PENGARUH ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas pengunaan media sosial dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode uji regresi linier sederhana. Subjek pada penelitian ini yakni mahasiswa/i UMKT yang berusia 18 - 24 tahun. Jenis pengambilan sampel digunakan non probability sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala likert sebagai pengumpulan data. Skala yang mengukur intensitas penggunaan media sosial terdiri dari 29 item dan mendapat Cronbach Alpha senilai 0,954. Kemudian skala yang mengukur perilaku konsumtif terdiri dari 23 item dengan reliabilitas sebesar 0,899. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi atau Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,005, dapat diartikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku konsumtif. Hasil R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,335 yang artinya terdapat 33,5% pengaruh intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku konsumtif. Sedangkan 66,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti pada penelitian ini.

