Hubungan Paparan Iklan Produk Rokok Elektrik dengan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Merokok pada Remaja SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samatinda
Abstract
Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Paparan Iklan Produk Rokok Elektrik dengan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Merokok Pada Remaja SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Data diperoleh menggunakan pengisian kuesioner paparan iklan produk rokok elektrik dan kuesioner pengetahuan, sikap, dan tindakan merokok. Populasi penelitian adalah siswa/i SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda yang berjumlah 279 siswa/i dengan sampel penelitian sebanyak 234 siswa/i yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Uji statistic menggunakan uji chi square.Hasil: Adanya hubungan antara paparan iklan produk rokok elektrik dengan pengetahuan rokok elektik diperoleh p value 0,025, adanya hubungan antara paparan iklan produk rokok elektrik dengan sikap merokok diperoleh p value 0,047, dan adanya hubungan antara paparan iklan produk rokok elektrik dengan tindakan merokok diperoleh p value 0,001. Manfaat: Diharapkan pihak sekolah lebih mempertimbangkan tentang memberikan pengetahuan mengenai rokok elektrik dan memasang poster-poster bahaya merokok.