Pengaruh Modul Cetak terhadap Pengetahuan dan Keyakinan Guru dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Siswa di SMP Negeri 3 Balikpapan Utara
Abstract
Latar Belakang : Nakoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan bahan Adiktikf lainnya memang diperlukan setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang pengobatan dan untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang studi ilmiah. Penyalahgunaan Narkoba merupakan permasalahan diseluruh dunia. Berdasarkan laporan tahunan UNODC, 2013. bahwa diperkirakan sekitar 167 juta sampai 315 juta orang dari populasi penduduk didunia yang berumur sekitar 15-64 tahun menggunakan Narkoba sekali dalam setahum (BNN, 2014). Kota Balikpapan menempati urutan ke dua setelah kota Samarinda. Terungkap kasus pengguna Narkoba di samarinda sebanyak 364 orang, untuk kota Balikpapan sebanyak 253 orang. SMP Negri 3 Balikpapan Utara, berada di kecamatan yang mempunyai kasus terbesar dibagian Kota Balikpapan dengan kasus terbanyak dan meningkat pada setiap tahunnya (POLRES Balikpapan, 2016).
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui pengaruh modul cetak terhadap pengetahuan dan keyakinan guru dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba pada siswi di SMP Negeri 3 Balikpapan Utara.
Hasil penelitian : Berdasarkan hasil uji Wilxocom Sign Rank Test, diperoleh hasil nilai P-Value Sebesar 0.000, nilai ini lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0.05 sehingga tedapat pengaruh yang signifikan modul cetak terhadap pengetahuan guru. Dan berdasarkan hasil uji Paired T-Test, diperoleh hasil nilai P-Value Sebesar 0.000, nilai ini lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0.05 sehingga tedapat pengaruh yang signifikan modul cetak terhadap keyakinan guru SMP Negeri 3 Balikpapan Utara.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh modul cetak modul cetak terhadap pengetahuan dan keyakinan guru dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba pada siswa SMP Negeri 3 Balikpapan Utara.