Pelatihan Keterampilan Sosial untuk Menurunkan Perilaku Agresif pada Siswa SMP “X” Yogyakarta
View/ Open
Date
2015-09-18Author
Hamka, Hamka
Nugraha, Sumedi P
Rachmawati, Mira Aliza
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini difokuskan pada perilaku agresif siswa SMP, dan upaya mengatasi perilaku agresif. Penelitian menggunakan pelatihan keterampilan sosial yang bertujuan mengetahui pelatihan keterampilan sosial untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP. Rancangan penelitian menggunakan design Quasi Experiment. Rancangan penelitian berupa one group pretest – posttest design. Penelitian ini difokuskan pada siswa SMP X yang memiliki perilaku agresif. Peneliti menggunakan analisis uji Wilcoxon. Hasil dari dari uji Wilcoxon dari prates ke pascates dengan nilai, Z = -2,809 dengan p = 0,005 (0,05). Begitu juga nilai dari prates ke tindak lanjut dengan nilai Z=-2,809 dengan p = 0,005 (0,05). Sedangkan dari pascates ke tindak lanjut memiliki nilai Z=-2,805 dengan nilai p = 0,005 (0,05). Hasil dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat mengurangi perilaku agresif pada siswa SMP Yogyakarta