| dc.identifier.citation | Academia Ascarya. (2023). Analisis Univariat Dan Bivariat, Cara Olah Datanya. Ascarya Solution. https://ascarya.or.id/analisis-univariat-dan-bivariat/ Aghababaei, N., & Tabik, M. T. (2013) Gratitude and mental health: differences between religious and general gratitude in a Muslim context, mental health, Religion & Culture. 16 (8), 761-766 Ahmad, L (2013). Kecemasan sosial pada remaja. Jurnal Psikologi Universitas Indonesia Timur volume 7 no 2 hal (1718-1724) Ali, M, Makhrus (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar. Jurnal Ar-Rusyd, 1(2), 100-121. Alodokter. (2022). 5 Fakta Hormon Kortisol yang Perlu Diketahui. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.alodokter.com/5-fakta-hormon-kortisol-yang-wajib-dibaca Aminullah, M. A. (2013). KECEMASAN ANTARA SISWA SMP DAN SANTRI PONDOK PESANTREN M. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 205–215. Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00 Beka Dede, E. V., Mola, S. A. S., & Nabuasa, Y. Y. (2022). Implementasi Hamilton Anxiety Rating Scale untuk Mendiagnosis Tingkat Kecemasan pada Mmahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi. Jurnal Komputer Dan Informatika, 10(1), 55–64. https://doi.org/10.35508/jicon.v10i1.6353 Bradshaw, R. (2022). Siswa sekolah negeri sama bahagianya dengan kehidupan mereka seperti siswa sekolah swasta. Centre for Longitudinal Studies. https://cls-ucl-ac-uk.translate.goog/state-school-pupils-just-as-happy-with-their-lives-as-private-school-counterparts/ Chhabra, G. S., & Sodhi, M. K. (2011). Factors Contributing to psychosocial ill health in male adolescents. Online Journal of Health and Allied Sciences, 10, (3), pp. 1-4 Dasniari, N. P., & Marselinawati, P. S. (2022). PENGARUH AGAMA TERHADAP KESEHATAN MENTAL. SWARA WIDYA: Jurnal Agama Hindu, 2(1).  Elfariani, I., & Anastasya, Y. A. (2023). Regulasi Diri dan Kecemasan Sosial pada Remaja. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 5(1), 57–67. https://doi.org/10.29103/jpt.v5i1.10421 Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental (M. Thoha (ed.)). Duta Media Publishing. https://www.researchgate.net/profile/DianaFakhriyani/publication/348819060_Kesehatan_Mental/links/60591b56458515e834643f66/Kes ehatan-Mental.pdf Fatimah & Lestari, P. 2019, Pijat Perineum: Mengurangi Ruptur Perineum untuk Kalangan Umum, Ibu Hamil, dan Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.  Geograf. (2024). Pengertian Jenis Kelamin: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli. Geograf. https://geograf.id/jelaskan/pengertian-jenis-kelamin/ Halodoc. (2023). Ini Penyebab Gangguan Kecemasan yang Perlu Diketahui. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/ini-penyebab-gangguan-kecemasan-yang-perlu-diketahui Harmoni, J., & Bangsa, N. (2023). Presepsi Remaja Terhadap Gangguan Kecemasan Pada Fase Remaja Akhir Menuju Dewasa Awal. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(1), 28–39. http://stipram.co.id https://doi.org./1 Desember 2013           https://id.scribd.com/doc/143354392/BAB-II-Tinjauan-Gender       https://www.sehatq.com/artikel/faktor-lingkungan-yang-berpengaruh-pada-mental Irawan, S., & Siska W., Di. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 9–19. Juliandi A, Irfan, Manurung S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press. Järvi, K., & Khoreva, V . (2020). The role of talent management in strategic renewal. Employee Relations: The  International Journal, 42(1) 75-89. https://doi.org/10.1108/ER-02-2018-0064  Jayanthi, P., Thirunavukarasu, M., & Rajkumar, R. (2015) Academic Stress and Depression among Adolescents: A Cross-sectional, Indian Pediatrics, 52, p-271-219.  Kaltim Today. (2019). Setiap Manusia Potensi Alami Gangguan Jiwa, 2030 Mendatang Penyakit ini Jadi Beban Utama Dunia. Kaltim Today. https://kaltimtoday.co/setiap-manusia-potensi-alami-gangguan-jiwa-2030-mendatang-penyakit-ini-jadi-beban-utama-dunia  Kusumawardani, N., Wiryawan, y., Anwar, A., Handayani, K., & Angraeni, S. (2016). Perilaku Berisiko  Kesehatan  pada  Pelajar  SMP  dan  SMA  di  Indonesia.  In Badan Penelitian     dan  Pengembangan     Kesehatan     Kementrian     Kesehatan     RI. http://www.who.int/ncds/surveillance/gshs/GSHS_2015_Indonesia_Report_Bahasa.pdf?ua=1 Lin, J., & Guo, W. (2024). The Research on Risk Factors for Adolescents’ Mental Health. Behavioral Sciences, 14(4), 1–29. https://doi.org/10.3390/bs14040263 Lubis,  L.  T.,  Sati,  L.,  Adhinda,  N.  N.,  Yulianirta,  H.,  &  Hidayat,  B.  (2019).  Peningkatan kesehatan mental anak dan remaja melalui ibadah keislaman improving children and adolescent mental hygiene through islamic worship, 16(2), 120–129. Muslihah, N. et al. 2021, Prinsip Dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Malang: Universitas Brawijaya Press. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Prinsip_dan_Aplikasi_Metodologi_Peneliti/xqFgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=interpretasi+nilai+kappa&pg=PT87&printsec=frontcover. Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. In LP2M (Lembaga Penelitian dan Pegabdian Masyarakat. http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/858 Notoatmodjo, S. (2018).  Metodologi penelitian kesehatan.Jakarta: Rineka cipta. NS Development. (2020). Skala Kecemasan HARS. Nirmala Satya Development. https://nsd.co.id/posts/skala-kecemasan-hars.html Nugroho, Untung. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung Nurnitasari, F. et al. (2021) ‘Pengaruh Tempramen Buruk Orang Tua Terhadap Kesehatanv Mental Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas XI di SMA Al-Layyinah Kampung Cijengir Kecamatan’, 3(2), pp, 145-156. Nursalam. (2020). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis (Edisi 5). Salemba Medika. Oktarini, S., & Prima, R. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN FRAKTUR PRE OPERASI. 10(1), 54–62. Oktaviani Vini, Santoso Meilanny Budiarti, S. T. R. (2021). Pendampingan Pada Remaja Dalam Mengatasi Cemas Saat Public Speaking Menggunakan Emotional Freedom Technique, Relaksasi Imajinasi Dan Olah Tubuh. Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2, 291–297. Orth, U., & Robins, R. W. (2022). Is high self-esteem beneficial? Revisiting a classic question.  American Psychologist, 77(1), 5. Osborn,  T.  L.,  Wasanga,  C.  M.,  &  Ndetei,  D.  M.  (2022). Transforming  mental  health  for all. The BMJ. https://doi.org/10.1136/bmj.o159 Psikologi, F. U. M. A. (2022). Mengenal Gangguan Kecemasan. PDAI Universitas Medan Area. https://psikologi.uma.ac.id/mengenal-gangguan-kecemasan-anxiety-disorder-pada-remaja/ Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah (Inded). Magelang. Staial Press. Putra, R. F. N. P. (2023). Adaptasi Mental Health Continuum – Short Form Bahasa Indonesia. Psychocentrum Review, 5(2), 86–96. https://doi.org/10.26539/pcr.521768 Putri Triyana Harlia, Hany Felesia Reynita, F. F. (2023). Karakteristik Remaja Yang Mengalami Kecemasan Di Masa Pubertas. Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11, 281–290. Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17 (1), 25-32. Rachmawati, A. A. (2020). Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. EGSAUGM. https://doi.org/19/445007/GE/09114 Rahmy, H. A., Rahma, M., Purnakarya, I., & Mahdalena. (2021). Perilaku Makan Dan Status Gizi Remaja : Studi Kasus Sman 9 Pauh. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2). Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 1-100. RISKESDAS. (2018). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. In InfoDATIN (p. 12).   Rochman, L. (2015). Kesehatan mental. Purwokerto: Stain Press. Rosmarin, D. H., Pirutinsky, S., Cohen, A. B., Galler, Y., & Krumrei, E. J. (2011). Grateful to god or just plain grateful? a comparison of religious and general gratitude. The Journal of Positive Psychology, 6, 389–396 Ryo. (2019, Oktober 09). Ini penyebab dan bahaya gangguan kesehatan mental pada remaja yang tidak ditangani. Retrieved from orami.co.id. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Susilo, T. E., & Eldawaty. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Unib, 4(2), 105- 113.  Talitha, T. (2021) Apa Itu Kesehatan Mental & Pentingnya Kesehatan Mental, Jakarta: Gramedia Trifiana, A. (2021, Mei 13). Retrieved from sehatq.com: Unicef. (2022). Apa itu kecemasan? Perasaan cemas yang dialami anak bisa dicegah dan diatasi. Unicef. https://www.unicef.org/indonesia/id/kesehatan-mental/artikel/kecemasan Wilujeng, C. S., Habibie, I. Y., & Ventyaningsih, A. D. I. (2023). Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Kategori Stres pada Remaja di SMP Brawijaya Smart School. Smart Society Empowerment Journal, 3(1), 6. https://doi.org/10.20961/ssej.v3i1.69257 World Health Organization (WHO), (2019). Adolescent development. https://www.who.int/maternalchild_adolescent/topics/adolescence/development/en/ diakses tanggal 22 Februari 2018 WHO. (2021). Kesehatan Mental Remaja. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health World Health Organization. (2017). Depression and Other Common Mental Disorders. World Health Organization, 48(1), 56–60. Yeli, S (2012). Psikologi Agama. Pekanbaru: Zanafa Publishing. Yuliandari, E. (2022). Kesehatan Mental Anak dan Remaja. Padiatrische Praxis, 99(1), 179–190. https://doi.org/10.1007/s00112-023-01714-w Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14 35 | id_ID |