PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMK DI SAMARINDA
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan adalah adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan kejuruan yang ditempuh. Namun data Tingkat Pengangguran Terbuka dari badan pusat statistik melaporkan bahwa pengangguran di Indonesia berjumlah 8,42 juta orang dan mayoritas merupakan lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Faktor penyebab tingginya angka pengangguran SMK salah satunya karena siswa masih belum memiliki Kematangan karir yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy terhadap kematangan
karir siswa SMK di Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan instrumen penelitian berupa skala likert dengan media google form. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK yang berada di Samarinda. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 211 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala likert Self-Efficacy dan skala Kematangan karir yang disusun oleh Hamidah (2023). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dengan hubungan positif antara Self-Efficacy dan Kematangan karir pada siswa SMK di Samarinda dengan nilai
presentase sebesar 51,2%. Kematangan karir dan Self-Efficacy siswa SMK di Samarinda berada dalam kategori sedang.

