dc.identifier.citation | Akmal, S. Z., & Arlinkasari, F. (2016). Intervensi Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa Ma Cc. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan (p. 312). Bandung: SNaPP 2016. Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Bornstein, M. H. (2012). Cultural approaches to parenting. Parenting, 12(2-3), 212-221. Bowen, G., Hopson, L., Rose, R., & Glennie, E. (2012). Family Relations, 61(2). Students’ Perceived Parental School Behavior Expectations and Their Academic Performance: A Longitudinal Analysis., 175–191. Chatterjee, I., & Bipasha, S. (2013). Perception of Academic Expectations of Parental Among High School Boys and Girl and Their Pshychological Consequence. International Journal Vol.2, 2277-7881. Dahlan, U. A. (2022, Juni 12). Mahasiswa KKN UAD Adakan Sosialisasi Pencegahan Kenakalan Remaja. Retrieved from LLDIKTI V: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/mahasiswa-kkn-uad-adakan-sosialisasi-pencegahan-kenakalan-remaja Depdiknas. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas. Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung: Rosda Karya. Dhayanandhan, B., Bohr, Y., & Connolly, J. (2015). Developmental Task Attainment and Child Abuse Potential in At-risk Adolescent Mothers. Journal of Child and Family Studies, 3. Faruq, I. A. (2018). Peranan Orangtua Dalam Meningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Anak Kelas IV di MI Miftahul Huda Ds.Kebonsari Kec.Candi Kab.Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1. Gao, S. L., & Chan, K. L. (2015). Future orientation and school bullying among adolescents in rural china: The mediating role of school bonding. Sage Open , 1-9. Ghassani, M., Ni'matuzaroh, & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir . Jurnal Intervensi Psikologi Volume 12 Nomor 2, 122. Guthrie, L. C., Butler, S. C., & Ward, M. M. (2009). Time perspective and socioeconomic status: A link to socioeconomic disparities in health? . Social Science & Medicine, 68(1), 2145-2151. Hanum, L., Kawuryan, F., & Dhania, D. R. (2016). Hubungan antara harapan orang tua dan keyakinan diri dengan stres akademik siswa kelas unggulan. Prosiding seminar nasional psikologi aktualisasi potensi anak bangsa menuju Indonesia emas (p. 81). Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus. Haq, A., & Farida, R. (2019). Orientasi karir pada siswa SMP: pilihan jurusan dan gambaran pekerjaan di masa depan. Psikostudial: Jurnal Psikologi, 9. Hariyanto, D. D., Dewi, E. I., & Susumaningrum, L. A. (2014). Hubungan Persepsi tentang Kesesuaian Harapan Orang Tua dengan Diri dalam Pilihan Studi Lanjut dengan Tingkat Stres pada Siswa Kelas XII di Kabupaten Jember (The Correlation Perceptions about The Suitability of Parental Expectation in the Choice of Further. E Journal Pustaka Kesehatan Volume 2 Nomor 1 . Havighurst, R. J. (1948). Developmental Tasks and Education. Chicago: The University of Chicago Press. Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga. Jembarwati, O. (2019). Orientasi Masa Depan Peserta Didik di SMPIT HB di Semarang. Seminar Nasional Edusaintek, 611. Kamantyan, Z., Soedarwo, V., & Susilo, R. K. (2021). Preferensi Orang Tua Dalam Orientasi Masa Depan Pendidikan Anak Perempuan (Studi Etnografi Pada Kalangan Keluarga Nelayan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi). Jurnal PerempuandanAnak (JPA) Vol. 4 No. 2, 84. Kamaratih, D., & Alamanda, K. P. (2019). ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA PEMULUNG DI SAMARINDA. PERSONIFIKASI Vol.10 No.1, 69. Krismawati, Y. (2014). Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. II No.1. Kulsum, K. U. (2015). Hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan pemilihan karir. UNNES Repository, 56. Kumara, A. R., & Lutfiyani, V. (2017 ). Strategi Bimbingan dan Konseling Kompherensif Dalam Perencanaan Karir Siswa SMP. G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 2, 4-5. Kumara, A., & Luthfiyani, V. (2017). Strategi Bikbingan dan Konseling Kompherensif dalam Perencanaan Karir Siswa SMP. G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 2, 117. Lemeshow. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: UGM. Lubis, R. H., Lubis, L., & Aziz, A. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Dengan Self-Regulated Learning Siswa. Analitika, 7(2), 105–117. Mamahit, R., Sendow, G. M., & Lumintang, G. G. (2016). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol.4 No.1. Pengaruh Perencanaan Karir dan Keterlibatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata UPTD Taman Budaya Provinsi Sulawesi Utara, 1307. McCabe, K., & Barnett, D. (2000). The relation between familial factors and the future orientation of urban, African American sixth graders. Journal of Child and Family Studies, 491-508. Mirah, F., & Indianti, W. (2018). Pengaruh Kecemasan Karir Terhadap Commitment to Career Choice dengan Kelekatan Orang Tua Sebagai Moderator. Jurnal Psikologi Insight Vol. 2, No. 1, 85. Nurmi, J. (1989). Planning, motivation, and evaluation in orientation to the future: A latent structure analysis. Scandinavian Journal of Psychology, 64-71. Nurmi, J. (2005). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher. Thinking about and acting upon the future. Nurmi, J. E. (1991). How do adolescents see their future? A review of the development of future orientation and planning. Developmental Review 11(1), 1-59. Oishi, S., & Sullivan, H. W. (2005). The mediating role of parental expectations in culture and well-being. Journal of Personality, 73(5), 1267-1294. Olson, K. (2005). Psikologi harapan bangkit dari keputusasaan meraih kesuksesan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Ontolay, A. B. (2019). Lex Privatum Vol. VII/No. 3. Hak dan Kwajiban Orang Tua dan Anak Ditinjau Dari Pasal 45 juncto 46 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1945 , 111. Safitri, N. A. (2017). Pengaruh status identitas diri terhadap orientasi masa depan siswa kelas 2 MAN 2 Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Santrock, J. W. (2003). Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga. Saputri, Y. Y., Purwanti, & Yusuf, A. (2018). Orientasi Karir Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungai Raya. Untan Pontianak, 2. Sasikala, S., & Karunanidhi, S. (2011). Development and validation of perception of parental expecctation inventory. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology 37(1), 114-124. Seginer, R. (2003). Adolescent future orientation: an integrated cultural and ecological perspective. Online Readings in Psychology and Culture. Setyawati, D. (2019). Orientasi Masa Depan Anak Dari Orang Tua Yang Merantau . Universitas Muhammadiyah Surakarta, 7. Seyfried, S. F., & Chung, I. J. (2002). Parent involvement as parental monitoring of student motivation and parent expectations predicting later achievement among African American and European American middle school age students. Journal of Ethnic and Cultural Diversity in Social Work, 11(1-2), 109-131. Steinberg, L. (2002). Adolescence (6thed). New York: McGran-Hill. Sutikno, A. N. (2020). Bonus demografi di Indonesia. Jurnal pemerintahan daerah di Indonesia Vol. 12 No 22, 422. Suyono. (2015). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Deepublish, 5. Trommsdrorff, G. (2003). Parent-Child Relations Over the Live-Span : a Cross Cultural Perspective. KACS International Conference. Tynan, J. J., Somers, C. L., Gleason, J. H., Markman, B. S., & Yoon, J. (2015). Goal oriented and risk taking behavior: The roles of multiple systems for Caucasian and Arab-American adolescents. School psychology international 36 (1), 54-76. Wang, L. F., & Heppner, P. P. (2002). Assessing the impact of parental expectations and psychological distress on Taiwanese college students. . The Counseling Psychologist, 30(4),, 582-608. Wang, Y., Deng, C., & Yang, X. (2016). Family economic status and parental involvement: Influences of parental expectation and perceived barriers. School Psychology International, 37(5), 536-553. Yamamoto, Y., & Holloway, S. (2010). Educational Psychology Review, 22. Parental Expectations and Children’s Academic Performance in Sociocultural Context., 189–214. Zakariyya, F., & Koentjoro. (2019). Pelatihan “Goal Setting” untuk meningkatkan orientasi masa depan pada siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 137. Zulfikar, F. (2017, November 26). 87 Persen Mahasiswa RI Merasa Salah Jurusan, Apa Sebabnya? Retrieved from detikedu: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5828770/87-persen-mahasiswa-ri-merasa-salah-jurusan-apa-sebabnya | id_ID |