• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pelatihan Penanganan Tersedak pada Usia Toddler Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu di POSYANDU Kutilang 4 PUSKESMAS Makroman

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI (2.932Mb)
COVER (446.1Kb)
BAB I PENDAHULUAN (93.64Kb)
BAB II METODE PENELITIAN (156.1Kb)
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN (147.1Kb)
BAB IV PENUTUP (77.66Kb)
DAFTAR PUSTAKA (85.54Kb)
LAMPIRAN (2.214Mb)
Date
2024-07-20
Author
Indah Herlina, Indri
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Aspirasi yang disebabkan benda asing atau tersedak merupakan salah satu kasus gawat darurat. Tersedak merupakan penyebab kematian keempat yang sering terjadi pada anak terutama usia prasekolah atau usia toddler. Choking (tersedak) merupakan kegawatdaruratan yang sangat berbahaya, karena hanya beberapa menit anak akan mengalami kekurangan oksigen bahkan kematian dari batang otak. Sehingga dari orang tua perlu memahami berbagai jenis pertolongan pertama yang dapat diberikan pada anak tersedak.. Kondisi tersedak pada anak dapat menimbulkan situasi kegawatdaruratan respirasi yang jika tidak ditangani dengan segera dapat mengancam jiwa maupun kecacatan anak. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pelatihan penanganan tersedak pada usia toddler terhadap tingkat pengetahuan ibu di posyandu kutilang 4 puskesmas makroman. Metode: Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen, penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang di gunakan adalah quasi- eksperimental dengan design penelitian pre-test post-test with control group design. Kesimpulan: : Hasil p-value 0.000 (p-value<0.05) yang bermakna bahwa pelatihan penanganan tersedak ini memberikan pengaruh baik dan juga terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam melatih penanganan tersedak pada usia toddler. Sehingga dengan adanya pemberian pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal untuk responden agar dapat menerapkan atau memberikan pertolongan pertama pada kasus tersebut di masyarakat.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4764
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback