• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Facultyof Agricultureand Digital Business
  • S1 Agribusiness
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Facultyof Agricultureand Digital Business
  • S1 Agribusiness
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

EFISIENSI SALURAN PEMASARAN HASIL TAMBAK IKAN BANDENG (Chanos chanos) DI DESA MUARA PASIR KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER

Thumbnail
View/Open
COVER (954.1Kb)
BAB I (433.7Kb)
BAB II (624.8Kb)
BAB III (614.5Kb)
BAB IV (272.0Kb)
DAFTAR PUSTAKA (409.1Kb)
LAMPIRAN (1.243Mb)
SKRIPSI (2.201Mb)
Date
2025-01-23
Author
Mislan, Mislan
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada tambak ikan bandeng milik Bapak Wahyu di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) jalur pemasaran usaha Tambak Ikan Bandeng Milik Bapak Wahyu di Desa Muara Pasir Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. 2) margin pemasaran dan farmer’s share. 3) membandingkan saluran pemasaran mana yang paling efisien. Saluran pemasaran merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan pendapatan petani tambak. Namun, masih terdapat permasalahan terkait efisiensi distribusi yang mempengaruhi harga jual dan margin keuntungan petani. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara mendalam dengan pemilik tambak, pengepul, dan pedagang ikan untuk memperoleh data terkait proses pemasaran. Analisis efisiensi dilakukan dengan membandingkan biaya, waktu, dan keuntungan yang diterima oleh setiap saluran pemasaran yang ada. Untuk mendapatkan respondennya peneliti menggunakan menggunakan metode snow ball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran yaitu: 1) pembudidaya-pengepul-konsumen akhir. 2) pembudidaya-pengepul-pengecer-konsumen akhir. Berdasarkan hasil perhitungan, margin pemasaran yang di dapat adalah Rp 12.000/kg dan Rp 22.000/kg dengan farmer’s share sebesar 60% dan 45%. Dari kedua saluran pemasaran tersebut menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terjadi belum efisien karena margin pemasaran yang tinggi dan farmer’s share yang rendah, akan tetapi jika dibandingkan yang mana yang lebih efisien maka saluran pemasaran 1 lah yang paling efisien. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pengembangan saluran pemasaran yang lebih efisien melalui pemanfaatan teknologi digital atau pemroses ikan olahan agar meningkatkan keuntungan petani tambak. Peningkatan kualitas produk dan penerapan sistem manajerial yang lebih baik juga diharapkan dapat mendukung efisiensi pemasaran dan meningkatkan kesejahteraan petani tambak di daerah tersebut.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4708
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback