. A. (2021). Psychological stressors and life satisfaction among university students during the Second Wave of covid-19: Moderating role of resilience. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 2(2), 136–154. https://doi.org/10.21580/jagc.2021.2.2.9321 Qolbi, F. H. (2020). Masa Emerging Adulthood pada Mahasiswa: Kecemasan akan Masa Depan, Kesejahteraan Subjektif, dan Religiusitas Islam. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 17(1), 44. https://doi.org/10.18860/psi.v17i1.8821 Raharjo, Y. O., & Sumargi, A. M. (2018). Dukungan Sosial Dan Kepuasan Hidup Pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Yang Berasal Dari Luar Jawa. EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia, 6(1), 1–10. http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/1785 Raihan Afiq.A. (2021). PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PREKLINIK DAN TINGKAT PROFESI DOKTER (COASS) FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDIN DI MASA PANDEMI COVID-19. Sari, E. N. M. (2019). Hubungan antara emotion focused coping dan kepuasan hidup pada mahasiswa. Cognicia, 7(1), 95–111. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i1.8116 Sarwono, J. (2015). Mengenal Korelasi. Sengkey, S. (2019). Studi Deskriptif Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Kelulusan. Jurnal Forum Pendidikan, 15(2), 109–113. http://103.123.108.170/index.php/jfp/article/view/1899 Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021). Mekanisme Koping Dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Seminar Nasional Teknologi Terapan (SEMITERA), 1(1), 42–47. Sintiawati, A. (2017). Hubungan Dukungan Sosial dan Kepuasan Hidup pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan di Yogyakarta. In Universitas Islam Indonesia. Skala Kepuasan Hidup Siswa. (n.d.). Child Outcomes Research Consortium. Suchaini, U., Nugraha, W. P. S., Dwipayana, I. K. D., & Lestari, S. A. (2021). Indeks Kebahagiaan 2021 A. Sugiartha, P. A., Juniartha, I. G. N., & Kamayani, M. O. A. (2021). Gambaran Kecemasan Pada Pasien Pra-Operasi Di Rsud Buleleng. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(3), 305. https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i03.p09 Sumah, D. F. (2019). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Biosainstek, 1(01), 56–60. https://doi.org/10.52046/biosainstek.v1i01.216 Sumargi Maria Agnes, R. O. Y. (2018). Universitas katolik widya mandala surabaya 2009. 3–4. Sunaryo, A. C., & Wijaya, E. (2021). Peranan Rasa Syukur terhadap Kepuasan Hidup Remaja Madya SMA saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 14(2), 79–101. Suryadinata, R. V., Priskila, O., & Wicaksono, A. S. (2021). Analisis data kesehatan statistika dasar dan korelasi. In Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Suwandi, G. R., & Malinti, E. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Terhadap Covid-19 Pada Remaja Di SMA Advent Balikpapan. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 677–685. https://doi.org/10.33024/manuju.v2i4.2991 Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119. Walean, C. J. S., Pali, C., & Sinolungan, J. S. V. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik (Jbm), 13(2), 132. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31765 WHO. (2017). Depression and Other Common Mental Disorders. In Obstetrics and Gynecology (Vol. 48, Issue 1). Wulandari, S. (2019). Hubungan Kepuasan Hidup Dengan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia. In Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendikia Medika (Vol. 53, Issue 9). Yano, N., Ishii, T., & Irie, R. (1975). Modification of the Disk Assay Method for Detection of Antibiotics by Direct Seeding of Spores of Bacillus stearothermophilus. In Journal of the Food Hygienic Society of Japan (Vol. 16, Issue 2). https://doi.org/10.3358/shokueishi.16.105 Yaslina, Y., & Yunere, F. (2020). Hubungan jenis kelamin, tempat bekerja dan tingkat pendidikan dengan kecemasan perawat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN : 2622-2256, 3(1), 63–69. https://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/569/286. Yosita, T. L. (2018). Bab III Metodologi Penelitian. 1–23. Yosua Ong Raharjo, A. M. S. (2018). Dukungan Sosial dan Kepuasan Hidup Pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Yang Berasal Dari Luar Jawa. 6(1), 1–9. Yunita, R., & Kurniasari, L. (2022). Hubungan Kecanduan Media Dengan Tingkat Kecemasan pada ada Mahasiswa S1. 3(2), 1857–1863. Yusfarani, D. (2021). Hubungan Kecemasan dengan Kecendrungan Psikosomatis Remaja Pada Pandemi Covid 19 Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 295. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1328id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4075
dc.description.abstractLatar Belakang : Kecemasan merupakan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh pemikiran sesuatu yang buruk akan terjadi. Pada mahasiswa, kecemasan dapat mempengaruhi kepuasan hidup karena akan terganggunya pola pikir mereka sehingga akan timbul rasa kurang percaya diri dan akan kesulitan menyesuikan diri dengan lingkungan. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan kepuasan hidup pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Metode : Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan 1244 responden. Pada variabel kecemasan menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale-21 (DASS-21) dan variabel kepuasan hidup menggunakan kuesioner Satisfaction With Life Scale (SWLS). Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Uji bivariat yang digunakan adalah Kendall’s tau c. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian dari 1244 responden, diperoleh hasil depresi dengan kategori normal 653 responden (52,5%), ringan 309 responden (24,8%), sedang 246 responden (19,8%), dan berat 36 responden (2,9%). Kepuasan hidup dengan kategori sangat tidak puas 46 responden (3,7%), tidak puas 284 responden (22,8%), kurang puas 334 responden (26,8%), cukup puas 295 responden (23,7%), puas 220 responden (17,7%), dan sangat puas 65 responden (5,2%). Hasil uji statistik dengan menggunakan Kendall’s tau c dengan hasil P value 0,000 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat hubungan kecemasan dengan kepuasan hidup pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kecemasan dengan kepuasan hidup pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectKepuasan Hidupid_ID
dc.subjectMahasiswaid_ID
dc.titleHubungan Kecemasan dengan Kepuasan Hidup pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Anxiety with Life Satisfaction in College Students at Muhammadiyah University of East Kalimantanid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record