Show simple item record

dc.contributor.authorRahmadana, Novia
dc.date.accessioned2025-03-18T05:22:55Z
dc.date.available2025-03-18T05:22:55Z
dc.date.issued2024-07-11
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4634
dc.description.abstractKepuasan pelanggan terhadap layanan air bersih merupakan aspek penting yang perlu dianalisis oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau untuk memastikan pelayanan terbaik. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) untuk menganalisis data kepuasan pelanggan Air Minum Battiwakkal Berau. Penelitian ini mengevaluasi akurasi model KNN dalam mengklasifikasikan tingkat kepuasan pelanggan, menentukan nilai terbaik parameter K, dan menyediakan gambaran mengenai persepsi pelanggan terhadap layanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data dari pelanggan Air Minum Batiwakkal Berau. Data dipisahkan menjadi set pelatihan dan pengujian, diikuti dengan proses normalisasi. Model KNN dilatih dengan berbagai nilai K untuk menemukan parameter terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma KNN dapat mengklasifikasikan tingkat kepuasan pelanggan dengan akurasi memadai. Nilai terbaik K yang ditemukan adalah 14, memberikan performa terbaik dalam prediksi kepuasan pelanggan dengan nilai akurasi sebesar 85.96%.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKepuasan Pelangganid_ID
dc.subjectAir Minum Batiwakkal Berauid_ID
dc.subjectK-Nearest Neighborsid_ID
dc.titleAnalisis Kepuasan Pelanggan menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berauid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record