Show simple item record

dc.contributor.authorSalwa Adilla, Wilis
dc.date.accessioned2025-08-27T01:14:01Z
dc.date.available2025-08-27T01:14:01Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.citationAprilia, S. N., & Yoenanto, H. N. (2022). Pengaruh Regulasi Emosi dan Persepsi Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Menyusun Skripsi. In Mental (BRPKM) 2022 (Vol. 2, Issue 1). Asmawan, M. C. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26, 51–56. Asmita, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa IAIN Batusangkar. Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustakan Belajar Azwar, Saifuddin. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustakan Belaja Chaerani, R. F., & Rahayu, A. (2019). Penerimaan Diri Dan Dukungan Sosial Hubungannya Dengn Penyesuaian Diri Wanita Yang Menghadapi Masa Menopause. Defitri, A. A., Zukhra, M. R., & Nopriadi. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Giyarto. (2018). Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Unviersitas Muhammadiyah Surakarta Dalam Mengerjakan Skripsi. Hidayat, erfin, & Darmawanti, ira. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Kirana, A., & Agustini. (2018). Dukungan Sosial Guru Dalam Upaya Membimbing Kemandirian Anak Moderate Intellectual Disability. In Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan (Vol. 11, Issue 2). Kurniawan, S. R., & Eva, N. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Rantau. Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku. Laraswati, D., & Purnomo, D. (2014). Regresi Linear Dalam Penentuan Nilai Guna Langsung Kaawasan Sindang Gila Propinsi NTB Dengan Metoda TCM (Vol. 2, Issue DESEMBER). Lestari, S. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi D IV Bidan Pendidik Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta. Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang (Vol. 5, Issue 2). Namira, R. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Remaja SMA Di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. NST, R. H., Mukhtar, D. Y., & Dewi, I. S. (2022). Peran Dukungan Sosial Terhadap Reaksi Stres Akademik Pada Mahasiswi Baru Pasca Pandemik. In Jurnal Psikologi Konseling (Vol. 21, Issue 2). Rahmawan, F. R., & Selviana. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. Rahmawati, W. K. (2016). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menangani Stres Akademik Siswa (Vol. 3, Issue 1). http://ejournal.unikama.ac Rif’ati, M. I., Arumsari, A., Fajriani, N., Maghfiroh, V. S., Abidi, A. F., Chusairi, A., & Hadi, C. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. J I E M Journal of Islamic Education and Management, 5(1). https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/2218. Syam, T. H. (2019). Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Bosowa Makassar. Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dengan Teman Sebaya Dengan Kemampun Bersosialisasi Pada Siswa SMKN 3 Medan. DIVERSITA, 2. Yuhbaba, N. Z., Budiman, A. E. M., Sya’id, A., & Kirana, P. A. (2024). Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Online Di Masa Pandemi COVID-19, 12. Zahra, S. A. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik Mahasiswa Selama Perkuliahan Daring. Zahrah, S. A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5087
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dukungan sosial berpengaruh terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan penyebaran angket yang menggunakan skala likert. Teknik yang akan digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Telah dilakukan uji hipotesis pada penelitian ini dan memperoleh nilai signifikansi 0,000 yang berati hipotesis pada penelitian ini diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. apabila dukungan sosial yang diterima individu tinggi maka Tingkat stress akademiknya akan menurun begitupun sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dukungan sosial mempengaruhi tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir pasca pandemi covid-19 yang sedang mengambil tugas akhir. Dukungan sosial pada penelitian ini memiliki adanya hubungan negatif sebesar -98,9 antar variabel sehingga apabila dukungan sosial yang diterima individu tinggi maka Tingkat stress akademiknya akan menurunid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDukungan Sosialid_ID
dc.subjectStres Akademikid_ID
dc.subjectMahasiswa Akhirid_ID
dc.titlePENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR PASCA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMURid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record