Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Lestari, Aisyah
dc.date.accessioned2025-09-03T01:38:46Z
dc.date.available2025-09-03T01:38:46Z
dc.date.issued2024-07-15
dc.identifier.citationAbel, J. P., Buff, C. L., & Burr, S. A. (2016). Social Media and the Fear of Missing Out: Scale Development and Assessment. Journal of Business & Economics Research (JBER), 14(1), 33–44. https://doi.org/10.19030/jber.v14i1.9554 Afdilah, I. H., Hidayah, N., & Lasan, B. B. (2020). Fear of Missing Out (FoMO) in Analysis of Cognitive Behavior Therapy (CBT). 501(Icet), 220–223. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.040 Anggraini, I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Wanita Usia Dewasa Awal. Universitas Negeri Jakarta, 1–154. APJII. (2023). Hasil Survei Internet APJII 2023. Retrieved November 30, 2023 from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: https://survei.apjii.or.id/ APJII. (2024). Retrieved from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221- juta- orang#:~:text=Asosiasi%20Penyelenggara%20Jasa%20Internet%20Indonesia%20( APJII)%20mengumumkan%20jumlah%20pengguna%20internet,jiwa%20penduduk %20Indonesia%20tahun%202023 Apolo, M., & Kurniawati, M. (2023). Pengaruh Fear Of Missing Out (Fomo) terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar Kpop Remaja Akhir pada Produk Merchandise Kpop. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 3847-3858. Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 79–83. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285 Ayuningrum, R. (2023). Warga RI Makin Doyan Belanja Online, Penggunanya Tembus 196 Juta. Retrieved from detikfinance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi- bisnis/d-7020501/warga-ri-makin-doyan-belanja-online-penggunanya-tembus-196- juta#:~:text=Berdasar%20pada%20data%20Statista%20Market,94%20juta%20orang %20pada%202022. Azwar, S. (1994). Seleksi aitem dalam penyusunan skala psikologi. Buletin Psikologi, 2(2), 26-33. Azwar, S. (2012). Reliability and validity 4th edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2017). METODE PENELITIAN PSIKOLOGI (2nd ed.). Pustaka Pelajar. Budhi, G. S. (2016). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 78–83. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10880 Christina, R., Yuniardi, M. S., & Prabowo, A. (2019). Hubungan Tingkat Neurotisme dengan Fear of Missing Out (FoMO) pada Remaja Pengguna Aktif Media Sosial. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.8024 Dihni, V. A. (2022). Tren Belanja Online di Kalangan Perempuan Naik Sejak Pandemi, Bagaimana Laki-Laki? Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tren-belanja-online-di- kalangan-perempuan-naik-sejak-pandemi-bagaimana-laki-laki Frankel, L. P. (2009). NICE GIRLS DONT GET RICH 75 Avoidable Mistakes Women Make with Money. New York: Grand Central. Indrabayu, A., & Destiwati, R. (2022). The Influence Of Intrapersonal Communication And Fear Of Missing Out On Hedonism In Generation Z In Denpasar Pengaruh Komunikasi Intrapersonal Dan Fear Of Missing Out Terhadap Hedonisme Pada Generasi Z Di Denpasar. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2169–2175. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej JWT Intelligence. (2012). Fear of Missing Out. https://www.wundermanthompson.com/expertise/intelligence Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5973 Kiki Safitri, Y. S. (2023). Survei Populix: 54 Persen Masyarakat RI Belanja di "E- commerce", Mayoritas Gen Z. Retrieved from Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2023/12/07/150212026/survei-populix-54-persen- masyarakat-ri-belanja-di-e-commerce-mayoritas-gen-z?page=all Kotler, P., & Armstrong, G. (1992). DASAR-DASAR PEMASARAN. (S. M. Heru Sutojo, Ed., & S. Wihelmus W. Bakowatun, Trans.) Intermedia Jakarta. Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000 Lina, & Rosyid, H. F. (1997). PERILAKU KONSUMTIF BERDASAR LOCUS OF CONTROL PADA REMAJA PUTRI Lina. Psikologika, 2(4), 5–13. journal.uii.ac.id Loekamto, A. (2012). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) dalam Online Shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3), 1–5. Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496 Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014 Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873 Rangkuti, A. A., & Wahyuni, L. D. (2017). Analisis data penelitian kuantitatif berbasis classical test theory dan item response theory (rasch model). Universitas Negeri Jakarta. Rasyid, M. B. A., & Fahrullah, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Debit Card dan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 157–186. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei Safitri, A. F., & Rinaldi, R. (2023). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Pembeli Barang Diskon Aplikasi Shopee. AHKAM, 2(4), 727-737. Salma Egita Fitri Subagyo, & Jojok Dwiridotjahjono. (2021). Pengaruh Iklan, Konformitas Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Mojokerto. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26– 39. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.342 Santrock, J. W. (2011). Adolescence (16th ed.). In McGraw-Hill. Setiono, D. P., & Dwiyanti, R. (2020). the Effect of Self Esteem Towards Consumptive Behaviour in X University Students. Psycho Idea, 18(2), 190-196. Siddik, S., Mafaza, M., & Sembiring, L. S. (2020). Peran Harga Diri terhadap Fear of Missing Out pada Remaja Pengguna Situs Jejaring Sosial. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 10(2), 127. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n2.p127-138 Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Statistik, B. pusat. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020 Jumlah penduduk Kota Samarinda Hasil Sensus Penduduk 2020. Badan Pusat Statistik Kota Samarinda, 2, 1–5. https://samarindakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/26/101/hasil-sensus- penduduk-2020.html Thamrin, H., & Saleh, A. (2021). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 11, 1–14. https://doi.org/10.35905/komunida.v11i01 Triningtyas, D. A., & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 16-20. Wirasukessa, K., & Sanica, I. G. (2023). Fear of Missing Out Dan Hedonisme Pada Perilaku Konsumtif Millennials: Peran Mediasi Subjective Norm Dan Attitude. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 156–175. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2887 Wulandari, D., & Aulia, P. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif belanja online pada generasi Z di Kota Padang Prima Aulia. Jurnal Riset Psikologi, 5(4), 178–186.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5120
dc.description.abstractTujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) terhadap perilaku konsumtif di online shop pada wanita generasi Z di Kota Samarinda. FoMO ialah suatu perasaan ingin selalu terhubung dengan orang lain dan takut tertinggal jika orang lain memiliki sesuatu yang lebih menyenangkan. Perilaku konsumtif ialah suatu kecenderungan seseorang untuk membeli ataupun menggunakan barang secara berlebihan dan tidak terkendali serta tidak berdasarkan pada pemikiran yang masuk akal yang mana pembeli lebih mendahulukan keinginan dibandingkan dengan kebutuhan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah wanita generasi Z (1995 – 2010) di kota Samarinda yang berjumlah 113 orang dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan dua skala yaitu, skala FoMO (Fear of Missing Out) dan skala perilaku konsumtif. Teknik yang digunakan untuk menganalisa data adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) terhadap perilaku konsumtif di online shop pada wanita generasi Z di kota Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectfear of missing outid_ID
dc.subjectperilaku konsumtifid_ID
dc.subjectwanitaid_ID
dc.titlePENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI ONLINE SHOP PADA WANITA GENERASI Z DI KOTA SAMARINDAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record