Show simple item record

dc.contributor.authorAZ-ZAHRA, NASYA FATIMAH
dc.date.accessioned2024-12-16T01:15:23Z
dc.date.available2024-12-16T01:15:23Z
dc.date.issued2024-06-07
dc.identifier.citationAmin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. Ayu, R. D. (2019). Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya Terhadap Belajar Di Sekolah. 1–5. Aziziyani, D. A. (2019). Hubungan Suhu, Kelembaban, Dan Angka Kuman Dengan Kejadian Sick Building Syndrome (SBS) Di Kantor X Jakarta Tahun 2019 [Skripsi]. Universitas Binawan Jakarta. Balirante, M., Lefrandt, L. I. R., & Kumaat, M. (2020). Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Di Jalan Raya Ditinjau Dari Tingkat Baku Mutu Kebisingan Yang Diizinkan. Jurnal Sipil Statik, 8(2), 249–256. Bangun, M. P. Y. (2021). Pengukuran Lingkungan Fisik Di Bagian Produksi Limun Cap Badak PT Es Pematang Siantar Tahun 2021 [Skripsi]. Poltekes Kemenkes RI Medan. Gultom, F. B., Rahman, R., & Heriansyah. (2022). Analisis Tingkat Kebisingan Di Sekitar Gerbang Kampus Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya, 6(1), 34–38. Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Jifp/ Hardiani, D. P., Ruhaidani, E., & Anggarini, E. (2022). Analisis Tingkat Kebisingan Pada Kawasan Sekolah Dasar Negeri Pasar Lama I Kota Banjarmasin. Agregat, 7(1), 636–641. Hestiningtyas, R., & Saifudin, M. F. (2021). Implementasi Program Sekolah Sehat Berkarakter Di SD Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 6(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.26740/Jdmp.V4n1.P1-10 Hidayani, -, & Sugesti, R. (2020). Menggiatkan Kegiatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Lingkungan Sekolah MI Wijaya Kusuma. Jurnal Pengabdian Mayarakat Indonesia Maju, 01(01), 17–23. Https://Doi.Org/10.33221/Jpmim.V1i01.567 Hidayat, K. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik [Artikel Ilmiah]. Universitas Negeri Padang. Jauza, A. R., Setiawan, A., & Suryanti, N. (2022). Evaluasi Kinerja Pencahayaan Alami Dalam Ruang Pada Bangunan Sekolah Pasca Pandemi. Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia 2022, 458–470. Mahaputra, B., & Arsandrie, Y. (2023). Kenyamanan Pencahayaan Dan Penghawaan Alami Pada Desain Ruang Kelas SDN Kwarasan 01 Sukoharjo. Seminar Ilmiah Arsitektur, 984–991. Maisuningtyas, P. D., & Yuliawati, R. (2021). Hubungan Antara Tingkat Kelembaban Dengan Indikator Kuman Udara Di Ruang Kelas Sekolah Dasar Al-Firdaus Samarinda. Borneo Student Research, 2(2), 1145–1153. Mufidah, I. U. (2022). Analisis Intensitas Kebisingan Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Marunda. Jurnal Wilayah Kota Dan Lingkungan Berkelanjutan, 1(2), 63–73. Https://Ftuncen.Com/Index.Php/Jwikal63 Nadeak, T. S., & Arvianto, A. (2019). Analisis Lingkungan Fisik Kerja Pada Departemen Finishin (Studi Kasus Pada PT Austenite Foundry). Industrial Engineering Online Journal , 7(4), 1–7. Nurhandayani, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil), 1(2), 108–110. Https://Jurnal.Smartindo.Org/Index.Php/Ekobil Pahlevi, M. R., & Muliadi. (2022a). Analisis Dan Desain Tingkat Pencahayaan Pada Ruang Perpustakaan Universitas Iskandar Muda. Jambura Journal Of Electrical And Electronics Engineering, 4(2), 196–201. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023, Kementerian Kesehatan Lingkungan (2023). www.Peraturan.Go.id Pratiwi, F. P. (2019). Studi Deskriptif Suhu Dan Kelembaban Ruang Belajar Siswa SDN 16 Surau Gadang Kota Padang Tahun 2019 [Skripsi, Poltekes Padang]. Https://Pustaka.Poltekkes-Pdg.Ac.Id/Index.Php?P=Show_Detail&Id=5690&Keywords= Royhan, M. (2019). Hubungan Intensitas Pencahayaan Dengan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata Pada Pekerja Di Rumah Sakit X Tahun 2019 [Skripsi]. Universitas Binawan. Sabatyasno, A. Y., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya Menjaga Kondisi Sekolah Yang Sehat Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III: Tinjauan Terhadap Kesiapan Sekolah Dalam Menciptakan Budaya Sekolah Sehat. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(04), 1220–1232. Saputro, G. E., & Rusli, M. (2019). Gambaran Tingkat Kebisingan Akibat Suara Kendaraan Bermotor Di Beberapa Sekolah Berlokasi Di Sekitar Jalan Raya Kota Padang. Jurnal Sistem Mekanik dan Termal, 03(01), 40–45. Satria, B. (2022). IOT Monitoring Suhu Dan Kelembaban Udara Dengan Node MCU Esp8266. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(3), 136–144. Https://Doi.Org/10.56211/Sudo.V1i3.95 Satya Gumelar, W., & Saroya, S. (2022). Desain Tata Ruang Terhadap Minat Pengunjung Siswa Di Perpustakaan Sekolah. Nusantara Journal Of Information And Library Studies N-Jils, 5(1), 38–50. Https://Doi.Org/10.30999/N Setiyowati, E. (2020). Pembentukan Kepribadian Islami Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 14(2), 157–165. Https://Doi.Org/10.1590/1413-73722163602diakses Sihombing, Z. (2021). Analisis Tingkat Kebisingan Pada Kawasan Pemukiman Sekitar Bandara Internasional Kualanamu [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Siska, D. (2015). Analisa Kebisingan Dan Studi Akustik Dalam Tatanan Bangunan. Juli 2015 Jurnal Arsitekno, 6(6), 33. Vilian, M. T., & Minsih. (2021). Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Nasional Di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 152–161. Https://E-Journal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Jpdf Widodo, S., Manaf, M., & Kastono. (2021). Kajian Tingkat Kebisingan Di Kawasan Pendidikan SMP Negeri 5 Kota Sorong. Dewantara Journal Of Technology, 02(02), 01–07. Yakub, H. M., Santana, J., Sugianto, A., & Junia, D. (2023). Hubungan Pemakaian Pendingin Ruangan (Air Conditioner) Terhadap Mata Kering. Journal Of Indonesia Optometrists, 1(1), 1–11. Https://Jurnaloptometris.Org/Index.Php/Jilop Yusvita, G. (2021). Analisis Pencahayaan Ruangan Pada Ruang Kelas Di Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Dialux Evo 9.1. Serambi Engineering, Vi(3), 2160–2166.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4382
dc.description.abstractLingkungan fisik adalah keadaan fisik di lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sekolah sehat harus memiliki lingkungan yang dapat membantu proses pembelajaran siswa. Lingkungan fisik merupakan bagian terpenting untuk membantu proses tersebut. Lingkungan fisik terbagi menjadi 2 yaitu lingkungan yang langsung berhubungan dengan siswa (kursi, meja, dll) dan lingkungan kerja (kebisingan, pencahayaan, dan kelembaban). Dampak yang dapat ditimbulkan apabila lingkungan fisik buruk yaitu menimbulkan sakit kepala, menyebabkan kelelahan mata, kelelahan, dan kehilangan cairan tubuh. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kondisi lingkungan fisik (kebisingan, pencahayaan, dann kelembaban) di ruang kelas SD Muhammadiyah Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan pengukuran lingkungan fisik di ruang kelas. Instrument penelitian ini menggunakan alat pengukuran Sound Level Meter, Lux Meter, dan Humidity Meter. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil pengamatan dan pengukuran lingkungan fisik Hasil penelitian kondisi lingkungan fisik yang telah dilakukan di SD Muhammadiyah Samarinda menunjukkan bahwa pengukuran kebisingan dan pencahayaan tidak memenuhi syarat karena melebihi standar baku mutu kesehatan lingkungan, namun pada pengukuran kelembaban terdapat 1 sekolah yang memenuhi syarat yaitu pada SD Muhammadiyah 1 Samarinda. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan fisik di 6 SD Muhammadiyah Samarinda tidak memenuhi syarat, karena kurangnya perhatian lebih terhadap lingkungan sekolah seperti lingkungan sekolah yang terlalu bising akibat lalu lintas dan aktivitas siswa, ruang kelas yang hanya mengandalkan sinar matahari sehingga cahaya yang masuk kurang, dan ventilasi pada ruang kelas selalu tertutup dan kurangnya sirkulasi udara.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKebisinganid_ID
dc.subjectPencahayaanid_ID
dc.subjectKelembabanid_ID
dc.titleGAMBARAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK (KEBISINGAN, PENCAHAYAAN, DAN KELEMBABAN) DI SD MUHAMMADIYAH SAMARINDAid_ID
dc.title.alternativeOVERVIEW OF PHYSICAL ENVIRONMENTAL CONDITIONS (NOISE, LIGHTING, AND HUMIDITY) AT MUHAMMADIYAH SAMARINDA PRIMARY SCHOOLid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record