Show simple item record

dc.contributor.authorAsmar, Yuliannur
dc.contributor.authorSusanti, Erni Wingki
dc.contributor.authorWinarti, Yuliani
dc.date.accessioned2018-05-21T08:18:22Z
dc.date.available2018-05-21T08:18:22Z
dc.date.issued2015-09-02
dc.identifier.citationAriani Widya Utami (2013). Perbedaan Pengetahuan, Sikap, Praktik Personal Hygiene (Kebersihan Tangan, Kuku dan Kaki) Sebelum dan Sesudah Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa SDN 035 Samarinda. Skripsi, Yidak Dipublikasikan, Samarinda, Universitas Mulawarman, Indonesia Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013), Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Brown, J.E. (2005). Nutrition throught the life cycle. Wadsworth : Thomson Learning Departemen kesehatan, http://depkes.go.id, (di akses pada tanggal 22 Februari 2015) Dinas Kesehatan Kota Samarinda (2015). Laporan Tahunan Angka Kejadian Penyakit Kota Samarinda Pada Tahun 2014. Samarinda : Dinas Kesehatan Kota Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2013).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Maulana, Heri D.J. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : PT Bumi Aksara Notoadmodjo, Soekidjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta Puskesmas Temindung, (2015). Laporan Bulanan Puskesmas Temindung Pada Bulan Januari-Desember 2014. Samarinda: Puskesmas Temindung Word Health Organization, http://www.who.int/en/, (diakses pada tanggal 22 Februari 201id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/475
dc.description.abstractLatar Belakang : Penyakit ISPA merupakan penyebab utama mortalitas penyakit menular di dunia. ISPA berhubungan erat dengan pajanan debu tertentu, anak-anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa karena pusat perkembangan saraf mereka masih berkembang. Ditambah lagi anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain di luar ruangan. Pendidikan kesehatan memiliki berbagai metode untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan salah satunya yaitu metode role play. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh metode role play mengenai pencegahan penyakit ISPA terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utara. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 62 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket berisi pengetahuan mengenai pencegahan penyakit ISPA. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji wilcoxon sign rank test, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan metode role play. Didapatkan nilai P-Value yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05. Kesimpulan : Terdapat pengaruh metode role play yang signifikan meningkat secara statistik terhadap pengetahuan siswa SDN 018 Mugirejo Samarinda Utara mengenai pencegahan penyakit ISPAid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectMetode Role playid_ID
dc.subjectPenyakit ISPAid_ID
dc.subjectPengetahuanid_ID
dc.titlePengaruh Metode Role Play Mengenai Pencegahan Penyakit ISPA terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utaraid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Role Play Method in Preventing Upper Respiratory Tract Infection (URI) to the Awareness Improvement of SDN 018 Students in Mugirejo Administrative Village North Samarinda 2015id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record