Pengaruh Edukasi Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Terapi Terapeutik Hipertensi pada Penderita Hipertensi di Kampung Baqa Samarinda
Abstract
Pendahuluan: Hipertensi ditandai dengan tekanan sistolik di atas 140 mmHg dan tekanan diastolik di atas 90 mmHg, yang dapat menyebabkan komplikasi jika tidak diobati. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pendidikan audiovisual terhadap pengetahuan pasien hipertensi tentang terapi terapeutik. Metode: Desain pra-eksperimen dengan pendekatan pretest- posttest satu kelompok dilakukan pada 30 responden hipertensi, dipilih melalui pengambilan sampel purposive. Uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk analisis. Hasil: Pendidikan audiovisual meningkatkan pengetahuan peserta tentang terapi terapeutik. Saran: Pasien hipertensi didorong untuk menerapkan pendidikan untuk mengelola kondisi mereka dengan lebih baik.

