Show simple item record

dc.contributor.authorRahmadani, Rafi
dc.date.accessioned2025-03-19T02:56:30Z
dc.date.available2025-03-19T02:56:30Z
dc.date.issued2024-07-17
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4639
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pengguna terhadap game "OJOL THE GAME" di Google Play Store menggunakan algoritma Naive Bayes dan model ekstraksi fitur TF-IDF. Data ulasan dikumpulkan melalui teknik web scraping menggunakan Python, kemudian diproses dengan tahapan preprocessing meliputi pembersihan data, case folding, stop word removal, tokenizing, dan stemming. Data yang telah diproses kemudian dianalisis menggunakan algoritma Naive Bayes untuk klasifikasi sentimen positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi algoritma Naive Bayes dan TF-IDF menghasilkan akurasi sebesar 94,12%, menunjukkan efektivitas tinggi dalam mengidentifikasi sentimen pengguna. Temuan ini memberikan wawasan berharga dalam memahami opini pengguna, meningkatkan kualitas game.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectAnalisis Sentimentid_ID
dc.subjectNaïve Bayesid_ID
dc.subjectTF -IDFid_ID
dc.subjectOjol the Gameid_ID
dc.subjectGoogle Play Storeid_ID
dc.titleAnalisis Sentimen Ulasan “OJOL THE GAME” di Google Play Store menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Model Ekstraksi Fitur TF-IDF untuk meningkatkan Kualitas Gameid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record