| dc.identifier.citation | Bahdar, V. S., Mukaromah, S., & A. A. (2021). Hubungan verbal abuse dengan tingkat kecerdasan emosional anak kelas 5 &6 di sdn 012 balikpapan. Journal Keperawatan Wiyata, 2(1)(https://doi.org/10.35728/jkw.v2i1.509), 61. Denny Dwi Saputra, Awafitul Azza,  and Y. S. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Harga Diri Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan. Dewi Astuti. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja. PSYCHO IDEA, ISSN 1693-1076. Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.109 Faisal, A. I. El, & Netrawati. (2023). Perbedaan Kecerdasan Emosional Remaja Pertengahan Ditinjau dari Jenis Kelamin. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 8(1), 91–99. Fauzia, T. F., & Rahmiaji, L. R. (2019). Memahami Pengalaman Body Shaming Pada Remaja Perempuan. In Interaksi Online (hal. 1–11). Fitriah. (2018). Hubungan kecerdasan emosional dengan depresi pada siswa SMA. Florensa, Nurul Hidayah, L. S. (2023). Gambaran Kesehatan Mental Emosional Remaja. Jurnal Kesehatan, vol.12. Gondo, R., & Mbaiwa, J. E. (2022). Agriculture. In The Palgrave Handbook of Urban Development Planning in Africa (hal. 75–103). https://doi.org/10.1007/978-3-031-06089-2_4 Hastuti, R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stress Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 82–91. https://doi.org/10.35952/jik.v8i2.152 Hidayat, R., & Hayati, H. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Sop Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap. Jurnal Ners Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 Halaman 84 - 96 Jurnal Ners Research & Learning in Nursing Science http:// journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners, 3, 274–282. Juwita, R., Dewinda, H. R., & Fitriany, R. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN ORGANISASIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT. MITRA KERINCI DI KABUPATEN SOLOK SELATAN THE RELATIONSHIP BETWEEN EMOTIONAL INTELLIGENCE WITH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) AT PT. KERINCI PARTNER IN SOUTH SOLOK REGENCY. Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/dow nload/infoterkini/materi_rakorpop_20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf. Khasanah. (2018). Kecerdasan Emosional pada Remaja Ditinjau dari Tipe Lembaga Pendidikan dan Jenis Kelamin. KPAI. (2016). Rincian Tabel Data Kasus Pengaduan Anak Berdasarkan Kluster Perlindungan Anak. Ktut Dianovinina. (2018). Depresi Pada Remaja: Gejala Dan Permasalahannya. Journal Psikogenesis. Lin Mas, Eva . dkk. (2016). Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika SMPN 01 Cikarang jawa barat. Jurnal Formatif, 4, 245–256. Mamangkey, L. A. G. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Sosial (SQ) terhadap Kinerja Karyawan Kantor Wilayah Bank BRI Manado. Juernal EMBA, Vol.6 No.4(ISSN 2303-1174), Hal 3208-3217. Mandasari, L., & Tobing, D. L. (2020). Tingkat depresi dengan ide bunuh diri pada remaja. Indonesian Jurnal of Health Development, 2(1), 1–7. https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/33 Miftaachul,  l M. (2020). Hubungan Usia , Jenis Kelamin , Aktivitas Fisik terhadap Depresi pada Lansia di Samarinda. Borneo Student Research, 1(3), 1359–1364. Muhammad Luhfi Fauzi dan Isniar Budiarti. (2019). Analisis Kecerdasan Emosional, Stress Kerja dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mesco Sarana Nusantara (MSN) Jakarta. Muslimahayati, M., & Rahmy, H. A. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.30631/demos.v1i1.1017 Notoadmojo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika. Pamungkas, B. A., & Kamalah, A. D. (2021). Gambaran Tingkat Depresi Pada Remaja : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 1332–1341. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.832 Prasetya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2019). Perilaku religiusitas: analisis terhadap konstribusi kecerdasan emosional dan spiritual benny prasetiya. Jurnal Pendidikan Islam, 10((2)), 303–312. Prayitno, E., Tarigan, N., Sukmawaty, W., & Mauidzoh, U. (2022). 2 3 4 1. Kebangkitan Umkm Pascapandemi Covid-19, 2(4), 4787–4794. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3641/2684 Purwoningrum, A. K., & Mirayanti Mandagi, A. (2020). Tingkat Depresi pada Remaja di Banyuwangi Berdasarkan Jenis Kelamin Menggunakan Beck Depression Inventory-II. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2), 105–111. http://jurnal.fkm.untad.ac.id/index.php/preventif Putri, F. S., Nazihah, Z., Ariningrum, D. P., Celesta, S., & Kharin Herbawani, C. (2022). Depresi Remaja di Indonesia: Penyebab dan Dampaknya. 10(2), 99–108. Rahmah Nusa Fitria, S., Mariana Harahap, I., Agustina, S., Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, M., & Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, B. (2022). KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA REMAJA Emotional Intelligence in Adolescence. JIM FKep, VI, 94–100. Riastiningsih, S., & Sidarta, N. (2018). Tingkat depresi dan jenis kelamin berhubungan dengan perilaku anti sosial pada pelajar SMA. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 1(1), 3–9. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2018.v1.3-9 Riskesdas. (2018). Hasil utama riskesdas 2018. Jakarta: Kemenkes RI. Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Soumokil-Mailoa, E. O., Yanto Paulus Hermanto, & Juliana Hindradjat. (2022). Orang Tua Sebagai Supporting System: Penanganan Anak Remaja Yang Mengalami Depresi. Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral , 3(2), 244–267. https://doi.org/10.46408/vxd.v3i2.154 Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. Susheela.(2018). A Study Of The Relationship Between Depression And Parenting Styles Among Adolescents. Vol. 6. Tua Tambunan Yohannes, Wahyu Widiantoro Fx, & Wahyudi Indra. (2024). Hubungan antara kecerdasan emosional dan kenakalan remaja pada siswa SMK Negeri 1 samigaluh kabupaten kulon progo. Jurnal Psikologi, 20(1), 56–62. file:///C:/Users/HP/Desktop/KE.pdf Tuasikal, A. N. A., & Retnowati, S. (2019). Kematangan Emosi, Problem-Focused Coping, Emotion-Focused Coping dan Kecenderungan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 105. https://doi.org/10.22146/gamajop.46356 Utomo, A. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Skor Depresi pada Mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang sedang Menjalani Tugas Akhir. Victoria Mattingly, K. K. (2019). Bisakah kecerdasan emosional dilatih ? Sebuah penelitian meta-analitis. Tinjauan Manajemen Sumber Daya Manusia, Volume 29(Edisi 2), 140–155. WHO. (2021). Profil Remaja 2021. Diperoleh dari : https://www.unicef.org. WHO. (2022). Adolscent Health. Diperoleh tanggal 3 April 2022, dari https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolescent-health. Wilujeng, C. S., Habibie, I. Y., & Ventyaningsih, A. D. I. (2023). Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Kategori Stres pada Remaja di SMP Brawijaya Smart School. Smart Society Empowerment Journal, 3(1), 6. https://doi.org/10.20961/ssej.v3i1.69257 Wuon, A. S., Bidjuni, H., & Kallo, V. (2016). Perbedaan Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Tinggal Di Rumah Dan Yang Tinggal Di Panti Asuhan Bakti Mulia Karombasan Kecamatan Wanea Manado. ejournal Keperawatan (e-Kp), 4(2), 1–8. Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa kecerdasan emosional remaja tahap akhir berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484. Yustika Izziyatu Anindita, E. C. P. Y. L. (2022). The Affecting Factors Of Depression Level in Elderly Patients in Outpatient Services at the Turi Lamongan Health Center. Journal of Islamic Medicine, Volume 6, 105–112. | id_ID |