Show simple item record

dc.contributor.authorMiftah Syakir, Muhammad
dc.date.accessioned2024-10-18T02:43:52Z
dc.date.available2024-10-18T02:43:52Z
dc.date.issued2023-07-18
dc.identifier.citationAdyani, L; Suzzana, E; Safuwan , S; Muryali, M;. (2019). Perceived social support and psychologycal well-being among interstate students at Malikussaleh University. Jurnal Indigenous. Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka pelajar. Azwar, S. (1999). Penyusunan skala psikologi. Pustaka pelajar. Bastian, S. D. (2012). Hubungan antara resiliensi dan coping pada istri yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Skripsi. Universitas Indonesia, Depok. Bilgin, O., & Taş, İ. (2018). Effects of perceived social support and psychological resilience on social media addiction among university students. Universal journal of educational research, 6(4), 751-758. Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 32-41. Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (1989). Assessing coping strategies: a theoretically based approach. Journal of personality and social psychology, 56(2), 267. Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: The role of academic self- efficacy. Frontiers in psychology, 6, 1781. Connor, K. M., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor‐Davidson resilience scale (CD‐RISC). Depression and anxiety, 18(2), 76-82. Devinta, M. (2016). Fenomena culture shock (gegar budaya) pada mahasiswa perantauan di Yogyakarta. E-Societas, 5(3). Efendi, M. Z., & Kusuma, D. (2018). Hubungan antara Resiliensi dengan Strategi Koping pada Mahasiswa yang Menempuh Program Skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 5(3). 38 Etikan, I., Alkassim, R., & Abubakar, S. (2015). Comparision of snowball sampling and sequential sampling technique. Biometrics and Biostatistics International Journal, 3(1), 55. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang. Gómez Molinero, R., Zayas García, A., Ruiz González, P., & Guil, R. (2018). Optimism and resilience among university students. Gwyther, L. P., Resnick, B., & Roberto, K. A. (2011). Resilience in aging: Concepts, research, and outcomes. Springer. Handayani, E., & Nirmalasari, N. (2020). Perbedaan Tingkat Stres Mahasiswa Perantauan dan Bukan Perantauan. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 11, 63-66. Hudori, M. (2013). Peranan mahasiswa dalam mewujudkan wawasan multikultural di lingkungan kampus. Disampaikan di orientasi multikultural mahasiswa lintas agama Provinsi Bengkulu pada tanggal, 5- 7. Iqramah, N., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2018). Strategi Coping (Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping) Dalam Menghadapi Stres Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(4). Istanto, T. L., & Engry, A. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dan homesickness pada mahasiswa rantau yang berasal dari luar pulau Jawa di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Pakuwon City. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 19-30. Keliat, B.A. (1999). Pelaksanaan stres. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC. Khusniatun, (2014). Hubungan antara resiliensi dan prokratinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi fakultas ilmu sosial dan humaniora universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer publishing company. Lestari, D. A. (2019). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Problem Focused- Coping Pada Pedagang Sunmor Pasca Relokasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. MacDermott, D. (2010). Psychological hardiness and meaning making as protection against sequelae in veterans of the wars in Iraq and Afghanistan. International Journal of Emergency Mental Health, 12(3), 199-206. Mancini, A. D., & Bonanno, G. A. (2006). Resilience in the face of potential trauma: Clinical practices and illustrations. Journal of clinical psychology, 62(8), 971-985. Marliani, R. (2013). Hubungan antara religiusitas dengan orientasi masa depan bidang pekerjaan pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal psikologi, 9(2), 130-137. Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019, November). Faktor–faktor yang mempengaruhi resiliensi. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 433-441). Muhlisa, N., & Aeni, N. (2021). The correlation between coping strategy and academic resilience in medical faculty students. Psimphoni, 2(1), 75-84. Muniroh, S. M. (2010). Dinamika resiliensi orang tua anak autis. Jurnal penelitian, 7(2). Muslimin, Z. I. (2021). Berpikir Positif Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1). Mustikasari, D. S. (2019). Personality to Resilience: A Systematic Review. PSIKOVIDYA, 23(1), 1-21. Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63. Pelling, M. (2010). Adaptation to climate change: from resilience to transformation. Routledge. Pratiwi, A. C., & Hirmaningsih, H. (2017). Hubungan coping dan resiliensi pada perempuan kepala rumah tangga miskin. Jurnal Psikologi, 12(2), 68-73. Purnomo, D. (2018). Uji validitas dan reliabilitas step test sebagai alat ukur keseimbangan pada lansia. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 2(2), 53- 70. Putri, F. P., & Kurnia, P. (2015). Pengaruh pengetahuan auditor, pengalaman auditor, kompleksitas tugas, locus of control, dan tekanan ketaatan terhadap audit judgment (studi kasus pada perwakilan BPKP provinsi Riau). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 2(2), 1-15. Rahmadanti, L. (2023). Hubungan antara coping stres dengan perilaku konsumtif mahasiswa universitas muhammadiyah kalimantan timur. Skripsi. Retnoningsih, S. A. (2009). Kamus besar bahasa indonesia, Semarang: CV. Widya karya. Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life's inevitable obstacles. Broadway books. Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup, jilid 1, Terj. Benedictine Wisdyasinta, Jakarta, Erlangga. Saputri, K. A., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan antara self efficacy dan social support dengan tingkat stres pada mahasiswa akhir penyusun skripsi di fip unnes tahun 2019. KONSELING EDUKASI" journal of Guidance and Counseling, 4(1). Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons. Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182. Setiasih, & Setianingrum, I. (2018). Statistik Psikologi : Solusi Masalah Psikologi dengan Statistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Setyowati, A., Hartati, S., & Sawitri, D. R. (2010). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni rumah damai. Jurnal Psikologi Undip, 7(1). Shaputra, A. W. (2021). Hubungan Antara Strategi Coping dengan Resiliensi pada Mahasiswa Rantau Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Skripsi. Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan, PT. Grasindo, Jakarta. Sugiyono;. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Sungko, E. (2020). Pengaruh resiliensi terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Skripsi. Supardi, S. (1993). Populasi dan sampel penelitian. Jurnal Fakultas Hukum UII, 13(17), 100-108. Supratiknya, A. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi. universitas Sanata Dharma. Susanto, M. (2013). Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan, Kemampuan Coping Dengan Resiliensi Remaja Yang Ibunya Sebagai Tenaga Kerja Wanita (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). Steinhardt, M., & Dolbier, C. (2008). Evaluation of a resilience intervention to enhance coping strategies and protective factors and decrease symptomatology. Journal of American college health, 56(4), 445-453. Veselska, Z., Geckova, A. M., Orosova, O., Gajdosova, B., van Dijk, J. P., & Reijneveld, S. A. (2009). Self-esteem and resilience: The connection with risky behavior among adolescents. Addictive behaviors, 34(3), 287-291. Wahyudi, A., Mahyuddin, M. J., Irawan, A. W., Silondae, D. P., Lestari, M., Bosco, F. H., & Kurniawan, S. J. (2020). Model RASCH: Analisis Skala Resiliensi Connor-Davidson Versi Bahasa Indonesia. Jurnal Advice, 2(1), 28-35. Widuri, E. L. (2012). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 24531. Wijianti, D. K. A., & Purwaningtyas, F. D. (2020). Coping stres, resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir. PSIKOWIPA (Psikologi Wijaya Putra), 1(2), 11- 17. Wijayanti, N. (2013). Strategi coping menghadapi stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi pada mahasiswa program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Winarni, E. W. (2011). Penelitian pendidikan bahan ajar statistika. Bengkulu: Putri Media. Yenjeli, L. (2010). Strategi Coping Pada Single Mother Yang Bercerai. Yusuf, K. I. (2021). Hubungan Strategi Coping dengan Resiliensi pada Aparatur Sipil Negara di Kantor Camat Medan Amplas Universitas Medan Area. Zakaria, D. (2017). Tingkat stres mahasiswa ketika menempuh skripsi. University of Muhammadiyah Malang.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4271
dc.description.abstractAbstrak. Mahasiswa rantau perlu beradaptasi dengan lingkungan baru dan keadaan baru yang jauh dari orang tua. Selain itu mahasiswa rantau juga perlu memiliki daya juang yang lebih baik dari biasanya terlebih saat mengerjakan tugas akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan coping stres dengan resiliensi pada mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi di UMKT. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi di UMKT. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah snowball sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala coping stres dan skala resiliensi. Alat ukur Coping stres menggunakan skala Ways Of Coping yang telah diadaptasi dan alat ukur resiliensi menggunakan skala The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) yang telah diadaptasi . Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara coping stres dengan resiliensi pada mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Semakin tinggi coping stres maka semakin tinggi resiliensi. Coping stres memberikan pengaruh sebesar 54,7% terhadap resiliensi, sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectcoping stresid_ID
dc.subjectmahasiswa rantau tingkat akhirid_ID
dc.subjectresiliensiid_ID
dc.titleHUBUNGAN ANTARA COPING STRES DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA RANTAU YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMURid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between Stress Coping and Resilience in Overseas Students Working on Thesis at Muhammadiyah University Kalimantan Timurid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record