• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Terhadap Pengetahuan Vulva Hygiene dan Pengetahuan Pencegahan Dismenore di SMAN 11 Samarinda

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI (2.880Mb)
COVER (663.3Kb)
BAB I PENDAHULUAN (120.9Kb)
BAB II METODE PENELITIAN (255.3Kb)
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN (365.9Kb)
BAB IV PENUTUP (16.69Kb)
DAFTAR PUSTAKA (100.2Kb)
LAMPIRAN (1.394Mb)
Date
2025-01-23
Author
Desi Nur Fahmi, Dharma
Metadata
Show full item record
Abstract
Masalah kesehatan reproduksi yang sering terjadi pada remaja putri adalah vulva hygiene dan dismenore. Pencegahan dismenore dan upaya vulva hygiene yang baik dan benar berdampak pada masalah kesehatan organ reproduksi. Metode edukasi model Stratagem dilakukan agar siswa lebih aktif dan meningkatkan minat dalam melaksanakan Pendidikan Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan model Stratagem terhadap pengetahuan vulva hygiene dan pencegahan dismenore di SMA 11 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experimental pre and post test with control group design yang melibatkan kelompok intervensi dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan vulva hygiene dan pengetahuan tentang dismenorea diperoleh nilai p-value (0,003; 0,003) lebih kecil dari 0,05 (sig < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pendidikan kesehatan Stratagem terhadap pengetahuan vulva hygiene dan dismenorea. Uji Mann Whitney diperoleh nilai p-value pengetahuan dismenorea dan vulva hygiene 0,000; 0,028 < 0,05 artinya ada perbedaan tingkat pengetahuan pencegahan dismenorea dan vulva hygiene pada kelompok eksperimen 12 dan kontrol 12. Efektivitas model Pendidikan Kesehatan Stratagem menjadikan intervensi ini sebagai salah satu intervensi yang dapat dikembangkan dan dilaksanakan di sekolah sebagai metode baru dalam melaksanakan Pendidikan Kesehatan khususnya masalah kesehatan reproduksi di SMAN 11 Samarinda.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4950
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback