Show simple item record

dc.contributor.authorWahyu, Wahyu
dc.date.accessioned2025-06-24T07:35:32Z
dc.date.available2025-06-24T07:35:32Z
dc.date.issued2024-07-17
dc.identifier.citationAdawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504 Agita, E.P., 2017. Pengaruh Terapi Okupasi Terhadap Harga Diri Rendah Pasien Gangguan Jiwa Di Rsjd Dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah. Akbar, A. F., Andreswari, D., & Setiawan, Y. (2021). Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Alat Berat Pada Siswa Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Kota Bengkulu Dengan Mengimplementasikan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality (AR). Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1), 64–78. https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.14755 Alwi, M. A., & Razak, A. (2022). Adaptasi Rosenberg’s self-esteem di Indonesia. LP2M Universitas Negeri Makassar, 1074–1080. Andry, I. R., (2017). Hubungan Antara Pengguna Media Sosial Instagram Dengan Harga Diri. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2017. Anggraini, P., Prasasti, B. W. D., & Supratno, H. (2021). Cinta, harga diri, dan sikap tokoh: sebuah kajian psikologi sastra (Love, Self-Esteem, and Attitude of Characters: A Study of Literature Psychology). Kandai, 17(2), 297. https://doi.org/10.26499/jk.v17i2.3250 Azanella. L. A. (2019). Fenomena artis pamer kekayaan di media sosial, kok netizen menikmati? https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/21/074516865/fenomena-artispamer-kekayaan-di-media-sosial-kok-netizen-menikmati?page=all#page3 Azwar, S. (2011). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar. Baron, R.A & Byrne, D. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1 (penerjemah Ratna Djuwita, dkk.). Jakarta: Erlangga, 305-307 Clarke,J. (2014). Self-Esteem, Self-Efficacy & Dual Processing in Magic Trics :I Know How You Did That (Vol.4,Nomor 1). Dhani, K. R. (2015). Hubungan Pengguna Facebook dengan Narsisme, Self-Esteem dan Kesepian pada Remaja di Indonesia. Naskah Publikasi. Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20 Difa Islami, M., Merida, S. C., Novianti, R., Psikologi, F., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). Harga Diri dengan Presentasi Diri pada Remaja Pengguna TikTok Self-esteem with Self-presentation on Adolescents TikTok Users. JoPS: Journal of Psychological Students, 1(2), 1 10. https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16718 Dyane, D.(2013). Motif Menggunakan Social Path Pada Mahasiswa Di Surabaya. 3(2), 171-181. Eryc. (2022). The Impact of Tik-Tok Use on Self-Expression by Generation-Z users. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., 6(4), 921–927. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i4.956 Gonzales, A. L., & Hancock, J. T. (2011). Mirror, mirror on my Facebook wall: Effects of exposure to Facebook on self-esteem. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 14(1–2), 79–83. https://doi.org/10.1089/cyber.2009.0411 Handayani, P. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Instagram (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). Hidayati, F. W., Jhoansyah, D., Deni, R., & Danial, M. (2021). Jurnal Indonesia Sosial Sains. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 230–240. Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1270–1281. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/294 Khoiroh, A., & Paramita, P. P. (2014). Peran Dukungan Sosial terhadap Pembentukan Self Esteem yang Tinggi pada Remaja Tunanetra di Sekolah Khusus. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 3(3), 129–136. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpiod89a90a0422full.pdf Lee, J., Sung, M. J., Song, S. H., Lee, Y. M., Lee, J. J., Cho, S. M., Park, M. K., & Shin, Y. M. (2018). Psychological Factors Associated With Smartphone Addiction in South Korean Adolescents. Journal of Early Adolescence, 38(3), 288–302. https://doi.org/10.1177/0272431616670751 Lembaga Statiska. 2017. 2022, Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 125 Juta. Databok.Kadata http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/07/1-pengguna-media-sosial-indonesia- mencapai-125-juta?_ga (Akses Juli 01, 2024) Lugones Botell, M., Quintana Riverón, T. Y., & Cruz Oviedo, Y. (1997). Amor, sexo, cultura y sociedad. Revista Cubana de Medicina General Integral, 13(5), 512–517. Mawo, Thomas, S. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan, Konsep Diri dan Budaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 1 Kota Bajawa. Journal of Economic Education, Volume 6 ((1), 60–65. Moksnes, U. K., & Espnes, G. A. (2013). Self-esteem and life satisfaction in adolescents-gender and age as potential moderators. Quality of Life Research, 22(10), 2921–2928. https://doi.org/10.1007/s11136-013-0427-4 Musdalifah, M., Iswandari, R. K., & Setiyowati, E. (2023). Media Sosial Tiktok Dan Tingkat Kepercayaan Diri. Sebatik, 27(2), 657–664. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2399 Nasrullah, R., & Nurbaya, N. S. (2017). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (Nunik Siti Nurbaya (ed.); 4th ed.). Simbiosa Rekatama Media, PT. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136236 Nauri Anggita &, I. M. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (1st ed.). Pusat pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan : Jakarta., 2018. Nisa, S. 201. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial (Jejaring Sosial) Dengan Kecenderungan Narsisme Dan Aktualisasi Diri Remaja Akhir. In Skripsi. Nisa Mahmudah, D. P. (2022). Pengaruh Konten Seleb Tiktok terhadap Tingkat Stres dan Tingkat Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358. Nurdianawati. (2021). Metodologi Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115. Nursalam. (2016). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis (4th ed.). Salemba Medika, 2016. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20398757 Nursalam. (2020). Metedologi Penelitian Ilmu Keperawatan (5th ed.). Salemba Medika. https://www.academia.edu/35662681/METODOLOGI_NURSALAM Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 549–556. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4832 Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif Dalam Psikologi (1st ed.). Yogyakarta Pustaka Pelajar 2016. Prof. Dr. Winarno, M. P. (2013). Metode Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (1 (ed.)). Universitas Negeri Malang (UM PRESS). https://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/buku-8.pdf Putri, L. H., & Isrofins, B. (2021). Perilaku narsisme dan harga diri terhadap penggunaan media sosial TikTokpada siswa SMA. Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 49-73. doi: 73.10.26877/empati.v8i1.7806 Putri, L. H. (2021). Perilaku Narsisme dan Harga Diri Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa SMA. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 49–73. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7806 Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248 Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Akademika, 11(02), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959 Rismayanti, Khairani, S., Khair, U., & Suriati. (2021). Parenting Guides Penggunaan Media Sosial Pada Remaja Di Lingkungan 1 Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal TUNAS, 3(1), 1–6. Risnawitaq, M. N. G. & R. S. (2010). Teori-teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 2nd ed.). https://repository.iainkediri.ac.id/584/ Sabekti, R., Yusuf, A., & Pradanie, R. (2019). Aktualisasi Diri Dan Kecenderungan Narsisme Pada Remaja Akhir Pengguna Media Sosial. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 1(1), 7. https://doi.org/10.20473/pnj.v1i1.12374 Sabrina, A.N (2022) Gambaran Harga Diri Pada Pengguna Media Sosial Di Bangkinang, Skripsi dipublikasikan: Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2022. Samsiah, & Hidir, A. (2017). Pola Pemberian Uang Saku/Bekal bagi Siswa/i di SMP Negeri 7 Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai. Jom Fisip, 4(2), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/14825 Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615 Santrock, J. W. (2008). Motor, sensory, and perceptual development. A topical approach to life-span development. McGraw-Hill Higher Education, Boston, 172-205. Sarwono, S. W. (2010). Psikologi Remaja (3rd ed.). Jakarta : Raja Grafindo Persada. Shelley E. Taylor Letitia Anne Peplau, D. O. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta : Kencana Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial. Jurnal Interaksi, 4 (1), 1-10. Sugiyanto, I. (2017). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Dampak Penggunaan Media Sosial Oleh Remaja Di Sman Kota Pasuruan. Perpustakaan Universitas Airlangga, 1–179. https://repository.unair.ac.id/77624/ Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D (1st ed.). Alfabeta. Svensson, R., Johnson, B., & Olsson, A. (2022). ‘Does gender matter? The association between different digital media activities and adolescent well-being’. BMC Public Health, 22(273). https://doi.org/10.1186/s12889-022-12670-7 Tafarodi, R. W., & Swann, W.B (1995) Self-Linking and Self-Competence as Dimensions of Global Self-Esteem: Initial Validation of a Measure. Journal Of Personality Assement, 65(2), 322-342. Tinakon, W., & Nahathai, W. (2012). A comparison of reliability and construct validity between the original and revised versions of the Rosenberg Self-Esteem Scale. Psychiatry Investigation, 9(1), 54–58. https://doi.org/10.4306/pi.2012.9.1.54 Unicef, Kominfo & Harvard, 2014. Keamanan Pengguna Media Digital pada Anak dan Remaja di Indonesia. Kominfo.go.id (Akses pada Juli 02.2024). Varnali, K., & Toker, A. (2015). Self-disclosure on social networking sites. Social Behavior and Personality, 43(1), 1–14. https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.1.1 Wahyuni, Jihandewi. (2022) Pengaruh Harga Diri, Academic locus of Control, dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi (Collage Adjusment) pada Mahasiswa Tahun Pertama UIN Syarif Hidyatullah Jakarta, Skripsi tidak dipublikasikan: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah Jakarta, 2014. Waitley, D. (2012). Psycology Of Success : Developing Your Self Esteem (3rd ed.). Irwin Career Education Division. https://archive.org/details/psychologyofsucc0000wait_z1x5/page/n7/mode/2upid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4934
dc.description.abstractLatar Belakang: Tiktok adalah aplikasi yang sedang populer saat ini, yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri di media sosial. Ekspresi diri dapat dilakukan dalam berbagai cara, seperti membuat video yang menonjolkan kreativitas, keunikan dan keberagaman yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. Harga diri yang diperoleh seseorang tergantung pada pengakuan dan penilaian yang didapatkan dari gambaran yang dibagikan ke tiktok. Remaja mengunggah kegiatan di aplikasi tiktok dengan harapan menerima tanggapan positif, rasa dihormati seseorang, kemudian individu secara psikologis memandang dirinya disenangi, mampu, berharga, dan diterima oleh orang lain. Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan penggunaan aplikasi tiktok dengan harga pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh remaja kelas sepuluh di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Sampel ini didapatkan dengan metode random sampling dengan total sampel berjumlah 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dan Kuesioner Penggunaan Aplikasi Tiktok. Uji Statistik dalam penelitian ini menggunakan uji Chi- Square. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (86,7%), berumur 16 tahun (57,5%), jurusan teknik alat berat 1 (21,7%) dan memiliki uang saku 15.000-25.000 (77,5%). Siswa remaja yang memiliki penggunaan aplikasi tiktok baik (53,3%) dan harga diri tinggi (64,2%) dengan Odd Rasio 3.836. Hasil perhitungan variabel Chi-Square didapatkan P-Value < a (0,001<0,05) sehingga dinyatakan Ha diterima. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang terjadi antara penggunaan aplikasi tiktok dengan harga diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPenggunaan Aplikasi Tiktokid_ID
dc.subjectHarga Diriid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan Harga Diri pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between The Use of The Tiktok Application and Self-Esteem in Adolescents at SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record