Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Edianti Komala Eka Farah
dc.contributor.authorErnawati, Rini
dc.contributor.authorAminuddin, M.
dc.date.accessioned2018-05-14T07:23:35Z
dc.date.available2018-05-14T07:23:35Z
dc.date.issued2016-08-02
dc.identifier.citationAndriyani, S. (2014). Analisis Faktor-faktor yang berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Skripsi, dipublikasikan, Cimahi, Universitas Padjajaran, Indonesia. Ani, R. (2008). Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Sikap Ibu terhadap Penerapan toilet training pada Anak Usia Toddler di TK Al Fath Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Thesis, tidak dipublikasikan, Kediri. Universitas Sebelas Maret, Indonesia. Dewi, D.D.P., Astuti, D., Veronika, N., dan Yuliyanti., R. (2014) Tugas Keperawatan dasar II Pertumbuhan dan Perkembangan anak usia Harziky, I. (2010). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training pada Anak Usia Prasekolah/TK di TK Al-Azhar Medan tahun 2010. Skripsi, tidak dipublikasikan, Medan, Fakultas Kedokteran: Universitas Sumatera Utara, Indonesia Hidayat, A.A.A. (2008). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta : Salemba Medika Hidayat, A.Y. (2012) . Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Praktik Toilet Training pada Ibu yang Mempunyai Anak Usia Toddler di Posyandu Flamboyan, Dusun karangbendo, Banguntapan, Bantul. Naskah Publikasi, tidak dipublikasikan. Yogyakarta, Stikes Aisyiyah, Indonesia. Hocckenberry, & Wilson. (2013). Wong's Essentials Of Pediatric Nursing (Vol. Ninth). Missouri: Elsevier. Hutomo. (2012). Hubungan tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Praktik Ibu dalam Menerapkan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di kelurahan jebres surakarta. Tesis : Tidak Dipublikasikan . Irawan, R. & Hasinuddin, M. (2012). Pengaruh Perkembangan Anak terhadap Keberhasilan Toilet training pada Anak Usia Toddler 18-36 bulan. Jurnal Nursing Update,3, (2), 101-106 . Ningsih, S.F. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Ibu dalam Menerapkan Toilet Training dengan Kebiasaan Mengompol pada Anak usia Prasekolah di RW 02 kelurahan Babakan Kota Tangerang. Skripsi,tidak dipublikasikan, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia. Pusparini, W. (2010). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training dengan Perilaku Ibu dalam Melatih Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa kadokan Sukoharjo. Skripsi, tidak dipublikasikan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia. Putra, F.Y. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia Pra Sekolah di desa batung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Skripsi, tidak dipublikasikan, Universitas Jember, Indonesia. Salvianto, Y. (2013). Pengaruh Pendidikan kesehatan Bladder Retention Training terhadap kejadian Enuresis pada Anak Prasekolah di Surakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia. Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC. Sutomo, B. & Anggraini, D.Y. (2010). Menu Sehat Alami Untuk Balita Dan Batita. Jakarta : EGC Syahid, L. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training dengan Penerapan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang. Skripsi. Tidak dipublikasikan, Indonesia. Syari, E., Chandra, F., dan Risma, D. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pelaksanaan Toilet Training pada anak usia 1-3 Tahun di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang jaya Kabupaten Kampar. Jom FK, 2, (2). Umami, D.S .(2011). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Keberhasilan toilet Training pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Puspasari I Sidomoyo Godean Sleman D.I Yogyakarta. Naskah Publikasi. Tidak diterbitkan, Yogyakarta, Stikes Aisyiyah, Indonesia. Wahyuningtyas, D. & Noviana, U.(2009). Hubungan Stimulasi Orang Tua tentang Toilet Training dengan Kemandirian Anak dalam Mengontrol BAB dan BAK pada Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsgin, 2, (2), 85-91 Wati, D.S. (2014). Perbedaan Kemampuan Ibu dalam Toilet training Toddler Berdasarkan Status Pekerjaan Ibu di Posyandu Jeruk Desa Tirtomulyokretek Bantul Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan, Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah, Indonesia. Wawan, A dan Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia.Yogyakarta: Nuha Medika. Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta: EGC.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/455
dc.description.abstractLatar Belakang : Toilet training merupakan proses belajar kontrol BAK dan BAB secara teratur saat usia 1-3 tahun. Dampak kegagalan toilet training yaitu pribadi retentive dimana anak cenderung bersikap keras kepala. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training yaitu tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu. Hal itu penting dimiliki agar mempunyai pemahaman yang baik mengenai toilet training. Tujuan Penelitian : Mengetahui Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Keberhasilan Toilet training pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel ibu yang memiliki balita berusia 2,5-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda sebanyak 63 responden. Menggunakan teknik total sampling dan alat ukur kusioner. Analisa dengan Chi Square. Hasil : Dari 63 responden sebagian besar memiliki pendidikan menengah sebanyak 36 orang (57.1%), pengetahuan baik sebanyak 34 orang (54.0%) dengan keberhasilan toilet training sebanyak 41 balita (65.1%). Uji statistik Chi Square tingkat pendidikan diperoleh p Value 0,008, artinya ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Variabel pengetahuan diperoleh p Value 0,019 artinya ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Kesimpulan : Ada hubungan signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita dan ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectTingkat Pendidikanid_ID
dc.subjectPengetahuanid_ID
dc.subjectToilet trainingid_ID
dc.subjectKeberhasilan Toilet trainingid_ID
dc.titleHubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Balita di Wilayah Kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda Tahun 2016id_ID
dc.title.alternativeRelationship Between Education Level and Knowledge of the Mother with Toilet Training Success to Children Under Five in the Segiri Public Health Center at Dadimulya Sub Distric Samarinda in Year 2016id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record