• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Psychology
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Psychology
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

MENJELAJAHI PENGENALAN BENTUK GEOMETRIS PADA ANAK USIA DINI: WAWASAN DARI TAHAP PRA- OPERASIONAL

Thumbnail
View/Open
COVER (852.7Kb)
BAB I (257.2Kb)
BAB II (149.6Kb)
BAB III (181.3Kb)
BAB IV (145.6Kb)
DAFTAR PUSTAKA (153.2Kb)
LAMPIRAN (3.459Mb)
SKRIPSI (4.039Mb)
Date
2024-05-30
Author
Nabilah, Zahidah
Metadata
Show full item record
Abstract
Pada usia 2-7 tahun, berdasarkan teori Piaget, anak-anak berada dalam tahap pra-operasional. Pada tahap ini, anak-anak memiliki kemampuan untuk memahami konsep matematika secara konkret melalui pengalaman sensorik dan interaktif. Strategi diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang perkembangan kognitif anak usia dini pada tahap pra-operasional dalam pengenalan bentuk geometris. Metode: Para peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menafsirkan dan menjelaskan pola perilaku anak-anak yang berada dalam tahap pra-operasi. Teknik pengumpulan data termasuk wawancara terstruktur dan pengamatan dengan daftar periksa berdasarkan teori kognitif Jean Piaget. Responden dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel yang bertujuan. Responden terdiri dari lima anak berusia 6-7 tahun dari TK Islam 'Aqila yang tidak akrab dengan bentuk geometris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang menjadi subjek penelitian menunjukkan pola perilaku yang konsisten dengan teori Piaget pada tahap pra-operasional. Anak-anak dapat mengenali bentuk geometris melalui pengalaman belajar interaktif. Berdasarkan hasil, perlu bagi orang tua dan guru untuk memperhatikan tahap perkembangan kognitif anak ketika mengajarkan konsep geometris.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5093
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback