dc.description.abstract | Penggunaan teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dengan smartphone sebagai salah satu teknologi utama yang memungkinkan akses cepat dan mudah terhadap berbagai layanan dan informasi. Pendaftaran anggota di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda saat ini masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan proses yang kurang efisien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pendaftaran anggota perpustakaan berbasis Android menggunakan framework Flutter untuk frontend, Laravel untuk backend, dan MySQL sebagai basis data. Metode pengembangan Waterfall digunakan untuk memastikan tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, serta operasional dan pemeliharaan berjalan dengan terstruktur. Dalam pengembangan ini, pemodelan data menggunakan UML (Unified Modelling Language) dengan Use Case Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa, aplikasi ini berhasil mengatasi permasalahan dalam proses pendaftaran anggota perpustakaan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Calon anggota dapat melakukan pendaftaran secara online tanpa harus mengunjungi perpustakaan berulang kali, menghemat waktu proses pendaftaran. Fitur pencarian buku yang diimplementasikan dalam aplikasi memudahkan anggota perpustakaan untuk mencari ketersediaan buku tanpa harus datang langsung ke perpustakaan, mengurangi kemungkinan kunjungan yang sia-sia karena buku yang dicari tidak tersedia. | id_ID |