Show simple item record

dc.contributor.authorRenaldi Saputra, Rahmad
dc.date.accessioned2025-08-21T06:24:35Z
dc.date.available2025-08-21T06:24:35Z
dc.date.issued2025-02-04
dc.identifier.citationA. Supratiknya. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitataif Dalam Psikologi. In Universitas Sanata Dharma (Vol. 11, Issue 1). Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/12883/1/2015 Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Dalam P.pdf Adison J. DKK. (2022). Gambaran Bentuk Disiplin Peserta Didik di Kelas VII SMP N 1 Koto XI Tarusan. Journal on Education, 05(01), 1101–1109. http://jonedu.org/index.php/joe Anggraeni, N. (2023). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMA N 10 Semarang. 5, 1–229. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/ Aprilia, A., Yuliatin, Y., & Dahlan, D. (2021). Bentuk Perilaku Tidak Disiplin Siswa Keas IX Dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar (Studi di SMPN 16 Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(1), 39–47. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i1.245 Ardiansyah, H. (2013). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas Xii Jurusan Administrasi Pekantoran Di Smk Nu 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. In Jurnal Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/19237/ Cahyo, K. N., Martini, & Riana, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH), 1(1), 45–53. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/44 Disty, F. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Di Skelah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Pontianak. Fahrurrazi, F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif. 2(3). Giyovani, M. A. (2024). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas X SMA Sint Louis Semarang. Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48 Hidayatullah, A. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi 3 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Smk Negeri 4 Makassar. 6(November), 5–24. Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449 Isnaini, F., & Taufik. (2015). Strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33–42. Isnawati, R., Sakti, B. P., & Suwartini, S. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Towangsan Gantiwarno Tahun Pelajaran 2023 / 2024. 5, 1–11. Kamilatul Umah, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di MTs. se-Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut). Hilda Ainissyi, 4(02), 76–83. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v4i02.76 Kasrina, E. (2023). Metode Reward dan Punishment : Solusi Tepat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.978 Lestari, E. D. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23. Liubana, A., & Puspasari, D. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 417. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3599 Lusi, Lestari, S., & Purwanti. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–10. Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317 Putra, H. M., Setiawan, D.-, & Fajrie, N.-. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5088 Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 133–148. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3031 Ramadani, W. S. (2020). Hubungan Antara Manajemen Kelas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa. 79. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/10718%0Ahttps://repository.uir.ac.id/10718/1/168110227.pdf Rosini, N. I., Studi, P., Hukum, I., Hukum, F., & Pamulang, U. (2024). Pengaruh Pemberlakuan Sistem Poin Pelanggaran Terhadap Kedisiplinan Siswa / Siswi SMK 59 Jakarta Selatan. 5(2), 2020–2025. Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020 Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21 Sumantri, B. (2010). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Jurnal Media Prestasi, VI(3), 117–131. SUSANTO, H. (2019). Pengaurh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru (Vol. 8, Issue 5). Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi Belajar dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Wati, D. S., Yusri, F., & Belajar, K. (2024). Pengaruh Motivai Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa IX MTSN 5 AGAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 3433–3439. Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5067
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Penajam Paser Utara. Latar belakang penelitian menekankan pentingnya motivasi belajar pada siswa sebagai faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa sehingga siswa dapat mempertanggung jawabkan peran mereka sebagai seorang siswa agar dapat membawa perubahan pada diri siswa, seperti pengetahuan, sikap belajar di rumah ataupun di sekolah. Melalui pengumpulan data dengan metode kuesioner kepada 194 siswa, analisis regresi sederhana dilakukan untuk melihat hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh sebesar 35,2% terhadap disiplin belajar, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan keluarga dan sekolah. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula tingkat disiplin mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan strategi pengajaran yang lebih efektif di sekolah dengan tujuan meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDisiplin Belajarid_ID
dc.subjectMotivasi Belajarid_ID
dc.subjectSiswa SMKid_ID
dc.titlePENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PENAJAM PASER UTARAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record