Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Terhadap Pengetahuan Vulva Hygiene dan Pengetahuan Pencegahan Dismenore di SMAN 11 Samarinda
Abstract
Masalah kesehatan reproduksi yang sering terjadi pada remaja putri adalah vulva hygiene dan dismenore. Pencegahan dismenore dan upaya vulva hygiene yang baik dan benar berdampak pada masalah kesehatan organ reproduksi. Metode edukasi model Stratagem dilakukan agar siswa lebih aktif dan meningkatkan minat dalam melaksanakan Pendidikan Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan model Stratagem terhadap pengetahuan vulva hygiene dan pencegahan dismenore di SMA 11 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experimental pre and post test with control group design yang melibatkan kelompok intervensi dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan vulva hygiene dan pengetahuan tentang dismenorea diperoleh nilai p-value (0,003; 0,003) lebih kecil dari 0,05 (sig < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pendidikan kesehatan Stratagem terhadap pengetahuan vulva hygiene dan dismenorea. Uji Mann Whitney diperoleh nilai p-value pengetahuan dismenorea dan vulva hygiene 0,000; 0,028 < 0,05 artinya ada perbedaan tingkat pengetahuan pencegahan dismenorea dan vulva hygiene pada kelompok eksperimen 12 dan kontrol 12. Efektivitas model Pendidikan Kesehatan Stratagem menjadikan intervensi ini sebagai salah satu intervensi yang dapat dikembangkan dan dilaksanakan di sekolah sebagai metode baru dalam melaksanakan Pendidikan Kesehatan khususnya masalah kesehatan reproduksi di SMAN 11 Samarinda.

