Pengaruh Simulasi Penyelamatan Diri Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Bencana Kebakaran pada Siswa Kelas IV SD Negeri Samarinda
Abstract
Pendahuluan: Kebakaran merupakan salah satu bencana yang mendapat perhatian khusus karena dampaknya yang cepat. Pendidikan mitigasi bencana terutama bagi anak-anak usia sekolah merupakan hal penting untuk mengurangi dampak bencana. Sehingga efektivitas mitigasi bencana kebakaran dapat diintegrasikan dengan sektor pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran, pengetahuan, keterampilan dan partispasi publik dalam penanggulangan bencana kebakaran. Tujuan: penelitian ini guna mengetahui pengaruh simulasi terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan upaya penyelamatan diri bencana kebakaran pada siswa SD Negeri Samarinda. Metode: Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Samarinda dengan sampel Sejumlah 80 responden terpilih melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Metode pengambilan data Pre Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Metode Analisa data penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon Test. Hasil: Hasil uji statistic menggunakan uji Wilcoxon Test menunjukkan bahwa nilai p value sebesar 0,000 < 0,050 Kesimpulan: Terdapat pengaruh simulasi terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan upaya penyelamtan diri bencana kebakaran pada siswa kelas IV SD Negeri Samarinda

