| dc.identifier.citation | Ahmad, R.S., & Wati, E.K. (2023). Efektifitas Pelatihan Peer Educator Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan Dan Perubahan Image Kesehatan Reproduksi Remaja Putri SMAN 4 Purwokerto. Jurnal Kesehatan Soedirman, 2(1), 64–71. Ammaralia, F. A. (2023). Pengaruh Peer Educator terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja dalam Pencegahan HIV/AIDS: Literature Review. Jurnal Universitas Muhammadiyah Megelang, 2(1), 12–20. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Ayanaw Habitu, Y., Yalew, A., & Azale Bisetegn, T. (2018). Prevalence and factors associated with teenage pregnancy, Northeast Ethiopia, 2017: a cross-sectional study. Journal of Pregnancy, 2018. Bancin, D., Sitorus, F., & Anita, S. (2022). Edukasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi (Kespro) Remaja Pada Kader Posyandu Remaja Lembaga Pembinaan Khusus Kelas I Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 103–110. Bhakti, A. H. (2019). Pengaruh Pendampingan Pendidik Sebaya Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Triad Kesehatan Reproduksi Remaja di Kota Madiun (Studi kasus di SMAN 5 Kota Madiun). Skripsi STIKes Bhakti Husada Madiun, 88. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5630-Full_Text.pdf BKKBN. (2018). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan KonselingRemaja dan Mahasiswa (PIK-R/M). In Direktorat Remaja Dan Perlindungan Hak- Hak Reproduksi (Vol. 4, Issue 2, p. 285). Direktorat Remaja Dan Perlindungan Hak- Hak Reproduksi. BKKBN. (2020). Kajian Profil Penduduk Remaja (10-24 tahun): Ada Apa Dengan Remaja. Jakarta: In Direktorat Remaja Dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi (Vol. 8, Issue 2, pp. 285–302). Direktorat Remaja Dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi. BKKBN. (2021). Keluarga Adalah Kunci Utama Pencegah Triad KRR pada Remaja (p. 120). BKKBN. BNN. (2023). Laporan Akhir Survei Nasional Perkembangan Penyalahguna Narkoba Tahun Anggaran 2022. (p. 110). BNN. Dewayani, B. M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Masyarakat Awam Tentang Kanker Ovarium Di Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 828–831. Dewi, F. N. R. (2021). Konsep diri pada masa remaja akhir dalam kematangan karir siswa. Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 46–62. Dewi, I. P., Sanusi, S., & Maryati, I. (2019). Pelatihan Kader Kesehatan Remaja untuk Meningkatkan Capaian Indikator Sehat Siswa/I di Pondok Pesantren. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 86–90. Gurian, M. (2013). What Could He Be Thinking?: How a Man’s Mind Really Works. Macmillan. Handayani, L. T. (2018). Kajian Etik Penelitian Dalam Bidang Kesehatan Dengan Melibatkan Manusia Sebagai Subyek. The Indonesian Journal of Health Science, 10(1), 47–54. https://doi.org/10.32528/the.v10i1.1454 Handayani, M. N. Y. (2020). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsep Diri Remaja Literature Review. STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo. Hasan, Z., & Yeni Aryani, Y. (2020). Pembentukan Kelompok Kesehatan Reproduksi Pada Siswa Mts Muhammadiyah 02 Pekanbaru Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kota Pekanbaru. Jurnal Ebima. Volume 1, No 1 November 2020, 1(1), 47–51. Hidayat, R. B. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIME LINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRONOLOGIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Hilda, F. M. (2020). Pelatihan Terhadap Keterampilan Kader Posyandu. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 3(1), 22–30. Janah, E. N., Zakiudin, A., & Lestari, A. M. (2019). Pencegahan HIV/AIDS Melalui Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Dan Pembentukan Kader Kesehatan Remaja. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 1, 54–60. Juwartini, D., & Kusumaningtyas, D. (2022). Pengaruh pelatihan konselor sebaya pada mahasiswa terhadap pengetahuan dan ketrampilan memberikan informasi kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Keperawatan, 14, 39–51. Kemenkes. (2021). Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia 2020 Kesehatan Reproduksi Remaja (p. 120). Kemenkes RI Dirjen Kesehatan Reproduksi dan Remaja. Kemenkes. (2021). Survey Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2019 (p. 89). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Lora Marlita. (2022). Pengaruh Peer education terhadap perilaki seksual remaja di SMK Abdurrab Kota Pekanbaru. 16(1), 1–23. Lubis, B. S., & Oktaviani, A. (2023). Edukasi Anak Terkait Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan COVID-19 di SDN 003 Sanga-Sanga. Shihatuna: Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 3(1), 7–12. Mareti, S., & Nurasa, I. (2022). Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Kota Pangkalpinang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(2), 25–32. https://doi.org/10.32539/jks.v9i2.154 Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Hubungan Dukungan Emosional Keluarga Terhadap Penyelesaian Proposal Skripsi Pada Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Ningsih, R., Supartini, Y., & Tambunan, E. S. (2022). Efektivitas Edukasi PKPR Menggunakan Buku “Aku Remaja Sehat” Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Tentang Kesehatan Remaja Pada Kader Kesehatan Remaja Di Wilayah Puskesmas Cipayung Jakarta Timur. JKEP, 7(1), 102–114. Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. In Rienka Cipta. Rienka Cipta. Nurhmasyah, D., Mendri, N. K., & Wahyuningsih, M. (2019). Pengaruh Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (Krr) Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperwatan Respati, 2(2), 67–83. Nurmala, I., Rachmayanti, R. D., & Devi, Y. P. (2023). Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Menjalankan Peran Sebagai Peer Educator. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 912–918. Nursalam. (2015). Metodologi Penelitan Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (P. P. Lestari (ed.); 4th ed.). Salemba Medika. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed). In Salemba (1st ed., p. 120). Salemba medika. Nursalam. (2020). Metodologi Penelitan Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 3). Salemba Medika. Nursalam, N. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan - Ners Unair Repository. 2020, 123(1). Nursyahfitri, Y. T., Safrudin, B. L., Burhanto, B., & Purdani, K. S. (2024). Pendidikan Kesehatan Dengan Metode ACEJ (Active, Creative, Effective and Joyful) Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Gastritis Pada Remaja Di Pondok Pesantren Bina Dakwah Loa Bakung. Jurnal Ners LENTERA, 12(2), 1–11. Nuryadi, Astuti, Tutu Dewi, Sri Utami, Endang, Budiantara, M. (2017). Statistik Dasar-Dasar Penelitian. Pranawa, S., Humsona, R., & Yuliani, S. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Dengan Peer Education Strategy. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 183–194. Puspita, S., & Puspita, E. (2022). Pendidikan dan Promsi Kesehatan. In 1 (Ed.), Penerbit Buku Pendidikan Deepublish (1st ed., Vol. 3, Issue 1, p. 87). Putri, I., Ismarwati, I., Daryanti, M., & Dwihestie, L. (2022). A Formation of Peer Counsellors in an Effort to Create a Youth Information and Counselling Center at SMP Muhammadiyah Banguntapan, Bantul Yogyakarta Indonesia. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1962–1970. Rahmawati, H. A. (2019). Efek Pelatihan Tehadap Pengetahuan dan Keterampilan dalam Kgeiatan pendiidkan kesehatan Remaja di Kelurahan Rengas Kota Tanggerang Selatan Tahun 2019. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 11(1), 92–105. Ramdani, R., Rofiqah, T., Khairat, I., Saragi, M. P. D., & Saputra, R. (2020). The role of school counselors to helping student in puberty through the collaborative paradigm. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 10–18. Safrudin, B., & Purdani, K. S. (2024). The Pencegahan Penyalagunaan Napza Melalui Sosialisasi di SMK Muhammadiyah 04 Samarinda: Pencegahan Penyalagunaan Napza Melalui Sosialisasi di SMK Muhammadiyah 04 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 49–56. Safrudin, M. B., & Wibowo, T. A. (2021). Peningkatan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan perilaku seksual berisiko melalui intervensi brief terapi dan life skill (biskill) pada remaja Knowledge and attitude improvement in prevention of risk sexual behavior through brief therapy intervention and life skill (biskill) in adolescents. Jurnal Health of Studies ISSN, 5(2), 102–109. Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 10–16. Sarwono, S. (2016). Pengantar Psikologi Umum. In PT. Raja Grafindo Persada (Vol. 3, Issue 2, p. 201). Sugiyono, P. D. (2019). Statistika untuk Penelitian. ALFABETA, cv. Suharsimi, A. (2012). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara. Susanti, D., & Doni, A. W. (2021). Implementation of Sexual Education Programs for Adolescents in Indonesia: Narrative Review. Sanitas, 12(1), 36–52. Syafitri, N. (2019). Analisis Perbedaan Gaya Belajar Antara Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan Kelas X Jasa Boga Pada Materi Pelajaran Ilmu Gizi Di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Tarsikah, Amelia, D., Setyaningsih, W., Yudianti, I., Oktaviani, N. A., & Imania, D. W. (2022). Ketrampilan kader sebaya dalam edukasi mempengaruhi pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Jurnal Idaman, 6(2), 77–83. Tumenggung, I., Talibo, S. D., & Naway, F. (2023). Pengaruh Pelatihan Penyegaran Kader Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu. Journal Health and Nutritions, 9(1), 1. https://doi.org/10.52365/jhn.v9i1.618 Utami, A. S., & Fidora, I. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi terhadap tingkat pengetahuan remaja. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 5(2), 73–82. Vidya, N. (2021). Peran Kader Kesehatan Remaja (KKR) Dalam Mengurangi Risiko Kelebihan Berat Badan di Kalangan Remaja SMP di Jakarta. Journal of Health, Education and Literacy (J-Healt), 4(1), 40–49. Wardani, D. S., Andarini, S., Fransisca, R. D., & Hastuti, N. A. R. (2024). Pembentukan Kader Seroja (Kesehatan Reproduksi Remaja) Untuk Mencegah Pernikahan Dini Di SMPN 2 Singosari Kecamatan Singosari. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 233–240. Widaryati, W., & Mahfida, S. L. (2023). Pembekalan Kader Kesehatan Remaja di Karang Taruna Sidomulyo, Sleman, Yogyakarta. Ahsana: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–39. Wijayanti, A. E., Anisah, N., & Handari, M. (2022). Pengaruh Pelatihan Kader Melalui Blended Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan Posyandu Remaja. Jurnal Promotif Preventif, 5(1), 74–80. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP/article/view/513/286 Yuliarni, Y., Fatmah, F., Apriana, A., Heryati, H., Nurhayati, N., Setyawati, D., & Rusdiana, Y. T. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pembelajaran Bagi Para Guru di SMA Teladan Palembang. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 56–64. | id_ID |