Show simple item record

dc.contributor.authorRusmiah, Rusmiah
dc.date.accessioned2025-08-21T06:47:18Z
dc.date.available2025-08-21T06:47:18Z
dc.date.issued2024-06-22
dc.identifier.citationArini, N. K. (2008). Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas II SMA negeri 99. jakarta , 1. Bond, M. (2020). Facilitating student engagement through the flipped learning approach in K-12: A systematic review. Computers & Education, 151, 103819. Carter, C. P., Reschly, A. L., Lovelace, M. D., Appleton, J. J., & Thompson, D. (2012). Measuring student engagement among elementary students: Pilot of the Student Engagement Instrument—Elementary Version. School Psychology Quarterly, 27(2), 61. Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy akademik dan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133. Connell, J. P. (1990). Context, self, and action: A motivational analysis of self-system processes across the life span. Dharmayana, I. W., Kumara, A., & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 76-9 Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research, 74(1), 59-109. Guay, F., Ratelle, C. F., Roy, A., & Litalien, D. (2010). Academic self-concept, autonomous academic motivation, and academic achievement: Mediating and additive effects. Learning and individual differences, 20(6), 644-653. Handelsman, M. M., Briggs, W. L., Sullivan, N., & Towler, A. (2005). A measure of college student course engagement. The Journal of Educational Research, 98(3), 184-192. Helsa, H., & Lidiawati, K. R. (2021). Online Learning During Covid 19 Pandemic: How Self-Regulated Learning Strategies Affect Student Engagement?. Psibernetika, 14(1). Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 17-26. Reeve, J. (2005). How teachers can promote students’ autonomy during instruction: Lessons from a decade of research. Iowa Educational Research and Evaluation Association. Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109-141. Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). hambatan-hambatan belajar yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah dasar desain jurusan IKK FPP UNP. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120-128. Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Sugianto, A., & Prasetyo, I. A. (2020). Unravelling the Lecturer's feedback quality and the Students' engagement in Online Learning. Loquen: English Studies Journal, 13(2), 69-79. Prihatsanti, U. (2014). Dukungan keluarga dan modal psikologis mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 196-201. Yanti, R., Windarto, A. P., & Suhada, S. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi ipk mahasiswa terhadap penentuan kualitas proses pembelajaran dengan metode electre ii. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5069
dc.description.abstractPrestasi Akademik merupakan penilaian akhir yang diberikan dosen kepada mahasiswa dalam periode tertentu. Namun, kenyatannya, sebagian mahasiswa belum mencapai tingkat kemampuan akademik yang memuaskan di perguruan tinggi karena keterlibatan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik yang rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara Student Engagement dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kalimantan Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik stratified random sampling dalam mengumpulkan data pada 100 mahasiswa semester 1 – 8 di Universitas Kalimantan Timur. penelitian ini menggunakan penyebaran survey/kuisioner dalam pengumpulan data yang akan di analisis dengan korelasi pearson dan analisis regreasi linier. Penelitian menemukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan terkait student engagement dan prestasi akademilk. Hal ini dikarenakan beberapa faktor lain seperti motivasi, mood belajar, penyampaian dosen, standar penilaian dosen, kondisi belajar dan topik pembelajaran yang diberikan juga dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswaid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectakademikid_ID
dc.subjectengagementid_ID
dc.subjectmahasiswa prestasiid_ID
dc.titleHUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DIKALIMANTAN TIMURid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record