| dc.identifier.citation | Abd.Hady J, Asrina, A., Hariani, & Sudirman. (2021). Pengaruh Metode Simulasi Kegawatdaruratan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Penanganan Kegawatdaruratan. Jurnal Imliah Kesehatan Diagnosis, 16(3), 117–123. http://www.libnh.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/759%0Ahttp://www.libnh.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/download/759/476 Aji, R., Marita, Z., Setyaningsih, W., Nulhakim, L., Giatamah, Z., Kiki Anugrah, A., Keperawatan Andakara, A., Bekasi, K., Barat, J., Wicara, T., Kesehatan Kemenkes Surakarta, P., Keperawatan, J., Kemenkes Jayapura, P., Keperawatan, P., Kemenkes Kalimantan Timur, P., Studi Sarjana Terapan Keperawatan, P., & Medika Suherman, U. (2023). The Effect of First Aid Skills Training on Failed Students. Jurnal Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 33(3), 3–10. Amalia, R. F., & Ridhyalla, A. (2023). Pertolongan Pertama Pada Penurunan Kesadaran/Sinkop Di SMP N 5 Padang Panjang. Abdimas Sintika, 5, 87. Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601 Hanafi, A. A., Lailatul Maghfiro, I., & Ulfiatin, E. (2022). Pengaruh demonstrasi terhadap keterampilan pertolongan pertama syncope pada anggota Palang Merah Remaja (PMR) di MTSI Attanwir Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Johc, 3(3), 1–12. Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran. 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924 Izzaty, R. E. (2010). Perkembangan Anak Usia 7 - 12 Tahun. Jurnal Pendidikan, 4(3), 1–11. jesyifa, tasya hanarul, & fitriyani, noor. (2022). Pengaruh Edukasi Syncope Dengan Metode Jigsaw. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(2), 2580–135. https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/jik/article/view/1149/898 Kundre, R., & Mulyadi. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2), 1–8. Maryati, B. A., & Fepyani, F. T. (2021). Proposal Penelitian Hubungan Kesepian Dengan Kualitas Hidup Program Studi Ners. 1–45. Mata, S., Dasar, P., & Grafis, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Storytelling Terhadap Hasil Belajar. 1(1), 36–46. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.7 Maysaroh. (2023). Pengetahuan Masyarakat Awam Dalam Melakukan Tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Jember. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. Mega Arianti Putri, A. T. E. (2021). EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN PADA SISWA SMK AR RAHMAN NGUNTORONADI. IV, 6. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jbca/article/view/171 Mokoagow, W., I. V.Watung, G., & Sibuana, S. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Dengan Penanganan Pertama Pada Siswa Sinkop Di Kelas Ix Man 1 Kotamobagu. Stikes Graha Medika, 3, 10–15. Ndasi, A. A. R., Endu, S., Dhoka, F. A., Mawa, H. A., & Lawe, Y. U. (2023). Peningkatan Daya Ingat Siswa Sd Melalui Metode Simulasi. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1507 Sari, A. N., Nur, M. S., Cahyani, M. E., Rizqi, M. Y., Muhammad, A. A., & Zulaikha, F. (2022). Edukasi Pertolongan Pingsan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1, 1–7. http://www.jurnalpkm.org/index.php/jpn/article/view/26/1 Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta. cvalfabeta.com Sulaeman, R. N., Lestari, R. D., Dramawan, A., & Purnamawati, D. (2022). Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Keterampilan Pelaksanaan Kegiatan 3M ( Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak ) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 733. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.733-740.2022 Sulistyowati, A., Putra, K. W. R., & Umami, R. (2017). Tentang Perawatan Payudara Selama Hamil Di. 6(2), 40–43. Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau. 1, 24–36. Suwardianto, H. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Berupa Pelatihan Penanganan Korban Sinkop terhadap Keterampilan Murid SMA Kristen Petra Kota Kediri. Pelita Abdi Masyarakat, vol.2,no.2(2), 59–60. https://journal.pelitamedika.org/index.php/pam/article/view/14 Swasanti, dr N., & putra, winkanda. (2020). Panduan Praktis Pertolongan Pertama Pada Kedaruratan (P3K). (R. KR (ed.)). KATAHATI. Tiara, C., Mifta, F., & Hidayat, R. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Petode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Siswa PMR Dalam Tindakan Pertolongan Pertama Pada Syncope di MAN Model Manado Cinta Tiara Program Studi Ners Fakultas Imu Kesehatan , Universitas Muhammadiyah Manado Program Stu. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 2(1). Widiastuti, N. K. P., & Adiputra, I. M. S. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 23. https://doi.org/10.36565/jab.v11i1.409 Windari, K. (2024). Penerapan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Sastra Visualisasi Puisi. 2(1), 190–197. Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2), 96–102. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/perspektif/article/view/1540/1121 Yunus, P., & Syukur, S. B. (2023). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Guru Dalam Penanganan Sinkop Di Sekolah Sma Negeri 1 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jambura Jurnal Of Health Science And Reseach, 5(1), 79–89. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/index | id_ID |